Pembuatan SKCK Bogor

Setiap warga negara Indonesia yang akan bekerja atau melanjutkan studi ke luar negeri harus memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai salah satu syarat administratif. SKCK merupakan dokumen yang diterbitkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai bukti tidak adanya catatan kriminal pada seseorang. Bagi warga Bogor yang sedang membutuhkan SKCK, berikut adalah panduan pembuatannya.

Persyaratan Pembuatan SKCK

Sebelum memulai pembuatan SKCK, pastikan Anda telah mempersiapkan persyaratan-persyaratan berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi;
  • Surat Rekomendasi dari kelurahan;
  • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang merah;
  • Biaya pembuatan sesuai ketentuan.

Pastikan KTP yang Anda miliki berstatus aktif dan sesuai dengan alamat domisili saat ini. Jika alamat KTP berbeda dengan alamat domisili, sertakan juga surat keterangan pindah dari kelurahan.

Proses Pembuatan SKCK

Untuk pembuatan SKCK di Bogor, Anda bisa mengunjungi Satuan Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota yang beralamat di Jalan Pajajaran No. 8, Baranangsiang, Bogor. Berikut adalah proses pembuatan SKCK secara umum:

  1. Isi formulir pembuatan SKCK yang tersedia di tempat;
  2. Serahkan persyaratan yang sudah dipersiapkan;
  3. Tunggu pengambilan foto dan sidik jari;
  4. Tunggu proses pemeriksaan catatan kriminal;
  5. Ambil hasil SKCK pada waktu yang telah ditentukan.
  Persyaratan SKCK Tahun 2023

Proses pembuatan SKCK di Bogor biasanya memakan waktu 1-3 hari kerja tergantung dari banyaknya permintaan dan pemeriksaan catatan kriminal yang dilakukan. Pastikan Anda mengambil hasil SKCK sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh Petugas SKCK.

Biaya Pembuatan SKCK

Biaya pembuatan SKCK di Bogor saat ini adalah sebesar Rp. 30.000,- per lembar. Namun, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pastikan Anda menanyakan harga pembuatan SKCK terbaru pada saat pengajuan.

Kesimpulan

SKCK merupakan dokumen yang penting bagi setiap warga negara Indonesia yang akan bekerja atau melanjutkan studi ke luar negeri. Proses pembuatan SKCK di Bogor dapat dilakukan dengan mengunjungi Satuan Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota yang beralamat di Jalan Pajajaran No. 8, Baranangsiang, Bogor. Pastikan Anda mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan dan membayar biaya pembuatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengurus SKCK dengan mudah dan cepat.

admin