Daftar Paspor Elektronik Online 2023

Daftar Paspor Elektronik Online 2023

Apa itu Paspor Elektronik?

Paspor elektronik adalah jenis paspor yang memiliki chip elektronik yang menyimpan informasi pribadi pemegang paspor. Paspor ini juga dikenal sebagai ePaspor atau Biometric Paspor karena dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah.

Keuntungan Memiliki Paspor Elektronik

Memiliki paspor elektronik memberikan banyak keuntungan, antara lain:

  • Mempercepat proses imigrasi pada saat bepergian ke luar negeri.
  • Lebih aman dan sulit dipalsukan karena dilengkapi dengan teknologi keamanan tinggi.
  • Dapat digunakan untuk bepergian ke negara-negara yang mewajibkan menggunakan paspor elektronik.

Daftar Paspor Elektronik Online

Pada tahun 2023, pemerintah akan mewajibkan semua pemegang paspor untuk menggunakan paspor elektronik. Oleh karena itu, Anda harus segera mendaftar paspor elektronik online agar tidak terlambat.

  Paspor Visa 2023: Panduan Lengkap untuk Mengajukan Visa ke Negara Tujuan Anda

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendaftar paspor elektronik online:

1. Siapkan Dokumen-Dokumen yang Diperlukan

Sebelum melakukan pendaftaran paspor elektronik online, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi.
  • Akta Kelahiran asli dan fotokopi.
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
  • Kartu Pelayanan Publik (KPP) asli dan fotokopi.
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) asli dan fotokopi (jika ada).

2. Buat Akun di Website Resmi Imigrasi

Selanjutnya, buat akun di website resmi imigrasi dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka website resmi imigrasi di www.imigrasi.go.id.
  2. Pilih menu “Pendaftaran Paspor Elektronik Online”.
  3. Isi data diri yang diminta, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  4. Verifikasi akun Anda melalui email yang dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan.

3. Lakukan Pembayaran

Setelah membuat akun di website resmi imigrasi, Anda harus melakukan pembayaran biaya pengurusan paspor elektronik. Biaya pengurusan paspor elektronik belum ditentukan oleh pemerintah, namun diperkirakan akan sekitar Rp 1 juta.

  Cek Data Paspor TKI Malaysia 2023

Anda dapat melakukan pembayaran melalui Internet Banking atau ATM. Jika Anda tidak memiliki rekening bank, Anda dapat melakukan pembayaran di kantor pos atau bank yang bekerja sama dengan pemerintah.

4. Buat Janji Temu

Setelah melakukan pembayaran, buat janji temu dengan kantor imigrasi terdekat untuk melakukan proses pengambilan sidik jari dan wajah. Anda dapat memilih tanggal dan waktu yang sesuai dengan jadwal Anda.

Anda juga harus membawa dokumen-dokumen yang telah disiapkan sebelumnya pada saat melakukan janji temu.

5. Ambil Paspor Elektronik

Setelah proses pengambilan sidik jari dan wajah selesai, Anda akan diberikan tanda bukti pengambilan paspor elektronik. Paspor elektronik akan diterbitkan dalam waktu 14 hari kerja dan dapat diambil di kantor imigrasi yang sama di mana Anda melakukan proses pengambilan sidik jari dan wajah.

Anda harus membawa tanda bukti pengambilan paspor elektronik dan dokumen-dokumen yang diperlukan pada saat mengambil paspor elektronik.

Kesimpulan

Mendaftar paspor elektronik online merupakan langkah penting yang harus dilakukan pada tahun 2023. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah dan cepat mendaftarkan paspor elektronik online.

  Surat Keterangan Kerja Untuk Perpanjang Paspor 2023

Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan membayar biaya pengurusan paspor elektronik. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala dalam proses pendaftaran, jangan ragu untuk menghubungi kantor imigrasi terdekat.

admin