Pengurusan Entry Visa ke Philippines

Pengurusan Entry Visa ke Philippines 

Visa merupakan dokumen penting yang harus di miliki oleh seseorang yang ingin berkunjung ke suatu negara. Berbeda dengan paspor, visa di keluarkan oleh negara tujuan yang akan di datangi sedangkan paspor di keluarkan oleh negara asal pemohonan. Kali ini akan secara khusus membahas bagaimana pengurusan entry visa ke Philippines.

Pengurusan Entry Visa

Mengenal Pengurusan Entry Visa ke Philippines

Wujud dari visa ini sendiri sangat beragam. Bahkan setiap negara memiliki bentuk visa yang berbeda. Ada yang serupa bentuk buku paspor, berupa stiker yang hanya di tempelkan di paspor, dan bahkan ada yang bentuk file. Untuk visa yang berupa soft file ini biasa di sebut dengan eVisa.

Meskipun ada beberapa negara yang tak mengharuskan seseorang memiliki visa saat berkunjung, namun itu bukan sebuah alasan untuk mengabaikan pembuatan visa. Dengan visa, seseorang memiliki izin resmi untuk berkunjung dan tinggal dalam negeri terkait sesuai dengan batas waktu yang telah di tentukan sebelumnya.

pembuatan visa philipina

Mengapa Penting Pengurusan Entry Visa ke Philippines?

Sebelum membahas lebih jauh, terlebih dulu mari mengulas mengapa sangat penting melakukan pengurusan entry visa ke Philippines. Bagi pemohon yang saat ini berkepentingan untuk melakukan kunjungan ke negara Philipina. Untuk visa entry ini sendiri terdiri dari dua jenis, yakni single entry dan multi entry.

Di lihat dari namanya, visa single entry adalah visa yang berlaku hanya untuk sekali kunjungan saja. Sedangkan multi entry bisa di gunakan untuk beberapa kali kunjungan. Nah, bagi yang memiliki kepentingan bisnis atau pendidikan tentunya sangat wajib untuk mengurus entry visa ke Philippines ini.

  Berapa Lama Membuat Visa Schengen

Memiliki entry visa akan memudahkan seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan terkait pekerjaannya. Ibaratnya pemohon memiliki izin masuk resmi dan tidak berhak di sebut imigran gelap. Bagai yang memiliki kepentingan bisnis yang mengharuskannya melakukan kunjungan berkali-kali ke negara ini, sebaiknya mengurus multi entry visa.

entry visa

Berbagai kepentingan yang menjadi alasan untuk seseorang melakukan pengurusan entry visa ke Philipina adalah jika ada kunjungan keluarga sementara, urusan bisnis, urusan pendidikan, kunjungan wisata hingga ke keperluan tugas negara. Ada banyak sekali kepentingan yang mengharuskan adanya entry visa ini.

 Apa saja Dokumen yang Di perlukan?

Begitu pentingnya entry visa ini untuk di miliki orang-orang yang memiliki kepentingan keluar negeri, maka dari itu berikut ini beberapa dokumen yang di siapkan:

  • Fotokopi Buku Paspor

Syarat wajib yang pertama harus memiliki oleh pemohon yang dalam pengurusan entry visa ke Philipphines ada memiliki paspor. Visa yang sudah jadi kebanyakan akan di tempel dalam paspor, jadi paspor ini menjadi syarat mutlak yang harus memiliki. Pastikan juga paspor dalam keadaan aktif dan bisa di gunakan.

entry visa ke philipine

  • Fotokopi KTP

Persyaratan kedua yang juga wajib di bawa saat akan membuat entry visa ini adalah fotokopi KTP. Pastikan juga KTP yang di gunakan adalah KTP yang masih berlaku. Jika KTP belum jadi, bisa menggunakan surat keterangan di sertai surat domisili.

  •  Surat Permohonan

Berikutnya yang juga harus di siapkan adalah sebelum mengajukan diri ke kedutaan besar negara tujuan, terlebih dulu download surat permohonan di masing-masing Kedubes yang akan di kunjungi. Sebaiknya isi formulir permohonan ini sebaik mungkin tanpa coretan agar bisa di layani.

  •  Foto Pemohon
  Urus Visa Turis Dengan Layanan Satu Langkah

Dokumen yang juga harus ada adalah foto pemohon. Untuk format fotonya sendiri, setiap negara memiliki syarat masing-masing. Informasi mengenai ukuran dan persyaratan foto biasanya akan aktif diinformasikan di masing-masing website Kedubes.

membuat entry visa

  • Bukti Pembayaran Visa

Persyaratan ini tidak semua negara mengharuskan pembayaran visa di awal pengurusan. Jadi, semua tergantung kebijakan Kedubes negara tujuan pemohon.

  • Surat Keterangan. Untuk surat keterangan ini sendiri bisa berupa surat tugas kerja maupun surat pendidikan.
  • Dokumen Keuangan/Slip Gaji. Sama seperti surat keterangan, slip gaji bukan suatu hal yang wajib tai bisa menunjang perjalanan agar lebih terjamin secara dokumen.

BIRO JASA VISA PHILIPPINES

Tahapan Pengurusan Entry Visa ke Philippines

Setelah mengetahui beberapa dokumen yang diperlukan saat pengurusan entry visa ke Philipina, sekarang mari melihat bagaimana tahapan atau langkah untuk mengurus visa ini. Berikut ini penjelasannya:

Tahapan Mengurus Visa Entry

1. Melakukan Pendaftaran dan Reservasi Jadwal Wawancara

Saat ini hampir semua Kedubes membuka layanan online guna mengefisienkan waktu dan mempermudah pemohon dalam mengajukan diri. Pertama kunjungi website Kedubes untuk mendownload semua persyaratan dokumen dan formulir permohonan serta mengisi data diri.

Biasanya, setelah mengisi formulir data diri pemohon akan diarahkan ke menu reservasi jadwal wawancara. Pengumuman kapan dan di mana proses wawancara akan diberitahukan melalui email pemohon yang sudah dicantumkan pada saat pengisian data diri.

Beberapa negara, seperti Amerika Serikat mengharuskan pemohon untuk melakukan pembayaran di awal sebelum mereservasi jadwal wawancara verifikasi. Setelah melakukan pembayaran barulah reservasi jadwal wawancara bisa dilakukan. Namun perlu diingat bahwa tak semua negara mengharuskan hal ini ya.

2. Menyiapkan Dokumen

Sudah dibahas sebelumnya dokumen-dokumen apa saja yang harus di siapkan. Setelah mereservasi jadwal, segeralah melengkapi semua dokumen yang di butuhkan. Terkait surat permohonan tadi, sedikit tips yaitu jangan sampai ada coretan di kertas yang akan dikumpulkan.

  Apakah Umroh Butuh Visa?

Beberapa dokumen pendukung lain yang harus disiapkan juga seperti, surat kesehatan, tiket perjalanan, dan dokumen-dokumen yang sudah secara lengkap disebutkan sebelumnya. Pastikan dokumen sudah lengkap sebelum waktu wawancara dilakukan di Kedubes negara tujuan yang akan dikunjungi nanti.

Susun semua dokumen seperti yang sudah diatur oleh masing-masing Kedubes. Pastikan dokumen tersebut tidak basah, terlipat apalagi kotor karena bisa merusak tulisan di dalamnya. Semua dokumen ini penting bagi pemohon agar keselamatan terjamin dan jika ada yang terjadi di luar dugaan bisa diantisipasi.

pengurusan pembuatan visa entry

3. Menyerahkan Dokumen Serta Wawancara (Bila diperlukan)

Tahapan terakhir yang perlu di lakukan oleh pemohon adalah menyerahkan dokumen dan melakukan wawancara seperti jadwal yang sudah reservasi sebelumnya. Biasanya, proses wawancara ini tidak di lakukan langsung di kantor Kedutaan Besar. Tempatnya akan memberitahukan oleh pihak Kedubes jadi pastikan untuk membaca email.

Untuk berjaga-jaga, selalu duplikat dokumen yang tadi sebelum menyerahkan kepada petugas. Setelah menyerahkan dokumen dan wawancara, petugas akan mengarahkan pemohon untuk melakukan pembayaran visa. Bagi yang sudah melakukan pembayaran di awal, maka tidak perlu lagi melakukan pembayaran pada saat penyerahan dokumen ini.

Terakhir, setelah semua proses pengurusan entry visa ke Philippines selesai, maka pemohon baru bisa mengambil visa paling cepat 4 hari setelah penyerahan dokumen. Ini tergantung dari sedikit atau banyaknya pemohon yang mengajukan pembuatan visa. Petugas Kedubes biasanya akan menginformasikan pengambilan melalui sms ataupun email.

proses pengurusan entry visa ke Philippines

Solusi Pengurusan Visa Entry ke Philippines Tanpa Ribet

Bagaimana? Sudah ada gambaran tentang pengurusan visa entry? Memang jika di pikir-pikir lumayan ribet pengurusannya dengan banyaknya dokumen yang harus mempersiapkan. Jika Anda tak memiliki waktu yang cukup dan tak mau ribet mengurus, kami menawarkan jasa pembuatan visa terpercaya dan berkualitas.

Sudah banyak pemohon yang berhasil kami terbitkan visanya. Tak perlu lagi pusing harus mengurus ini dan itu hingga membuat waktu kerja Anda terganggu. Cukup informasikan kami, dan kami akan mengurus semuanya hingga beres. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi kami melalui kontak yang tertera. Terima kasih!

jasa urus visa philippines

Adi