Myanmar memiliki potensi besar untuk ekspor dengan berbagai produk unggulan. Namun, tantangan di tengah pandemi Covid-19 membuat hasil ekspor Myanmar tidak mencapai target yang diharapkan. Berikut ini adalah gambaran hasil ekspor Myanmar dan tantangan yang dihadapi.
Potensi Ekspor Myanmar
Myanmar memiliki berbagai produk unggulan yang memiliki potensi besar untuk ekspor. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Jagung
Jagung menjadi salah satu produk unggulan Myanmar dengan potensi ekspor yang besar. Pada tahun 2019, Myanmar berhasil mengekspor jagung senilai USD 46,8 juta.
2. Kopi
Kopi menjadi produk unggulan Myanmar dengan kualitas yang sangat baik. Pada tahun 2019, Myanmar berhasil mengekspor kopi senilai USD 19,8 juta.
3. Kayu
Kayu menjadi salah satu produk unggulan Myanmar dengan potensi ekspor yang besar. Pada tahun 2019, Myanmar berhasil mengekspor kayu senilai USD 95,4 juta.
Tantangan Ekspor Myanmar di Tengah Pandemi Covid-19
Tantangan di tengah pandemi Covid-19 membuat hasil ekspor Myanmar tidak mencapai target yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang dihadapi Myanmar di tengah pandemi Covid-19:
1. Penurunan Permintaan
Pandemi Covid-19 membuat permintaan produk ekspor Myanmar menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya pembatasan sosial dan penutupan industri di berbagai negara. Myanmar harus mencari pasar baru untuk meningkatkan ekspor produknya.
2. Pelarangan Ekspor Kayu
Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa melarang impor kayu dari Myanmar. Hal ini membuat ekspor kayu Myanmar menurun drastis. Myanmar harus mencari alternatif produk untuk meningkatkan ekspor.
3. Ketergantungan pada Negara Tetangga
Myanmar masih tergantung pada negara tetangga seperti Tiongkok dan Thailand dalam hal ekspor. Hal ini membuat Myanmar harus mencari pasar baru untuk mengurangi ketergantungan pada negara tetangga dan meningkatkan ekspor produknya.
Upaya Meningkatkan Hasil Ekspor Myanmar
Myanmar harus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil ekspornya di tengah pandemi Covid-19. Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan Myanmar untuk meningkatkan hasil ekspor:
1. Mencari Pasar Baru
Myanmar harus mencari pasar baru untuk meningkatkan ekspor produknya. Pasar baru ini dapat ditemukan di negara-negara dengan permintaan yang tinggi seperti China, India, dan Rusia.
2. Mengembangkan Produk Baru
Myanmar harus mengembangkan produk baru untuk meningkatkan ekspornya. Produk baru ini dapat berupa produk olahan jagung, kopi, maupun kayu yang memiliki nilai tambah lebih tinggi.
3. Meningkatkan Kualitas Produk
Myanmar harus meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing dengan produk dari negara lain. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan teknologi produksi serta memperhatikan kualitas bahan baku.
Kesimpulan
Hasil ekspor Myanmar memiliki potensi besar dengan berbagai produk unggulan. Namun, tantangan di tengah pandemi Covid-19 membuat hasil ekspor Myanmar tidak mencapai target yang diharapkan. Myanmar harus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil ekspor seperti mencari pasar baru, mengembangkan produk baru, dan meningkatkan kualitas produk. Dengan melakukan upaya-upaya tersebut, diharapkan hasil ekspor Myanmar dapat meningkat dan berkontribusi positif pada perekonomian negara.