Membuat SKCK Sampai Jam Berapa?

Apa itu SKCK?

SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK diperlukan sebagai salah satu persyaratan dalam berbagai proses seperti pendaftaran CPNS, pendaftaran SIM, pendaftaran KTP elektronik, dan masih banyak lagi. SKCK dibuat oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI).

Prosedur Pembuatan SKCK

Proses pembuatan SKCK tidaklah sulit, namun membutuhkan waktu dan persiapan yang cukup. Berikut adalah prosedur pembuatan SKCK yang dapat diikuti:1. Persiapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, dan surat pengantar dari instansi yang memerlukannya.2. Datang ke kantor Kepolisian terdekat yang memiliki layanan pembuatan SKCK.3. Isi formulir permohonan SKCK yang disediakan oleh petugas.4. Serahkan dokumen yang diperlukan dan formulir permohonan SKCK ke petugas.5. Tunggu proses pemeriksaan data dan fingerprint oleh petugas.6. Setelah proses selesai, petugas akan memberikan tanda bukti pengambilan SKCK.7. Ambil SKCK pada waktu yang telah ditentukan oleh petugas.

  Apakah Bisa Buat SKCK Di Polsek Mana Saja

Berapa Lama Waktu Pembuatan SKCK?

Waktu pembuatan SKCK dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti jumlah pengunjung, kondisi jaringan, dan penggunaan sistem komputer. Namun, umumnya waktu pembuatan SKCK bisa mencapai 2-3 jam.Jika ingin membuat SKCK dengan waktu yang lebih cepat, sebaiknya datang ke kantor Kepolisian pada hari kerja dan pada jam yang tidak terlalu ramai seperti pagi hari. Selain itu, pastikan juga membawa semua dokumen yang diperlukan dan mengisi formulir permohonan SKCK dengan benar dan lengkap.

Biaya Pembuatan SKCK

Biaya pembuatan SKCK cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 40.000. Namun, biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan dari masing-masing kantor Kepolisian.

Kesimpulan

Membuat SKCK memang membutuhkan waktu dan persiapan yang cukup, namun prosesnya tidaklah sulit. Pastikan untuk membawa semua dokumen yang diperlukan dan mengisi formulir permohonan dengan benar dan lengkap agar proses pembuatan SKCK berjalan lancar. Jangan lupa juga untuk datang ke kantor Kepolisian pada hari kerja dan pada jam yang tidak terlalu ramai untuk menghindari antrian yang panjang.

  Gimana Bikin SKCK Online?
admin