Cara Perpanjang SKCK Online Jakarta Timur

Cara Perpanjang SKCK Online Jakarta Timur

Apa itu SKCK?

SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dokumen ini berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal atau terlibat dalam aktivitas kejahatan. SKCK biasanya dibutuhkan dalam berbagai proses administrasi seperti melamar pekerjaan atau mengurus kepemilikan kendaraan. SKCK juga merupakan syarat wajib untuk mengajukan visa ke negara asing.

Cara Perpanjang SKCK Online di Jakarta Timur

Jika Anda berada di Jakarta Timur dan ingin memperpanjang SKCK, kini sudah bisa dilakukan secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Persiapkan Dokumen

Sebelum memulai proses perpanjangan SKCK online, pastikan Anda sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, pas foto, dan SKCK lama jika Anda sudah pernah membuat sebelumnya.

  Gambar SKCK 2023

2. Kunjungi Website Polri

Buka browser di laptop atau smartphone Anda, kemudian kunjungi website resmi Polri di alamat https://skck.polri.go.id.

3. Buat Akun

Jika Anda belum memiliki akun, klik tombol “Daftar” dan ikuti langkah-langkah pendaftaran. Jika sudah memiliki akun, klik tombol “Masuk” dan masukkan email dan password Anda.

4. Isi Formulir

Setelah berhasil masuk ke akun Anda, klik menu “Buat Permohonan SKCK Baru” dan isi formulir yang disediakan. Pastikan informasi yang Anda masukkan sudah benar dan jangan sampai ada kesalahan.

5. Unggah Dokumen

Setelah mengisi formulir, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya seperti KTP dan pas foto. Pastikan dokumen yang diunggah sudah dalam format yang sesuai dan memiliki ukuran yang sesuai dengan ketentuan.

6. Bayar Biaya Permohonan

Setelah dokumen diunggah, Anda akan diminta untuk membayar biaya permohonan. Pastikan Anda melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera dan tidak melakukan kesalahan saat memasukkan nomor rekening atau nominal pembayaran.

  Ukuran Foto Di SKCK: Semua yang Perlu Anda Ketahui

7. Tunggu Pengiriman SKCK

Jika semua proses sudah dilakukan dengan benar, Anda akan menerima email konfirmasi dari Polri yang memberitahukan bahwa SKCK Anda sedang dalam proses pembuatan. Tunggu beberapa hari hingga SKCK Anda selesai dibuat dan diantar ke alamat yang sudah Anda tentukan.

Kesimpulan

Memperpanjang SKCK di Jakarta Timur kini lebih mudah dengan adanya layanan online dari Polri. Anda tidak perlu repot datang ke kantor polisi dan menghabiskan waktu berjam-jam. Ikuti saja langkah-langkah di atas dan Anda bisa mendapatkan SKCK baru dalam waktu yang singkat.

admin