Jasa Legalisir Akta Kelahiran India

Setelah kelahiran anak, mengurus akta kelahiran sangat penting. Terlebih jika akan bepergian ke luar negeri, misalnya India. Mengurus akta termasuk satu dari prosedur yang harus anda selesaikan. Melalui jasa legalisir akta kelahiran di kedutaan India dapat membantu anda membuat keabsahan sebuah dokumen. Dengan begitu dapat anda gunakan saat mengunjungi negara lain tak terkecuali India.

 

baca juga : Urus Visa India untuk Indonesia

 

legalisir akta kelahiran india Adalah 

Sebagai salah satu negara di kawasan Asia, India memiliki sederet keunikan yang membuatnya banyak didatangi wisatawan. India memiliki bangunan yang termasuk dalam tujuh keajaiban di dunia, yakni Taj Mahal yang megah. Selain itu juga merupakan penghasil rempah-rempah terbesar dunia. Untuk menyelesaikan prosedur legalisir akta kelahiran, berikut beberapa informasi yang perlu anda ketahui:

baca juga : Persyaratan OCI Card India

 

 

prosedur mengurus akta kelahiran

 

Prosedur legalisir akta kelahiran india

Pengurusan akta kelahiran gratis dan memerlukan waktu kurang lebih lima hari untuk memproses datanya. Akta kelahiran anda butuhkan sebagai syarat untuk mendapatkan pelayanan publik. Hal ini penting bagi generasi penerus untuk meraih hak-haknya sebagai warga negara.

baca juga : Persyaratan Visa X Permit Visa India

Jasa Legalisir Akta Kelahiran India

Sesudah akta kelahiran selesai dan sampai ke tangan pemohon, barulah bisa memanfaatkan jasa legalisir akta kelahiran di kedutaan India. Untuk mengurus akta kelahiran anak, perlu melaksanakan serangkaian prosedur yang telah anda tetapkan. Inilah beberapa hal yang perlu anda lakukan:

 

1. Mempersiapkan Persyaratan

Sebelum menggunakan jasa legalisir akta kelahiran di kedutaan India, terlebih dahulu perlu mengurus pelaporan kelahiran. Hal ini adalah syarat utama sebelum mengajukan permohonan akta kelahiran. Setiap daerah memiliki persyaratan berlainan mengenai pelaporan kelahiran, namun umumnya membutuhkan beberapa hal seperti:

  Legalisir Kedutaan South African Berpengalaman

 

Dokumen legalisir akta kelahiran india

  • Surat keterangan dari rumah sakit atau dokter/bidan yang menangani kelahiran secara langsung.
  • Dokumen asli serta fotokopi dari Kartu Keluarga untuk penduduk (khusus penduduk yang non permanen menyiapkan SKSPNP)
  • KTP orang tua (asli serta fotokopi)
  • Paspor asli dan fotokopi (khusus warga negara asing)
  • Surat keterangan dari lembaga sosial (khusus kelahiran anak dari penduduk rentan)

baca juga : Terjemah Bahasa India ke Bahasa Indonesia

 

Sesudah melakukan pelaporan kelahiran, orang tua dapat mengurus akta kelahiran anaknya. Datang menuju Disduk capil Kotamadya di daerah masing-masing. Bawalah dokumen yang anda butuhkan yaitu:

  • Surat keterangan lahir yang anda buat oleh Kelurahan
  • Fotokopi KTP kedua orang tua
  • Nama serta identitas saksi dari pelaporan kelahiran
  • Fotokopi akta pernikahan orang tua
  • Surat keterangan mengenai kelahiran yang anda berikan oleh dokter/bidan atau penolong kelahiran yang asli dan salinannya
  • Kartu Keluarga dan KTP kedua orang tua dalam bentuk fotokopi
  • Persetujuan dari kepala dinas atau suku dinas mengenai pelaporan yang sudah melebihi 60 hari semenjak tanggal kelahiran

baca juga : Persyaratan Visa Visit India

 

Seiring berkembangnya zaman dan kondisi pandemi, banyak orang beralih ke dunia online untuk berbagai urusan. Saat ini masyarakat juga bisa mengurus akta kelahiran dari rumah. Layanan Disduk capil sudah menyediakan aplikasi yang dapat anda download dari Play Store di smartphone, atau dari website Dinas Dukcapil. Keuntungannya adalah tidak perlu mengantri lama.

baca juga :Legalisir Free of Sales Kedutaan India

 

2. Mengisi Formulir legalisir akta kelahiran india

Gunakan NIK dari kepala keluarga, bisa juga dari nomor hp yang telah anda daftarkan di Kemkominfo. Selanjutnya ajukan permohonan untuk mencetak dokumen kependudukan, pilihlah opsi “Akta kelahiran”. Isi formulir yang di sediakan seperti nomor ponsel, alamat email, dan data penting lainnya untuk di proses lebih lanjut.

baca juga :Persyaratan Menikah WNA India di Indonesia

 

Pastikan nomor dan emailnya sudah benar karena akan di gunakan untuk mengirimkan informasi. Setelah itu pemohon akan di kirimkan validasi oleh sistem melalui SMS. Perlu anda ingat bahwa satu nomor hanya berlaku untuk satu NIK, sehingga tidak dapat anda pakai untuk NIK lain misalnya milik pasangan. Ikuti dengan seksama instruksi dari sistem.

baca juga : Apostille Kedutaan India

 

  Legalisir Akta Cerai Maroko

3. Input Data dan Verifikasi Kelengkapan

Tunggu beberapa saat untuk petugas Disduk capil melakukan pemrosesan dokumen serta data yang sudah anda kumpulkan. Proses ini membutuhkan waktu karena perlu di tandatangani Kepala Dinas dari Disduk capil dengan tanda tangan elektronik (TTE). Sesudah mendapatkan tanda tangan, sistem aplikasi SIAK akan segera mengirimkan notifikasi pada pengguna aplikasi dengan SMS serta email.

baca juga : Jasa Legalisir Akta Kelahiran di Kedutaan India

 

Dalam pesan ini terdapat link website yang langsung mengarahkan pemohon pada halaman untuk mencetak dokumen beserta pin. Melalui link ini, pemohon bisa mencetak secara mandiri akta kelahirannya dari mana saja. PIN untuk mengaksesnya akan di berikan dan harus di rahasiakan untuk menjaga keamanannya.

baca juga : Jasa Urus SKBM Kedutaan India

 

pentingnya legalisir akta kelahiran

 

Pentingnya legalisir akta kelahiran india

Akta kelahiran yang telah jadi bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti ketika ingin membawa serta keluarga untuk tinggal di India. Negara yang terkenal akan budaya tariannya ini menetapkan berbagai syarat sebelum mengizinkan penduduk negara lain untuk memasuki India. Hal ini dapat anda lakukan melalui jasa legalisir akta kelahiran di kedutaan India. Apa saja fungsinya?

 baca juga :Jasa Legalisir Kedutaan India, Solusi Kepengurusan Dokumen Student Exchenge Anda

 

1. Memastikan Dokumen legalisir akta kelahiran india Valid

Membuktikan keaslian sebuah dokumen merupakan  tujuan utama dari proses legalisir. Dokumen apapun baik ijazah, surat nikah, akta kelahiran, dan lainnya yang anda fotokopi harus di legalisir sehingga terbukti kevalidannya. Wajar, mengingat semakin maraknya penipuan termasuk dokumen untuk memasuki negara lain.

baca juga :Legalisir Dokumen Kedutaan India

 

Dengan adanya cap legalisir dari pemerintah, negara tujuan dapat memastikan bahwa dokumen yang tertera memang asli. Dokumen tersebut akan di anggap sah secara hukum dan bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. Biasanya masyarakat menggunakan jasa legalisir akta kelahiran di kedutaan India untuk melegalisir dokumennya melalui kedutaan yang berdomisili di ibukota.

baca juga : Biro Jasa Penerjemah Tersumpah Bahasa India

 

2. Haknya Terjamin Selama di Luar Negeri

Berada di luar negeri memerlukan perizinan sehingga bisa menjamin hak sebagai penduduk selama tinggal di sana. Mengurus izin inilah yang seringkali gagal karena ada beberapa salinan dokumen yang tidak di legalisir. Melalui legalisir, hak seseorang akan di anggap sah selama ada di negara lain termasuk India.

baca juga : LEGALISIR AKTA PERKAWINAN DI KEDUTAAN INDIA

 

  persyaratan legalisir akta kelahiran

Sebagai contoh jika ingin memanfaatkan layanan kesehatan, mengalami kecelakaan, memerlukan tempat tinggal baru, dan lain sebagainya. Dokumen yang telah di legalisasi akan memudahkan warga dari negara lain untuk mendapatkan layanan yang semestinya.

 baca juga : PERSYARATAN VISA BISNIS INDIA

 

jasa legalisir akta kelahiran di kedutaan India

 

Jasa legalisir akta kelahiran india

Setelah memahami pentingnya legalisir, Anda sudah bisa melakukan legalisir sebelum datang ke India bersama anak. Ada kalanya seseorang memiliki keterbatasan sumber daya karena banyak hal yang perlu anda urus. Pemilihan jasa legalisir akta kelahiran di Kedutaan India menjadi penting, karena melakukan permohonan menuju kedutaan memerlukan waktu yang cukup lama.

baca juga :PERSYARATAN MEMBUAT NOC INDIA

 

Berbekal pengalaman dan kepercayaan yang telah didapatkan dari banyak klien dan Kementrian Hukum, kami dari Jangkar Global Group dapat membantu proses legalisir akta kelahiran hingga berlangsung lebih cepat. Anda akan terhindar dari masalah penipuan karena kami rutin memberikan update seputar progress dokumen serta pembayaran sepenuhnya anda lakukan setelah semua urusan selesai.

 baca juga : LEGALISIR BUKU NIKAH DI KEDUTAAN INDIA

 

Memanfaatkan jasa legalisir akta kelahiran di kedutaan India bisa menjadi pilihan yang tepat. Semakin canggihnya perkembangan zaman, efisiensi menjadi hal yang penting. Termasuk juga untuk mengurus perizinan masuk ke negara India yang merupakan negara terpadat kedua dunia. Serahkan keperluan legalisir ke Jangkar Group untuk memastikan prosesnya berjalan lancar.

baca juga : VISA KERJA INDIA

 

Dengan pengalaman di atas 10 tahun dan peresmian dari kementrian hukum, Jangkar Group telah mengantongi kepercayaan dari banyak orang. Pengurusan legalisir untuk berbagai negara bisa anda lakukan secara tertata dan sesuai ketentuan yang berlaku. Tidak perlu memusingkan kekeliruan atau ketidakpastian, Jangkar Group siap mendampingi hingga prosesnya selesai.

baca juga : VISA MALAYSIA FOR INDIAN CITIZENS

 

Jasa legalisir akta kelahiran kedutaan india

Agen legalisir akte kelahiran kedutaan india

Peraturan baru apostille kemenkumham

Terhitung mulai tanggal 31 Juni 2023 , semua legalisir di kedutaan India menggunakan apostille kemenkumham. Proses apostille di kemenkumham tanpa perlu lagi proses legalisir di kemenlu dan legalisir di kedutaan India. Inilah hasil apostille kemenkumham yang terbaru :

APOSTILLE KEMENKUMHAM INDIA

Adi