MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Indonesia

Medical check up atau MCU menjadi salah satu tahap penting yang wajib dijalani oleh para pelaut. MCU pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran akan menjadi salah satu syarat agar bisa kembali berlayar dengan aman dan lancar.

 

Proses ini memang jadi regulasi yang sudah di tetapkan oleh pemerintah. Itulah mengapa para pelaut harus memperhatikan hal ini dan segera melakukan MCU jika memang sudah tiba waktunya. Mari cari tahu lebih jauh tentang MCU ini dan seperti apa proses untuk menjalaninya.

 

Apa Itu MCU Pelaut?

Apa Itu MCU Pelaut?

Sama halnya seperti medical check up yang umum melakukan oleh warga sipil, ini merupakan proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Proses pemeriksaan ini harus dilakukan di lembaga kesehatan yang kredibel sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

 

MCU atau medical check up ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa kondisi kesehatan seseorang. Jika dilakukan kepada pelaut maka tujuan dari MCU ini adalah untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh para pelaut sehingga bisa berlayar dan menjalankan tugasnya secara aman.

Apa Itu MCU Pelaut

Proses MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Indonesia

Proses pemeriksaan kesehatan ini dilakukan bukan hanya sebagai persyaratan berlayar. Hasil pemeriksaannya memang akan digunakan sebagai syarat untuk berlayar dan bekerja. Tanpa melewati proses MCU maka pelaut tidak mendapatkan hasil pemeriksaan dan tidak dapat berlayar.

  Cara Pendaftaran Online Buku Pelaut: Mudah dan Tepat

 

Namun lebih dari sekadar mengikuti peraturan, proses MCU ini bermanfaat bagi para pelaut. Pelaut bisa memastikan bahwa dirinya memang layak untuk berangkat berlayar dengan kondisi tubuh yang sehat secara fisik maupun mental.

 

MCU pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran akan memastikan pelaut bisa bekerja dengan aman dan risiko bahaya bisa diminimalkan. Diharapkan pemeriksaan kesehatan seperti ini bisa meningkatkan kesejahteraan pelaut saat bekerja di lapangan.

 

Proses MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Indonesia

Persiapan MCU

Saat harus menghadapi MCU maka pelaut harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Persiapan ini dilakukan supaya pelaut bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang bagus dan diizinkan untuk berlayar. Berikut adalah beberapa persiapan yang dibutuhkan:

 

Persiapan MCU

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Poin pertama yang penting dilakukan sebagai persiapan menjalani MCU adalah menjaga pola makan. Pola makan sehari-hari sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Sebelum menjalani pemeriksaan, maka penting sekali untuk memastikan bahwa tubuh mendapat asupan gizi yang seimbang.

 

Sebenarnya pola makan sehat ini memang penting diterapkan oleh para pelaut, tak hanya saat harus menjalani MCU. Penerapan pola makan sehat bisa dimulai dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Selain itu konsumsi makanan berlemak dan berminyak harus dikurangi.

 

Jika memang sulit untuk selalu menerapkan pola makan sehat, maka paling tidak lakukan saja selama 2 minggu sampai 1 bulan sebelum pemeriksaan. Dengan begitu, tubuh jadi lebih sehat dan hasil MCU bisa positif sesuai harapan.

 

2. Menjalankan Olahraga Rutin

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, pastikan juga untuk menjalankan aktivitas olahraga secara rutin. Olahraga memang sangat penting lakukan untuk memelihara kebugaran dan kesehatan tubuh.

 

Cobalah untuk menerapkan jadwal rutin olahraga setiap hari paling tidak selama 30 menit. Ini akan membantu metabolisme tubuh berjalan lebih baik dan menjaga berat badan tetap di angka normal.

  ID TKI Pelaut Mandiri

 

Jenis olahraga yang di jalankan bisa bervariasi tergantung kemampuan masing-masing. Bisa menyesuaikan juga dengan kondisi tubuh dan status kesehatan di miliki saat ini. Pastikan aktivitas olahraga yang di pilih bisa memberi manfaat yang bagus bagi tubuh.

 

3. Beristirahat yang Cukup

Jangan lupa, pastikan tubuh juga mendapatkan waktu istirahat yang cukup demi memastikan hasil MCU bagus. Cukup istirahat akan berpengaruh baik bagi kesehatan fisik sekaligus mental. Walaupun memang mungkin sulit untuk mengatur jadwal istirahat di tengah kesibukan berlayar.

 

MCU ini adalah jenis pemeriksaan yang lengkap. Tak hanya fisik namun juga ada pemeriksaan untuk memastikan mental dalam kondisi sehat. Itulah mengapa harus mempersiapkan dengan matang, termasuk mengenai waktu istirahat yang mencukupi sebelum pemeriksaan.

 

4. Melengkapi Persyaratan Dokumen

Hal berikutnya yang juga harus melakukan adalah melengkapi persyaratan dokumen untuk MCU. Proses pemeriksaan ini akan dilakukan oleh lembaga kesehatan yang sudah ditunjuk. Salah satunya bisa dilakukan lewat Balai Kesehatan Kerja Pelayaran.

 

Ada beberapa jenis dokumen yang dibutuhkan, di antaranya sebagai berikut:

  • Kartu identitas.
  • Berkas ijazah keahlian pelaut.
  • Sertifikat keahlian.
  • Dokumen perjalanan.
  • Pas foto berwarna ukuran 3×4.
  • Sertifikat BST (Basic Safety Training).

 

Pastikan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu mengenai kelengkapan dokumen yang di butuhkan. Bisa saja dokumen persyaratannya berbeda atau berubah sesuai ketentuan yang berlaku. Daripada harus mengulang prosesnya maka lebih baik lakukan konfirmasi terlebih dahulu.

 

Melengkapi Persyaratan Dokumen

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Selain melakukan persiapan sudah di bahas tadi, pelaut juga harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum MCU. Selain memenuhi syarat dokumen, penting juga untuk memenuhi persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan.

 

Pelaut yang akan menjalani pemeriksaan harus datang langsung ke lokasi. Perhatikan apakah MCU pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran atau di fasilitas rumah sakit tertentu yang sudah menunjuk. Kemudian data diri dan syarat dokumen menyerahkan sebelum MCU.

  Persyaratan Untuk Penggantian Buku Pelaut Online

 

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Jenis MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Indonesia

Pelaut baru bisa menjalani MCU jika sudah melakukan pembayaran. Jangan lupa, isi juga formulir MCU yang di berikan oleh pihak pemeriksa. Setelah itu pelaut harus menjalani screening atau pemeriksaan singkat terlebih dahulu sebelum di periksa secara menyeluruh.

 

Jika sudah menyerahkan dokumen persyaratan, mengisi formulir, dan mengikuti screening, maka bisa lanjut ke proses MCU yang sesungguhnya. Tahapannya cukup banyak karena memang MCU di lakukan secara menyeluruh.

 

Jenis pemeriksaan yang dapat menjalankan oleh pelayar selama proses MCU ini bervariasi. Mulai dari tes fisik seperti tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan audiometri, EKG, pemeriksaan laboratorium, rontgen, dan lain sebagainya.

 

Jenis MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Indonesia

Jasa Mengurus MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran

Ingin mendapatkan kemudahan dalam mengurus MCU pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran? Langsung saja hubungi kami yang siap sedia membantu proses MCU bagi pelaut dari awal sampai akhir. Anda tidak perlu ribet mengurus syarat dan hanya perlu datang untuk pemeriksaan.

 

Setelah menjalani pemeriksaan, Anda masih harus melakukan pengurusan sampai sertifikat di terbitkan. Kami akan membantu proses tersebut sampai sertifikat keluar dan dapat di gunakan sebagai izin berlayar. Jadi, Anda akan lebih hemat waktu maupun tenaga.

 

Jasa Mengurus MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran

Biro Jasa MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Indonesia

Kami sudah berpengalaman dalam mengurus MCU pelaut. Oleh sebab itu kami pastikan bahwa layanan yang kami hadirkan bisa percaya dan akan membantu Anda secara efektif. Proses pengurusan MCU dan sertifikatnya jadi jauh lebih mudah dan cepat.

 

Dari segi keamanan, kami juga memastikan bahwa dokumen atau data diri yang Anda serahkan terjaga dengan baik. Kami memastikan tidak ada penyalahgunaan dokumen maupun data pribadi yang di serahkan kepada klien.

 

Proses MCU pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran bisa berjalan lebih mudah dan cepat dengan bantuan kami. Apalagi jika Anda belum punya pengalaman sama sekali dalam menjalani MCU pelaut. Jasa kami juga sangat responsif dan siap melayani kapan saja.

 

Biro Jasa MCU Pelaut di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Indonesia

Adi