Apakah Visa Cyprus Termasuk Visa Schengen?

Cyprus adalah sebuah negara di kawasan Mediterania yang terletak di bagian timur. Selama ini, banyak orang yang bertanya-tanya apakah visa Cyprus termasuk visa Schengen atau tidak. Artikel ini akan membahas secara detail dan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Apa itu Visa Schengen?

Visa Schengen adalah visa yang dikeluarkan oleh negara-negara anggota kesepakatan Schengen. Kesepakatan Schengen sendiri adalah sebuah perjanjian antarnegara yang memungkinkan pergerakan bebas orang dan barang antarnegara tanpa adanya pemeriksaan batas-batas fisik negara.

Negara-negara anggota Schengen saat ini adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Apakah Visa Cyprus Termasuk Visa Schengen?

Jawabannya adalah tidak. Cyprus bukanlah anggota kesepakatan Schengen sehingga tidak termasuk dalam wilayah Schengen. Namun, negara ini termasuk dalam Uni Eropa sehingga para wisatawan dari negara-negara yang memerlukan visa Schengen bisa mengunjungi Cyprus menggunakan visa Schengen mereka.

  SKK untuk Pembuatan Visa dalam Bahasa Inggris

Bagaimana Cara Mendapatkan Visa Cyprus?

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Cyprus, ada beberapa jenis visa yang bisa didapatkan. Beberapa jenis visa tersebut antara lain:

  • Visa Kunjungan Singkat – visa ini diberikan untuk perjalanan wisata atau bisnis selama maksimal 90 hari dalam kurun waktu 180 hari.
  • Visa Pelajar – visa ini diberikan untuk pelajar atau mahasiswa yang ingin belajar di Cyprus.
  • Visa Kerja – visa ini diberikan bagi mereka yang ingin bekerja di Cyprus.

Untuk mendapatkan visa tersebut, para wisatawan bisa mengajukan permohonan ke kedutaan besar Cyprus di negara masing-masing atau melalui aplikasi online. Para pemohon visa harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak kedutaan besar Cyprus.

Bagaimana Persyaratan Untuk Mendapatkan Visa Cyprus?

Persyaratan untuk mendapatkan visa Cyprus bisa berbeda-beda tergantung pada jenis visa yang diinginkan. Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

  • Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sejak tanggal kembali dari Cyprus.
  • Surat penerimaan sekolah atau universitas (untuk visa pelajar).
  • Surat undangan dari perusahaan atau sponsor (untuk visa kerja).
  • Bukti keuangan yang cukup untuk membiayai perjalanan dan tinggal di Cyprus.
  • Tiket pesawat pulang pergi.
  Cara Membuat Visa Kerja Ke Jepang

Setiap jenis visa juga memiliki persyaratan tambahan yang harus dipenuhi. Para pemohon harus memeriksa persyaratan yang berlaku sebelum mengajukan permohonan visa.

Conclusion

Cyprus bukanlah anggota kesepakatan Schengen sehingga visa Cyprus tidak termasuk visa Schengen. Namun, para wisatawan dari negara-negara yang memerlukan visa Schengen bisa mengunjungi Cyprus menggunakan visa Schengen mereka. Untuk mendapatkan visa Cyprus, para pemohon harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak kedutaan besar Cyprus.

admin