SIUP (SURAT IZIN USAHA PERUSAHAAN)

Masa pandemic memang menjadi masakelam bagi sebagian jenis usaha karena harus rela mengubur niat mengembangkan usaha dan bisnis , tetapi yang ada malah gulung tikar maka harus mengurus SIUP. Namun, ada juga jenis usaha yang harus berjuang dan tetap bertahan sambil menjual aset-aset mereka demi menggaji karyawan dan menutupi biaya operasional perusahaan.

 

 

Baca juga : Jasa Penerjemah Tersumpah Murah Untuk SIUP dan TDP

 

Meski demikian, tidak sedikit pula muncul perusahaan-perusahaan baru yang mengeluarkan produk yang dibutuhkan selama pandemic. Bahkan mereka yang memanfaatkan peluang justru meraup untung.

 

SIUP ADALAH 

Itulah mengapa muncul usaha-usaha baru yang membutuhkan surat izin usaha sebagai legalitas operasional suatu perusahaan. Para pengusaha baru ini tentu akan mencari tahu cara mengurus serta dokumen apa yang perlu dipersiapkan dalam pengurusan SIUP.

 

Jika Anda tidak ingin repot maka Anda bisa menggunakan Jasa Pengurusan yang tentunya diserahkan kepada pihak lain yang kompeten pada bidang pengurusan ini. Tepat sekali Anda memilih PT Jangkar Global Groups karena kami professional dalam Jasa Pengurusan ini.

 

 persyaratan mengurus SIUP

 

JASA PEMBUATAN SIUP TERPERCAYA

Dengan menyerahkan kepada kami, Anda sudah menghemat waktu, biaya, dan tenaga menyiapkan dan mengurus SIUP usaha Anda. Sebelum lebih jauh membahas persyaratan mengurus SIUP serta alur pembuatannya, baiknya kita tahu dahulu apa itu SIUP?

 

Saat ini dunia usaha terus bertumbuh. Ragam produk bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita apalagi di tunjang dengan pemasaran yang semakin canggih. Baik secara online maupun offline. Mereka menawarkan ragam produk baik yang di produksi dalam negeri maupun luar negeri.

  Perizinan Koperasi Melalui OSS

 

Untuk menarik perhatian konsumen, strategi pemasaran di lakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan menghhdirkan para artis atau public figure sebagai brand ambassador untuk melakukan promosi secara massive, potongan harga, hingga kemudahan akses dengan kehadiran aplikasi yang membantu banyak orang berbelanja.

 

 persyaratan mengurus SIUP persyaratan mengurus SIUP

CEK LEGALITAS SIUP

Usaha ini ada yang sifatnya mandiri, patungan, hingga dalam bentuk badan usaha yang melibatkan banyak orang. Karena itu, dengan izin usaha resmi maka seorang pengusaha memasarkan produknya dianggap kredibel karena memiliki legalitas perusahaan.

 

Dengan legalitas perusahaan yang resmi, maka konsumen tidak akan ragu memakai atau menggunakan produk yang di tawarkan. Itulah pentingnya izin usaha dan Anda bisa menyerahkan pengurusannya ke layanan Jasa pengurusan SIUP.

 

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, bahwa SIUP ini menjadi symbol legalitas perusahaan. Jadi SIUP ini merupakan surat izin beroperasinya suatu perusahaan atau lembaga yang melakukan suatu kegiatan usaha di bidang perdagangan. Misalnya dengan menjual produk dan juga jasa.

 

SIUP wajib dimiliki para pelaku usaha yang sifatnya prorangan, CV, PT, hingga dalam bentuk BUMN sebagai bukti bahwa usaha yang di jalankan legal. Biasanya SIUP akan di terbitkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan di area perusahaan Anda berdomisili.

 

layanan Jasa pengurusan SIUP

 

JENIS-JENIS SIUP

Saat Anda berniat mengurus SIUP pastikan bahwa SIUP yang Anda urus sudah sesuai dengan perusahaan Anda. Pasalnya ada beragam jenis SIUP yang di dasarkan dengan tingkat kekayaan maupun besaran modal milik badan usaha tersebut (di dalamnya tidak termasuk bangunan tempat usaha dan tanahnya).

 

Berikut ini empat jenis SIUP yang biasa di gunakan antara lain adalah :

  1. SIUP Mikro (opsional)

Jika anda memiliki modal dan kekayaan bersih masih kurang dari Rp 50 juta, maka jenis SIUP yang bisa ANDA GUNAKAN ADALAH siup MIKRO. Karena JENis SIUP Ini memang di gunakan para pelaku usaha mikro.

  1. SIUP Kecil

Jika kurang dari Rp50 juta modal anda pakai siup Mikro, maka yang punya modal dan kekayaan bersih antara Rp50 juta hingga Rp500 juta menggunakan jenis SIUP kecil.

  Hukum Perizinan Harus Diajukan Sebelum Aktivitas Dilaksanakan

 

JENIS-JENIS SURAT IZIN USAHA PERUSAHAAN (SIUP)

 

  1. SIUP Menengah

Para pengusaha yang memiliki modal di kisaran Rp500 juta hingga Rp10 miliar maka jenis SIUP yang harus di pakai adalah jenis menengah.

  1. SIUP Besar

Untuk SIUP besar ini khusus di tujukan kepada pelaku usaha dengan modal dan kekayaan bersih yang besar. Biasanya yang memiliki modal yang mencapai lebih dari Rp10 miliar

 

SYARAT MENGURUS SIUP

Mungkin Anda akan bertanya apa saja syarat yang harus di persiapkan ketika akan mengurus SIUP suatu usaha. Berikut ini di uraikan syarat mengurus SIUP.

 

Perlu di ketahui bahwa syarat yang diajukan berbeda tergantung jenis perusahaan Anda, apakah bersifat perseorangan, PT, koperasi, atau jenis lainnya.

 

  1. Perusahaan Perorangan

Jika perusahaan yang Anda ajukan sifatnya perseorangan maka berikut ini sejumlah administrasi yang perlu anda persiapkan.

• Pertama Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham perusahaan atau pemegang modal.

• Selanjutnya Lampirkan Copyan dan NPWP asli.

• Kedua Ada Surat Keterangan Domisili (SITU).

•  Ketiga Materai Rp6000.

• Keempat Lampiran Neraca atau laporan keuangan perusahaan.

• Keenam Lalu Siapkan foto direktur utama atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar) .

• Terakhir Kelengkapan izin lainnya.

 

SYARAT MENGURUS SIUP

 

  1. Perusahaan Perseroan Terbatas (PT)

Hampir sama dengan perusahaan yang sifatnya perorangan, maka dalam mengurus SIUP perusahaan dari Perseroan Terbatas (PT) juga harus melampirkan sejumlah syarat administrasi berikut ini.

• Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham perusahaan atau pemegang modal

• Selanjutnya  Ada Surat Keterangan Domisili (SITU)

• Lampiran Neraca atau laporan keuangan perusahaan

• Selajutnya Siapkan foto di rektur utama atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar)

• Copyan serta asli dari SK Pengesahan Badan Hukum (yang sudah disahkan Kemenkumham)

• Selanjutnya  Izin prinsip

• Surat izin gangguan (HO)

 

SIUP perusahaan dari Perseroan Terbatas (PT)

 

  1. Koperasi

Jika jenis usaha Anda adalah koperasi, maka administrasi yang harus di persiapkan untuk pengurusan SIUP antara lain sebagai berikut:

• Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham perusahaan atau pemegang modal

  Bagaimana Penegakan Hukum Perizinan Di Indonesia

• Ada Surat Keterangan Domisili (SITU)

• Selanjutnya Siapkan foto di rektur utama atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar)

• Copyan dan asli dariakta Pendirian Koperasi

• Selanjutnya Lampirkan susunan nama dewan pengurus dan dewan pengawas koperasi

 

pengurusan SIUP koperasi

 

  1. Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)

• Siapkan copyan dan E-KTP asli pemilik saham atau pemegang modal

• Lampirkan FC sebelum perusahaan Anda menjadi Tbk

• Akta notaris pendirian serta perubahannya juga harus anda lampirkan bersama dengan surat persetujuan perubahan perusahaan dari tertutup menjadi terbuka (telah terbit oleh kemenkumham)

• Surat keterangan dari BPM (Badan Pengawas Pasar Modal) yang menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan sistem penawaran secara luas dan terbuka .

• Selanjutnya Lampirkan copyan STP-LKTP atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan .

• Lampirkan foto dirut atau pemegang saham, ukuran 4×6 (2 lembar)

 

Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)

 

PROSEDUR PEMBUATAN SIUP

Dalam pengurusan biasanya akan di tempuh dengan dua cara, bisa dengan mendatangi langsung kantor Dinas Perdagangan tempat Anda, atau melalui system OSS.

Berikut ini kami uraikan proses pengurusan SIUP dengan dua jalur:

  1. Prosedur pembuatan melalui OSS

• Pendaftaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu masuk ke sistem OSS terlebih dahulu untuk mendaftar. Selanjutnya, isi data pribadi Anda, dan lakukan verifikasi e-mail.

 

• Log-in akun dan pengisian data

Setelah log-in, maka isi semua data perusahaan yang di minta seperti pemegang saham, kepemilikan modal, serta nilai investasi, dan lainya

 

• Penerbitan NIB

Menerbitkan dengan cara memasukkan data dengan benar maka sistem OSS akan menerbitkan NIB milik anda.

 

  1. Alur Mengurus di Kantor DInas Perdagangan

• Ambil form pendaftaran

Jika Anda mendatangi langsung kantor Dinas Perdagangan, maka yang di perlukan adalah membawa semua persyaratan yang di minta lalu ambil form pendaftaran.

 

PROSEDUR PEMBUATAN SIUP

 

• Isian form pendaftaran siup

Isi semua data yang di minta lalu berikan tanda tangan terutama bagi penanggung jawab dan juga sematkan materai.

 

• Pembayaran biaya siup

Soal berapa biaya yang harus di keluarkan dalam pengurusan semua tergantung kualifikasi dan domisili perusahaan Anda.

 

• Pengambilan siup

Jika semua persyaratan yang di minta sudah benar dan valid sesuai yang di inginkan, maka SIUP biasanya akan terbit setelah 2 minggu.

 

Jika Anda tidak punya waktu untuk mengurus SIUP Anda konsultasikan dengan menggunakan Jasa pengurusan di PT Jangkar Global Groups, dengan jaminan asli dan pengurusan cepat.

Adi