Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Menyelesaikan pendidikan di luar negeri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman dalam dunia pendidikan. Namun, setelah selesai menempuh pendidikan tersebut, kadang kala terdapat kebingungan mengenai penyetaraan ijazah. Lalu, bagaimana caranya untuk menyetarakan ijazah universitas luar negeri di Indonesia?

Pengertian Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Penyetaraan ijazah adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menyamakan ijazah pendidikan yang diperoleh di luar negeri dengan standar pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini, penyetaraan dilakukan untuk memastikan bahwa ijazah yang diperoleh memiliki nilai yang sama dengan ijazah yang diperoleh di Indonesia.

Prosedur Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Untuk menyetarakan ijazah universitas luar negeri, terdapat beberapa prosedur yang perlu dilakukan. Pertama-tama, calon mahasiswa harus mengajukan permohonan ke lembaga yang berwenang untuk melakukan penyetaraan ijazah, yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

  Berapa Lama Proses Penyetaraan Ijazah

Setelah mengajukan permohonan, calon mahasiswa harus melampirkan berbagai dokumen pendukung, seperti ijazah asli, transkrip nilai, surat keterangan pengalaman kerja (jika ada), dan lain sebagainya. Calon mahasiswa juga harus membayar biaya administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setelah semua dokumen dan biaya administrasi diterima, lembaga yang berwenang akan melakukan proses penyetaraan ijazah dengan cara mengevaluasi kesesuaian mata kuliah yang telah diambil di luar negeri dengan mata kuliah yang ada di Indonesia. Jika hasil evaluasi sudah keluar, calon mahasiswa akan menerima surat keputusan penyetaraan ijazah.

Keuntungan Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Menyetarakan ijazah universitas luar negeri memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  • Ijazah yang telah disetarakan memiliki nilai yang sama dengan ijazah yang diperoleh di Indonesia, sehingga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi di Indonesia.
  • Penyetaraan ijazah juga memudahkan proses pengakuan ijazah di Indonesia.
  • Ijazah yang telah disetarakan juga dapat digunakan sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian sertifikasi di Indonesia.

Persyaratan Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Untuk melakukan penyetaraan ijazah universitas luar negeri, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Ijazah yang akan disetarakan harus asli dan sudah dilegalisir oleh lembaga yang berwenang di negara asal.
  • Transkrip nilai juga harus asli dan sudah dilegalisir.
  • Calon mahasiswa harus mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku di lembaga yang berwenang.
  Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Diktis

Biaya Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Biaya penyetaraan ijazah universitas luar negeri dapat bervariasi tergantung dari lembaga yang berwenang. Namun, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan oleh calon mahasiswa berkisar antara 2 juta hingga 5 juta rupiah.

Waktu Penyetaraan Ijazah Universitas Luar Negeri

Proses penyetaraan ijazah universitas luar negeri dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari lembaga yang berwenang. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan berkisar antara 2 hingga 6 bulan.

Kesimpulan

Penyetaraan ijazah universitas luar negeri merupakan proses yang penting untuk memastikan bahwa ijazah yang diperoleh memiliki nilai yang sama dengan ijazah yang diperoleh di Indonesia. Untuk melakukan penyetaraan ijazah, calon mahasiswa harus mengajukan permohonan ke lembaga yang berwenang dan memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku. Dengan menyetarakan ijazah, calon mahasiswa dapat memperoleh berbagai keuntungan seperti dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi di Indonesia.

admin