Macam macam Bisnis Syariah

Macam macam Bisnis Syariah,

Bisnis merupakan kegiatan  yang sering di lakukan oleh setiap orang. Bisnis merupakan proses yang di lakukan dalam proses menjual barang atau komiditi ataupun jasa yang di lakukan oleh perorangan, dalam proses mendapatkan keuntungan. Adapun bisnis dapat digunakan dan diperuntukan dalam proses pemenuhan kebutuhan dan penyedia ragam layanan. Macam macam bisnis syariah merupakan fakor penting dalam perekonomian masyarakat.

 

Apa Saja Macam macam Bisnis Syariah

Bisnis yang banyak di terapakan dan di lakukan oleh setiap orang dapat berupa  bisnis property, wisata, kuliner dan bisnis-bisnis lainnya.Macam macam Bisnis Syariah,Bisnis property merupakan bisnis yang di lakukan dalam bidang property biasanya adalah rumah, apartemen dan jenis property lainnya. bisnis yang bergerak pada bidang makanan dan minuman. Dari beberapa jenis binsis tersebut memberikan dampak keuntungan kepada masyarakat  baik dalam segi materi maupuan non materi.

 

 

 MENGENAL BISNIS SYARIAH

 

Macam macam Bisnis Syariah Menurut Syariah 

Bisnis terbagi menjadi dua yaitu, bisnis yang berdasarkan pada konvensional dan bisnis yang berdasarkan pada syariah. Macam macam Bisnis Syariah yang berdasarkan pada syariah merupakan bisnis  yang dalam proses kegiatannya berlandaskan pada ketentuan syariah baik dalam segi operasional dan pengelolaannya. Bisnis yang berdasarkan syariah dapat kita temui seperti bisnis hotel syariah, wisata syariah dan cabang bisnis lainnya.

 

Ciri Bisnis Syariah

Oleh karna itu, adapun ciri-cirinya yaitu sebagai berikut :

  1. Selalu berpijak pada nilai-nilai ruhiyah.
  2. Memahami tentang bisnis yang halal dan haram. Sehingga, pada prosesnya pelaku bisnis akan melakukan proses bisnis yang di lakukan berdasarkan pada ketentuan  ketentuan syariah. Sehingga proses objek yang di lakukan oleh nasabah tidak boleh melanggar ketentuan syariah.
  3. Pengelola Dalam proses pengeloaan bisnis syariah harus mengimplementasi aturan atuaran yang berdasarkan pada syariah.
  4. Tidak berorientasi pada keuntungan saja, tetapi berorientasi kepada ibadah Prinsip-Prinsip Bisnis Syariah.
  Akad Salam dalam Ekonomi Islam

 

CIRI BISNIS SYARIAH

 

Prinsip Macam macam Bisnis Syariah

Dalam Berbisnis syariah berdasarkan pada jual beli, sewa, bagi hasil atau mudharabah dan wadiah.

A.Prinsip Jual Beli dalam Bisnis.

Dalam pola berbisnis syariah memiliki beberapa prinsip dalam pelaksanaan nya. Prinsip yang di gunakan dalam bisnis syariah adalah sebagai berikut:

  • Murabahah. Prinsip pertama menggunakan akad Murabahah. Dalam prinsip jual beli menggunakan Akad proses jual beli atas barang tertentu  jual beli murabahah ini pada alurnya penjual akan menyebutkan barang yang akan di perjualbelikan berikut dengan spesifikasi barang jual beli tersebut. Penjual juga akan menerangkan  mengenai  harga pembelian barang kepada pembeli, serta menjelaskan presentase keuntungan atau laba dalam proses jual beli kepada pembeli.

 

  • Salam. Prinsip kedua menggunakan akad Salam. Dalam proses tranksaksi jual beli menggunakan akad salam metode yang di gunakan adalah jual beli dengan skema pesanan barang jual beli yang di lakukan oleh pembeli dan penjual barang. Penjual barang akan melakukan proses jual beli pesanan kepada pembeli dengan komiditi barang jual beli sesuai dengan kebutuhan pembeli sesuai dengan spesifikasi, jumlah dan waktu penyerahaan yang disepkati di awal antara penjual dan pembeli. Komoditi yang biasanya di perjualbelikan dengan menggunakan akad salam adalah komiditi pada sektor pertanian.

 

  • Istishna. Prinsip ketiga menggunakan akad Istishna. Proses tranksaksi jual beli menggunakan akad istishna dalam proses jual beli yaitu adalah dengan menggunakan skema dengan metode pembayaran melalui cicil. Metode dalam proses istishna ini nasabah akan mengangsur total nilai jual beli dan barang akan diserahkan ketika proses pembayaran telah di selesaikan oleh pembeli ataupun sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli diawal. Penerapan akad istishna terdapat pada sektor kontruksi dan pembiyaaan rumah KPR.
  Akad Mudharabah dan Musyarakah Bank Syariah

 

Ketentuan Akad Istishna

 

Ketentuan- Ketentuan Akad Istishna sesuai dengan  Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN MUI) :

  • Tranksaski Jual Beli harus sesuai dengan spesifikasi barang jual beli.
  • Proses penyerahan barang dapat di lakukan secara kemudian.
  • Penyerahan Barang jual beli di sepakati diawal (Tempat dan waktu).
  • Proses Jual Beli di lakuakn ketika barang sudah di jual belikan.
  • Terdapat waktu proses pembuatan dari objek jual beli setelah akad disepakati.

 

Etika Macam macam Bisnis Syariah

1. Unity. Etika Bisnis Syariah yang pertama adalah mengenai Unity yang memiliki arti kesatuan. Enity merupan konsep tauhid yang menggabungkan  keseluruhan dari aspek kehidupan seorang muslim tidak hanya dalam bidang ekonomi, politik, sosial, tetapi menjadi satu keseluruhan yang sama dan menyuluruh.

 

2. Equilibrium atau Keseimbangan. Dalam berbisnis syariah haus menerapkan keseimbangan. Keseimbangan yang dimaksud adalah keseimbangan dalam keadilan atau berbuat adil. Dalam proses berbisnis syariah tidak boleh memakan atau mengambil keuntungan atau rezeki orang lain di dalam prosesnya. Oleh sebab itu, dengan keadilan tersebut akan menciptakan keseimbangan dan terbentuknya kesejahteraan masyarakat.

 

Etika Bisnis Syariah-min

 

3. Kebebasan. Etika bisnis syariah ketiga adalah Kebebasan. Dalam agama islam bisnis dapat di lakukan pada objek mana saja dengan syarat halal dan tidak melanggar prinsip muamalah. Berbagai bentuk dan macam jenis yang di terapkan dalam berbisnis dapat di lakukan dan di terapkan asal sesuai dengan ketentuan-ketentuan, syarat, dan juga prinsip syariah islam. Setiap bisnis yang di jalankan tidak mengadung unsur seperti bunga, gharar, maysir dan tranksakski yang di larang dalam islam. Objek bisnis juga harus halal dan tidak merugikan orang lain. Bisnis syariah juga menerapkan dan menyalurkan serta berbagi keuntungannya zakat, infak,  dan sedekah.

  Inflansi Pada Proses Ekonomi

 

4. Etika Bisnis Syariah keempat adalah kebenaran, kejujuran serta kebajikan dalam setiap role mode bisnis syariah yang di lakukan.

 

Contoh Macam Macam Bisnis Syariah

  1. Bisnis Travel Agent atau Bisnis Perjalanan

Bisnis Syariah pertama yaitu Bisnis Perjalanan atau Travel Agent, Dalam binis ini memberikan fasilitas perjalanan kepada masyarakat. Bisnis Travel Agent dapat berupa binis Perjalanan umroh dan haji dan perjalanan perjalanan lain. Prospek bisnis travel agent ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Memberikan layanan perjalanan dan wisata menjadikan bisnis ini sangat digemari dan memiliki banyak peminat di dalamnya.

 

  1. Bisnis Kuliner Halal

Bisnis Syariah kedua adalah bisnis kuliner Halal. Bisnis kuliner halal ini merupakan bisnis yang memberikan layanan di bidang kuliner makanan dan minuman. Menyediakan layanan makanan dan minuman yang halal dan memiliki peminat yang sangat banyak terutama kaum muslim.

 

  1. Bisnis Online Halal

Bisnis online merupkan bisnis yang sedang di gemari masyarakat. Bisnis online halal merupakan bisnis yang di dalamnya menjual barang barang yang halal dan menjadi kebutuhan masyarakat. Misalnya saja dalam bisnis kosmetik, baju muslim dan lainnya.

 

Macam Macam Bisnis Syariah-min

 

  1. Bisnis Kafe Syariah

Bisnis Café menjadi salah satu bisnis syariah yang memiliki prospek tinggi. Bisnis café syariah ini memiliki ketentuan bahwa setiap pelanggan yang masuk harus berhijab dan menutup auratnya.

 

5. Bisnis Hotel Syariah

Salah satu bisnis yang memiliki prospek bagus yaitu bisnis hotel syariah. Dalam bisnis hotel syariah penerapanya operasional hotel berbeda dengan hotel lainnya. Dalam hotel syariah terdapat persyaratan khusus yaitu ketika proses pemesanan hotel harus pasangan yang telah menikah, dan pada penerapannya hotel syariah  mewajibkan para pengunjungnya untuk menutup aurat.

Adi