Pembayaran SKCK: Cara, Syarat, dan Biaya

Klik ! Untuk Konsul by WA

Apa itu SKCK?

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian untuk menunjukkan bahwa pemohon tidak memiliki catatan kriminal di kepolisian. Dokumen ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti melamar pekerjaan atau mengurus visa ke luar negeri.

Syarat-Syarat Pembuatan SKCK

Untuk membuat SKCK, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon. Pertama, pemohon harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. Kedua, pemohon harus datang langsung ke kantor polisi yang memiliki wewenang untuk menerbitkan SKCK dan membawa fotokopi KTP serta pas foto berwarna terbaru. Ketiga, pemohon harus membayar biaya pembuatan SKCK.

Proses Pembuatan SKCK

Proses pembuatan SKCK biasanya terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, pemohon harus mengambil formulir permohonan SKCK di kantor polisi yang memiliki wewenang. Kemudian, pemohon harus mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan benar. Setelah itu, pemohon harus membayar biaya pembuatan SKCK dan menyerahkan formulir permohonan beserta fotokopi KTP dan pas foto terbaru ke petugas penerimaan.Petugas penerimaan akan memeriksa dokumen yang diserahkan oleh pemohon dan memeriksa apakah ada kecocokan antara identitas pemohon dengan dokumen yang diserahkan. Jika semua dokumen sudah dinyatakan lengkap dan benar, maka petugas akan mencetak SKCK dan menyerahkan kepada pemohon.

Klik ! Untuk Konsul by WA

Biaya Pembuatan SKCK

Biaya pembuatan SKCK dapat bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing kantor polisi. Namun, pada umumnya biaya pembuatan SKCK berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Cara Pembayaran SKCK

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membayar biaya pembuatan SKCK. Pertama, pemohon dapat membayar di loket penerimaan di kantor polisi yang memiliki wewenang untuk menerbitkan SKCK. Pemohon juga dapat membayar melalui transfer bank atau ATM, dengan menyertakan nomor rekening penerima pembayaran yang tercantum pada formulir permohonan SKCK.

Kesimpulan

Pembuatan SKCK adalah proses yang penting dan harus dilakukan dengan benar agar dapat digunakan untuk keperluan administrasi. Pemohon SKCK harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, membayar biaya pembuatan yang sudah ditentukan, dan mengikuti proses pembuatan yang telah ditetapkan oleh kantor polisi yang memiliki wewenang. Dengan mengetahui cara, syarat, dan biaya pembuatan SKCK, diharapkan pemohon dapat melaksanakan proses ini dengan lancar dan efektif.

Klik ! Untuk Konsul by WA