Daftar Isi
- 1 SIUP ADALAH
- 2 SYARAT MENGURUS SIUP
- 3 Perusahaan Perorangan
- 4 Perusahaan Perseroan Terbatas (PT)
- 5 Koperasi
- 6 Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)
- 7 Berikut ini kami uraikan proses pengurusan SIUP dengan dua jalur:
- 8 • Pendaftaran
- 9 • Log-in akun dan pengisian data
- 10 • Penerbitan NIB
- 11 • Ambil form pendaftaran
- 12 • Isian form pendaftaran siup
- 13 • Pembayaran biaya siup
- 14 • Pengambilan siup
- 15 Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan siup anda kepada kami karena :
- 16 Apa saja persyaratan siup ?
- 17 YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
- 18 HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
- 19 KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Masa pandemic memang menjadi masakelam bagi sebagian jenis usaha karena harus rela mengubur niat mengembangkan usaha dan bisnis , tetapi yang ada malah gulung tikar maka harus mengurus SIUP. Namun, ada juga jenis usaha yang harus berjuang dan tetap bertahan sambil menjual aset-aset mereka demi menggaji karyawan dan menutupi biaya operasional perusahaan.
Baca juga : Jasa Penerjemah Tersumpah Murah Untuk SIUP dan TDP
Meski demikian, tidak sedikit pula muncul perusahaan-perusahaan baru yang mengeluarkan produk yang dibutuhkan selama pandemic. Bahkan mereka yang memanfaatkan peluang justru meraup untung.
SIUP ADALAH
Itulah mengapa muncul usaha-usaha baru yang membutuhkan surat izin usaha sebagai legalitas operasional suatu perusahaan. Para pengusaha baru ini tentu akan mencari tahu cara mengurus serta dokumen apa yang perlu dipersiapkan dalam pengurusan SIUP.
Jika Anda tidak ingin repot maka Anda bisa menggunakan Jasa Pengurusan yang tentunya diserahkan kepada pihak lain yang kompeten pada bidang pengurusan ini. Tepat sekali Anda memilih PT Jangkar Global Groups karena kami professional dalam Jasa Pengurusan ini.
JASA PEMBUATAN SIUP TERPERCAYA
Dengan menyerahkan kepada kami, Anda sudah menghemat waktu, biaya, dan tenaga menyiapkan dan mengurus SIUP usaha Anda. Sebelum lebih jauh membahas persyaratan mengurus SIUP serta alur pembuatannya, baiknya kita tahu dahulu apa itu SIUP?
Saat ini dunia usaha terus bertumbuh. Ragam produk bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita apalagi di tunjang dengan pemasaran yang semakin canggih. Baik secara online maupun offline. Mereka menawarkan ragam produk baik yang di produksi dalam negeri maupun luar negeri.
Untuk menarik perhatian konsumen, strategi pemasaran di lakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan menghhdirkan para artis atau public figure sebagai brand ambassador untuk melakukan promosi secara massive, potongan harga, hingga kemudahan akses dengan kehadiran aplikasi yang membantu banyak orang berbelanja.
CEK LEGALITAS SIUP
Usaha ini ada yang sifatnya mandiri, patungan, hingga dalam bentuk badan usaha yang melibatkan banyak orang. Karena itu, dengan izin usaha resmi maka seorang pengusaha memasarkan produknya dianggap kredibel karena memiliki legalitas perusahaan.
Dengan legalitas perusahaan yang resmi, maka konsumen tidak akan ragu memakai atau menggunakan produk yang di tawarkan. Itulah pentingnya izin usaha dan Anda bisa menyerahkan pengurusannya ke layanan Jasa pengurusan SIUP.
Seperti yang di jelaskan sebelumnya, bahwa SIUP ini menjadi symbol legalitas perusahaan. Jadi SIUP ini merupakan surat izin beroperasinya suatu perusahaan atau lembaga yang melakukan suatu kegiatan usaha di bidang perdagangan. Misalnya dengan menjual produk dan juga jasa.
SIUP wajib dimiliki para pelaku usaha yang sifatnya prorangan, CV, PT, hingga dalam bentuk BUMN sebagai bukti bahwa usaha yang di jalankan legal. Biasanya SIUP akan di terbitkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan di area perusahaan Anda berdomisili.
JENIS-JENIS SIUP
Saat Anda berniat mengurus SIUP pastikan bahwa SIUP yang Anda urus sudah sesuai dengan perusahaan Anda. Pasalnya ada beragam jenis SIUP yang di dasarkan dengan tingkat kekayaan maupun besaran modal milik badan usaha tersebut (di dalamnya tidak termasuk bangunan tempat usaha dan tanahnya).
Berikut ini empat jenis SIUP yang biasa di gunakan antara lain adalah :
- SIUP Mikro (opsional)
Jika anda memiliki modal dan kekayaan bersih masih kurang dari Rp 50 juta, maka jenis SIUP yang bisa ANDA GUNAKAN ADALAH siup MIKRO. Karena JENis SIUP Ini memang di gunakan para pelaku usaha mikro.
- SIUP Kecil
Jika kurang dari Rp50 juta modal anda pakai siup Mikro, maka yang punya modal dan kekayaan bersih antara Rp50 juta hingga Rp500 juta menggunakan jenis SIUP kecil.
- SIUP Menengah
Para pengusaha yang memiliki modal di kisaran Rp500 juta hingga Rp10 miliar maka jenis SIUP yang harus di pakai adalah jenis menengah.
- SIUP Besar
Untuk SIUP besar ini khusus di tujukan kepada pelaku usaha dengan modal dan kekayaan bersih yang besar. Biasanya yang memiliki modal yang mencapai lebih dari Rp10 miliar
SYARAT MENGURUS SIUP
Mungkin Anda akan bertanya apa saja syarat yang harus di persiapkan ketika akan mengurus SIUP suatu usaha. Berikut ini di uraikan syarat mengurus SIUP.
Perlu di ketahui bahwa syarat yang diajukan berbeda tergantung jenis perusahaan Anda, apakah bersifat perseorangan, PT, koperasi, atau jenis lainnya.
-
Perusahaan Perorangan
Jika perusahaan yang Anda ajukan sifatnya perseorangan maka berikut ini sejumlah administrasi yang perlu anda persiapkan.
• Pertama Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham perusahaan atau pemegang modal.
• Selanjutnya Lampirkan Copyan dan NPWP asli.
• Kedua Ada Surat Keterangan Domisili (SITU).
• Ketiga Materai Rp6000.
• Keempat Lampiran Neraca atau laporan keuangan perusahaan.
• Keenam Lalu Siapkan foto direktur utama atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar) .
• Terakhir Kelengkapan izin lainnya.
-
Perusahaan Perseroan Terbatas (PT)
Hampir sama dengan perusahaan yang sifatnya perorangan, maka dalam mengurus SIUP perusahaan dari Perseroan Terbatas (PT) juga harus melampirkan sejumlah syarat administrasi berikut ini.
• Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham perusahaan atau pemegang modal
• Selanjutnya Ada Surat Keterangan Domisili (SITU)
• Lampiran Neraca atau laporan keuangan perusahaan
• Selajutnya Siapkan foto di rektur utama atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar)
• Copyan serta asli dari SK Pengesahan Badan Hukum (yang sudah disahkan Kemenkumham)
• Selanjutnya Izin prinsip
• Surat izin gangguan (HO)
-
Koperasi
Jika jenis usaha Anda adalah koperasi, maka administrasi yang harus di persiapkan untuk pengurusan SIUP antara lain sebagai berikut:
• Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham perusahaan atau pemegang modal
• Ada Surat Keterangan Domisili (SITU)
• Selanjutnya Siapkan foto di rektur utama atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar)
• Copyan dan asli dariakta Pendirian Koperasi
• Selanjutnya Lampirkan susunan nama dewan pengurus dan dewan pengawas koperasi
-
Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)
• Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham atau pemegang modal
• Lampirkan FC sebelum perusahaan Anda menjadi Tbk
• Akta notaris pendirian serta perubahannya juga harus anda lampirkan bersama dengan surat persetujuan perubahan perusahaan dari tertutup menjadi terbuka (telah terbit oleh kemenkumham)
• Surat keterangan dari BPM (Badan Pengawas Pasar Modal) yang menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan sistem penawaran secara luas dan terbuka .
• Selanjutnya Lampirkan copyan STP-LKTP atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan .
• Lampirkan foto dirut atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar)
PROSEDUR PEMBUATAN SIUP
Dalam pengurusan biasanya akan di tempuh dengan dua cara, bisa dengan mendatangi langsung kantor Dinas Perdagangan tempat Anda, atau melalui system OSS.
Berikut ini kami uraikan proses pengurusan SIUP dengan dua jalur:
- Prosedur pembuatan melalui OSS
• Pendaftaran
Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu masuk ke sistem OSS terlebih dahulu untuk mendaftar. Selanjutnya, isi data pribadi Anda, dan lakukan verifikasi e-mail.
• Log-in akun dan pengisian data
Setelah log-in, maka isi semua data perusahaan yang di minta seperti pemegang saham, kepemilikan modal, serta nilai investasi, dan lainya
• Penerbitan NIB
Menerbitkan dengan cara memasukkan data dengan benar maka sistem OSS akan menerbitkan NIB milik anda.
- Alur Mengurus di Kantor DInas Perdagangan
• Ambil form pendaftaran
Jika Anda mendatangi langsung kantor Dinas Perdagangan, maka yang di perlukan adalah membawa semua persyaratan yang di minta lalu ambil form pendaftaran.
• Isian form pendaftaran siup
Isi semua data yang di minta lalu berikan tanda tangan terutama bagi penanggung jawab dan juga sematkan materai.
• Pembayaran biaya siup
Soal berapa biaya yang harus di keluarkan dalam pengurusan semua tergantung kualifikasi dan domisili perusahaan Anda.
• Pengambilan siup
Jika semua persyaratan yang di minta sudah benar dan valid sesuai yang di inginkan, maka SIUP biasanya akan terbit setelah 2 minggu.
Jika Anda tidak punya waktu untuk mengurus SIUP Anda konsultasikan dengan menggunakan Jasa pengurusan di PT Jangkar Global Groups, dengan jaminan asli dan pengurusan cepat.
Kami sangat mengerti permasalahan siup yang sedang anda hadapi adalah :
- Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
- Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
- Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
- Adanya surat asli tapi palsu
- Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
- Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
- Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
- Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
- Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang
Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan siup anda kepada kami karena :
- Karena Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
- Memiliki kredibilitas legalitas usaha
- KArena Memiliki kantor yang jelas alamatnya
- Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
- Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
- Bisa menghubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
- Update informasi perkembangan order
- Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
- Proses cepat dan akurat dan terjamin keasliannya.
- Tidak perlu Down payment (DP) karena pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
- Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner
Apa saja persyaratan siup ?
Cara kirim dokumen bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.
Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :
- Kecepatan dan ketepatan waktu proses
- Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
- Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
- Uang akan kembali apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya
Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups jasa pengurusan siup:
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : Jangkargroups@gmail.com
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups