Jasa Akta Kematian Terpercaya

Jasa Akta Kematian Terpercaya – Masalah umur memang tidak ada satu orangpun yang mengetahui kapan, karena apa. Ketika seseorang meninggal, sebagai warga negara Indonesia yang baik menganjurkan untuk mengurus dan membuat akta Kematian ke Disdukcapil. Pengurusan akta Kematian ini nantinya akan tercatat ke Disdukcapil untuk data kependudukan negara.

 

Apa Itu Jasa Akta Kematian Terpercaya dan Dimana Mengurusnya

 

Lalu syarat bikin akta Kematian sih dan bagaimana prosedurnya? Selain akan di catat untuk kepentingan data kependudukan, pembuatan akta Kematian juga membutuhkan untuk beberapa hal seperti pengurusan dana pensiun, pengurusan warisan serta klaim asuransi.

 

 

Apa Itu Jasa Akta Kematian Terpercaya dan Di mana Mengurusnya

Setelah seseorang akan terlaporkan kematiannya, data miliki orang tersebut seperti kartu keluarga, NIK atau nomor induk kependudukan akan terhapus dari daftar data kependudukan. Lalu akan terbit akta Kematian yang sudah di atur seperti dalam peraturan presiden Indonesia No 25 2008.

Akta kematian merupakan dokumen atau akta yang telah anda buat serta terbit dinas kependudukan atau Disdukcapil yang menyatakan bahwa orang tersebut sudah meninggal. Pencatatan kematian seseorang memberikan hak atas kepastian hukum yang memiliki garis keturunan yang di wujudkan dengan dokumen atau akta Kematian.

Pencatatan kematian seseorang adalah sumber data statistik akurat sekaligus mengakomodasi suatu kepentingan perencanaan pembangunan dalam bidang kesehatan.

Dasar hukum terkait dengan masalah tersebut ada pada undang-undang No 23 THN 2006 mengenai administrasi kependudukan yang sudah di ubah menjadi UU No 24 THN 2013 tentang suatu perubahan atas UU No 23 THN 2006 mengenai administrasi kependudukan.

  PERSYARATAN PTSP DKI JAKARTA

 

Mengurus akta kematian bisa datang langsung ke Disdukcapil dengan melampirkan beberapa persyaratan yang harus terpenuhi sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Namun untuk Anda yang tidak sempat datang mengurus akta kematian langsung ke disducapik bisa mengurusnya secara online.

Untuk pengurusan akta kematian secara online bisa dengan membuka laman Disdukcapil kemudian tekan tombol permohonan. Setelah itu input laporan kematian WNI dan isi formulir yang tersedia dengan data yang sesuai. Kemudian ikuti step selanjutnya ya.

Manfaat dan Jasa Akta Kematian Terpercaya

Meskipun telah meninggal, seseorang yang memiliki akta Kematian tetap akan mendapat hak-hak yang nantinya bisa anda rasakan oleh anggota keluarga lain. Berikut ini merupakan lima manfaat memiliki akta Kematian bagi almarhum dan anggota keluarga lain;

  • Terhindar dari penyalahgunaan

Bagi anggota keluarga yang mendaftarkan kematian dan membuat akta Kematian anggota keluarganya yang meninggal akan membantu data keluarga tersebut terhindar dari hal yang mungkin bisa merugikan seperti penyalahgunaan data untuk kepentingan oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Manfaat dan Jasa Akta Kematian Terpercaya

 

  • Membantu keakuratan data penduduk

Dengan memiliki akta Kematian akan membantu pemerintah melalui pejabat yang berwenang mengetahui bahwa seseorang tersebut sudah meninggal. Oleh karena itu data tersebut tidak akan salalah dalam menggunakan misalnya untuk hak suara dalam momen pemilihan umum. Jangan sampai orangnya sudah meninggal tapi masih bisa memilih karena masih terdata hak pemilih.

 

  • Pengurusan ahli waris

Agar harta keluarga bisa di serahkan ke ahli waris, anda membutuhkan surat kematian atau akta Kematian agar lebih jelas jika pemilih harta itu sudah meninggal sehingga hartanya bisa segera di wariskan.

  • Pengurusan klaim asuransi

Anda tidak akan bisa mengklaim asuransi jika salah satu syarat saja tidak terpenuhi. Akta Kematian atau surat kematian menjadi salah satu syarat yang harus anda lampirkan untuk  pengurusan asuransi.

  • Syarat pernikahan
  Apakah Legalisir Ijazah Bisa Diwakilkan

Seseorang yang sudah anda tinggal mati oleh suami atau istri apabila akan menikah lagi membutuhkan surat kematian atau akta kematian sebagai salah satu syarat yang harus anda penuhi. Karena untuk dapat melakukan perkawinan kembali secara sah oleh mata hukum, suami ataupun istri yang telah tertinggalkan harus melampirkan surat kematian atau akta Kematian tersebut dari istri atau suami lamanya.

Jasa Akta Kematian Terpercaya Apa Aja dan Bagaimana Caranya

Seperti informasi yang kami ketahui dari Dukcapil Kemendagri, ada beberapa syarat yang harus anda lengkapi untuk mengurus atau membuat akta Kematian bagi anggota keluarga yang meninggal. Ada beberapa perbedaan syarat dan cara mengurus akta kematian, syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

 

Jasa Akta Kematian Terpercaya Apa Aja dan Bagaimana Caranya

 

 

Jasa Akta Kematian Terpercaya apabila meninggal di rumah sakit

  • Mengisi lembar formulir F 201
  • Membawa surat kematian atau visum dari rumah sakit jika meninggal pada rumah sakit
  • Fotocopy KK atau kartu keluarga dan KTP orang yang meninggal tersebut

Jasa Akta Kematian Terpercaya apabila meninggal di rumah

  • Mengisi lembar formulir F 201
  • Membuat surat keterangan kematian yang bisa anda dapat dari desa atau keluarga jika meninggalnya di rumah
  • Fotocopy KTP dan kartu keluarga orang yang meninggal tersebut

Sudah kami jelaskan Syarat Bikin Akta Kematian  dan bagaimana cara mengurusnya, namun syarat yang kami jabarkan sebelumnya bisa anda sesuaikan dengan syarat yang telah tertetapkan dan berlaku pada daerah anda masing-masing. Jika anda tidak sempat Mengurus dengan datang ke tempat pembuatan akta tersebut, bisa membuatnya dengan cara online.

 

Jasa Akta Kematian Terpercaya apabila meninggal di rumah sakit

 

 

Cara Melengkapi Jasa Akta Kematian Terpercaya

Setelah mengetahui beberapa cara mengurus akta Kematian yang telah di jelaskan sebelumnya, bagaimana cara membuat akta Kematian dan bagaimana prosedurnya ke Disdukcapil.

  • Meminta surat pengantar dari ketua RT setempat
  • Meminta surat pengesahan pengantar yang sudah di buat oleh RT untuk tandatangani ketua RW
  • Membawa berkas yang sesuai dengan syarat yang di perlukan ke desa atau kelurahan untuk mendapatkan surat kematian
  • Membawa berkas yang sesuai dengan syarat serta surat kematian yang sudah di buat desa atau kelurahan untuk selanjutnya di tandatangi pihak kecamatan
  • Setelah itu Anda harus membawa berkas-berkas seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya untuk kemudian akan di tandatangi serta di proses oleh pejabat Disdukcapil.
  Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Apa Itu ?

Untuk proses pembuatan sampai dengan penerbitan akta Kematian yang di proses oleh Disdukcapil paling lama biasanya 14 hari. Semakin lengkap dan cepat mengajukan pembuatan akta kematian tersebut, juga akan lebih cepat di proses oleh instansi pelaksana Disdukcapil.

 

 

Cara Melengkapi Jasa Akta Kematian Terpercaya

 

Jasa Akta Kematian Terpercaya dan Murah

Bagi Anda yang tidak sempat dan mungkin belum bisa mengurus akta kematian anggota keluarga yang meninggal karena satu dan alasan lain, bisa menggunakan jasa pembuatan akta kematian kami. PT Jangkar Global Group adalah perusahaan yang menangi berbagai permasalahn terkait dokumen penting seperti halnya pembuatan akta kematian.

Anda hanya perlu mengirimkan persyaratan yang di perlukan untuk pengurusan akta kematian tersebut, lalu kami akan mengurus sisanya. Kami memiliki tenaga ahli yang sudah berpengalaman menangani client yang akan membuat berbagai jenis dokumen penting.

Agar lebih cepat di proses semua syarat yang di perlukan harus lengkap dan benar. Semakin lengkap dokumen yang anda siapkan maka proses penerbitan akta kematian tersebut akan semakin cepat.

Jangan sampai lupa Jasa Akta Kematian Terpercaya yang harus di siapkan karena persyaratan tersebut di buat mulai dari lingkup RT sampai akhirnya bisa di proses dan di terbitkan oleh Disdukcapil.

 

Jasa Akta Kematian Terpercaya dan Murah

 

Adapun biaya untuk pengurusan dokumen atau akta kematian di Disduk Capil tidak di pungut biaya apapun. Semoga penjelasan terkait akta kematian di atas tadi bisa membantu anda memeprmudah dan mempercepat dalam pengurusan tersebut.

Adi