Nasib TKI Di Jepang

Indonesia merupakan negara yang sangat dikenal dengan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang eksis di berbagai negara seperti Malaysia, Timur Tengah, dan juga Jepang. Namun, bagaimana nasib TKI di Jepang?

Proses Pembuatan Visa Kerja

Proses pembuatan visa kerja untuk TKI di Jepang sangatlah panjang dan rumit. TKI harus melalui tahap seleksi yang ketat serta tes kemampuan bahasa Jepang yang cukup sulit. Setelah itu, TKI harus menunggu selama beberapa bulan hingga visa kerja mereka disetujui.

Kesulitan dalam Beradaptasi dengan Budaya Jepang

Budaya Jepang sangatlah berbeda dengan budaya Indonesia. TKI yang bekerja di Jepang sering mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan budaya tersebut. Bahkan, beberapa TKI mengalami masalah kesehatan karena terlalu stres dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Upah yang Rendah

Meskipun bekerja di Jepang memberikan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan bekerja di Indonesia, namun upah yang diberikan untuk TKI di Jepang masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan upah yang diberikan kepada pekerja Jepang. Hal ini disebabkan karena TKI dianggap sebagai pekerja asing yang hanya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang dianggap rendah dan tidak memerlukan kemampuan khusus.

  Jam Kerja TKI Di Korea: Waktu Kerja dan Hak lainnya

Masalah Diskriminasi

TKI di Jepang sering mengalami diskriminasi dalam berbagai bentuk. Mereka dianggap sebagai pekerja asing yang tidak mampu berbahasa Jepang dengan baik serta dianggap sebagai sumber masalah dalam sektor ketenagakerjaan. Hal ini menyebabkan TKI sering diabaikan dalam hal promosi dan kenaikan gaji.

Masalah Kesehatan

Bekerja di Jepang juga menyebabkan TKI mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Lingkungan kerja yang sulit serta tekanan yang tinggi menyebabkan beberapa TKI mengalami stres dan masalah kesehatan yang cukup serius.

Kesimpulan

Meskipun bekerja di Jepang memberikan penghasilan yang lebih tinggi, namun nasib TKI di Jepang masih tergolong sulit. Proses pembuatan visa kerja yang panjang dan rumit, kesulitan dalam beradaptasi dengan budaya Jepang, upah yang rendah, masalah diskriminasi, serta masalah kesehatan yang sering dialami oleh TKI menjadi beberapa faktor yang membuat nasib TKI di Jepang kurang menguntungkan.

admin