Cara Mengurus Visa ke Malaysia

Cara Mengurus Visa ke Malaysia

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Negara Malaysia untuk sekedar liburan, sudah ditetapkan aturan bebas visa. Meski demikian ada aturan masa tinggal yaitu minimal 30 hari saja atau menggunakan visa singel entry malaysia. Anda harus mengisi borang visa malaysia dan juga harus mengetahui cara daftar my travel pass malaysia. Jika warga negara asing ingin ke malaysia seperti wna india maka wna india harus mengurus persyaratan visa malaysia untuk India. Anda harus mentaati peraturan keimigrasian di malaysia supaya anda tidak kena blacklist. Mengurus blacklist tidak mudah karena harus membuat surat rayuan di imigrasi putra jaya

Baca juga : Legalisir Akta Kematian Kedutaan Malaysia

 

Cara Mengurus Visa Pelajar ke Malaysia

Meski demikian aturan ini tidak berlaku bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan para pelajar yang ingin melanjutkan studi ke Malaysia. Untuk pelajar, jangan lupa harus legalisir ijazah anda di kedutaan malaysia. Begitu pula jika anda mengikuti program visa pertukaran pelajar malaysia, anda harus tahu persyaratan urus visa Malaysia sebelum berangkat ke negara jiran malaysia. Inilah persyaratan visa belajar di malaysia yang harus anda urus sebelum anda terbang ke malaysia.

 

Mengurus Visa Kerja ke Malaysia

Untuk Calon TKI yang akan berangkat ke malaysia, jangan lupa untuk mengurus perjanjian kerja (PK) Malaysia atau employment contract supaya anda bekerja dengan legal. Jangan lupa jika anda ikut sponsor atau Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), tanyakan demand letter sebagai kantor resmi yang merekrut TKI. Anda bisa mencari informasi persyaratan visa TKI Malaysia bisa melalui kedutaan besar malaysia yang ada di jakarta. Anda juga bisa menggunakan biro jasa visa malaysia dan jasa legalisir dokumen malaysia yaitu PT Jangkar Global Groups. Kami juga menyediakan layanan translate bahasa malaysia ke indonesia maupun sebaliknya. Inilah persyaratan visa kerja malaysia yang harus anda ketahui sebelum berangkat ke malaysia.

 

Cara Mengurus Visa Perkawinan Campuran ke Malaysia

Selain itu kami juga melayani pengurusan dokumen perkawinan campuran seperti persyaratan menikah wni di malaysia atau persyaratan menikah wna malaysia di indonesia. Sebelum anda menikah, anda diwajibkan mengurus Certificate No Impedement (CNI) atau surat tidak ada halangan menikah dari kedutaan besar malaysia. Apabila anda ingin menikah di malaysia, wajib membuat taukil wali sebelum berangkat ke malaysia dan membuat cop pengesahan sijil nikah di KBRI Malaysia.

  Fiance Visa di Jepang : Visa Calon Suami/Istri di Jepang

 

Apabila status anda adalah duda/janda maka anda harus mengurus legalisir akta cerai dan legalisir surat keterangan belum menikah (SKBM) di kedutaan malaysia. Inilah persyaratan menikah wna malaysia sesama muslim di indonesia.Jika ada wna malaysia mau menikah di indonesia, jangan lupa membawa surat perakuan nikah dari pemerintah kota di malaysia. Lantas bagaimana jika calon pengantin kedua-duanya bukan islam ? Inilah persyaratan menikah non muslim di indonesia. Setelah WNA Malaysia menikah di indonesia, segera legalisir buku nikah ke kedutaan Malaysia di jakarta. Jika anda menikah resmi maka anda bisa mengurus visa ikut suami/istri malaysia. Anda nekad nikah siri, maka anda tidak bisa mengurus visa ikut suami.

Cara Mengurus Visa ke Malaysia

Sebelum lebih jauh membahas cara mengurus visa ke Malaysia, berikut ini kami berikan gambaran tentang tips urus visa malaysia. Seperti yang anda ketahui bahwa visa merupakan dokumen yang di terbitkan suatu Negara melalui perwakilan yang bisa di buatkan jasa pengurusan visa.

Baca juga : Legalisir Ijazah Malaysia di Kemenlu

Lalu apa fungsi visa? Karena menjadi dokumen penting maka Anda tidak bisa masuk atau keluar dari suatu Negara jika tidak memiliki visa. Sehingg dengan visa, bisa membantu suatu Negara menjaga keamanan negaranya dari hal-hal yang tidak di ingikan seperti tindakan terorisme.

Baca juga : COP PENGESAHAN SIJIL NIKAH MALAYSIA

 

mengurus visa

Bagi Anda yang ingin stay karena bekerja berikut cara membuat visa Malaysia sekaligus persyaratan mengurus visa.

SYARAT MENGURUS VISA  KE MALAYSIA KHUSUS PEKERJA

Layaknya mengurus paspor, maka mengurus visa juga butuh persyaratan yang wajib anda ikuti. Pasalnya, satu saja dokumen yang tidak terpenehu maka visa yang Anda inginkan tentu tidak akan dicetak dan Anda akan pulang dengan tangan kosong.

Baca juga : PERSYARATAN LEGALISIR BUKU NIKAH DI KEDUTAAN MALAYSIA

Meski demikian, sebelum mengurus visa, pastikan dulu perusahaan tempat kerja Anda ini legal karena perannya sangat anda butuhkan saat mengurus visa.

Sehingga, bukan hanya seorag tenaga kerja yang qualified, tetapi perusahaan yang menyediakan lowongan kerja atau yang aka mempekerjakan tenaga asing sudah terdaftar Malaysian Digital Economy Corporation (MDEC).

Baca juga : LEGALISIR AKTA PERKAWINAN DI KEDUBES MALAYSIA

SYARAT MENGURUS VISA

SYARAT MENGURUSNYA

Anda perlu memastikan perusahaan tempat Anda sudah resmi terdaftar di MDEC ini, maka perusahaan tersebut mengajukan permohonan pada MDEC Agar mengeluarkan VAL/Calling visa untuk calon pekerja asing.

Baca juga : LEGALISIR AKTA CERAI DAN SKBM DI KEDUTAAN MALAYSIA

Selanjutnya membuat single entry, karena pihak imigrasi bandara baru akan mengijinkan Anda masuk setelah memperlihatkan single entry visa dan VAL.

  Schengen Visa for Indonesian Passport Holders: A Complete Guide

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan seorang tenaga kerja asing bagi yang ingin bekerja di Malaysia adalah menyerahkan paspornya kepada kantor atau perusahaan tujuan bekerja. Sehingga nantinya, merekalah yang akan mengurus visa secara resmi.

Baca juga : PERSYARATAN VISA IKUT SUAMI MALAYSIA

pas kelulusan spa terapist malaysia

pas penggajian malaysia

Berikut ini sejumlah persyaratan dokumen yang harus disiapkan saat membuat visa khusus visa kerja ke Malaysia:

  1. Fc KTP (1 Lembar)
  2. Fc KK (1 Lembar)
  3. Foto ukuran 4 x 6 dengan background putih (1 Lembar)
  4. Lalu, mengisi formulir pendaftaran yang di sediakan di tempat pengurusan visa
  5. Print out VAL (Calling Visa)
  6. Passport asli
  7. KTP asli atau kartu tanda pengenal lainnya untuk mendapatkan izin akses masuk ke Menara Palma
  8. Biaya yang dikeluarkan saat pembuatan visa

Baca juga : BIRO JASA URUS VISA MALAYSIA

MEMBUAT VISA MALAYSIA

Langkah selanjutnya yang perlu di lakukan saat  membuat visa Malaysia khusunya visa kerja adalah mendatangi kantor pembuatan visa. Perlu Anda ketahui, bahwa pembuatan visa Malaysia ini bukan di kedutaan besar Malaysia, tetapi di Menara Palma.

Baca juga : Pertukaran Pelajar ke Malaysia

Untuk menemukan menara Palma tentu tidak sulit, karena Menara Palma berada di seberang Kedutaan besar Malaysia. Saat tiba di Menara Palma, Anda akan di mintai biaya atau Anda diharuskan dulu membayar biaya pembuatan visa ini.

Baca juga : LEGALISIR IJAZAH DI KEDUTAAN MALAYSIA

Khusus biaya pembuatan visa bagi pekerja maupun pelajar sebesar RM205 + ppn 10%. Biaya ini setara dengan Rp827 ribu. Bukan hanya biaya pembuatan, tetapi Anda akan di kenakan biaya visa sebesar Rp55 ribu. Sehingga total biaya yang harus di keluarakan saat membuat visa adalah Rp882 ribu.

Baca juga : Translate Bahasa Malaysia ke Indonesia

VISA MALAYSIA

Setelah membayar total tagihan di atas, selanjutnya berikan ke counter sejumlah dokumen persyaratan pembuatan visa yang telah Anda bawa. Lalu tunggu beberapa saat, karena nama Anda akan di panggil untuk pengecekan kembali dokumen-dokumen persyaratan pembuatan visa Malaysia khusus visa kerja maupun visa pelajar yang Anda urus.

Baca juga : Visa Pelajar Malaysia

Jika sudah lengkap semua dokumen yang di butuhkan, selanjutnya petugas akan memberikan bukti atau di kenal dengan acknowledgement receipt yang menyatakan bahwa permohonan visa Anda sudah diproses dan sudah dibayar.

Baca juga : Visa Singel Entry Malaysia

Menara Palma

Selanjutnya petugas akan memberi tahu soal kapan visa Anda akan selesai dan bisa di ambil. Biasanya proses pembuatan  visa berlangsung selama 3 hari kerja. Yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan acknowledgement receipt tersebut sebagai bukti ketika mengambil visa nantinya.

Baca juga : Legalisir surat nikah di Kedutaan Malaysia

SYARAT MENGURUS VISA KE MALAYSIA KHUSUS PELAJAR

Selain pekerja, mereka yang ingin melanjutkan studi ke Malaysia juga harus mengurus visa. Tentu saja dokumen persyaratan yang perlu di sediakan antara para pekerja dengan pelajar berbeda. Sebenarnya apa fungsi dari visa pelajar ini. Hampir sama dengan visa pada umumnya, visa ini di butuhkan sorang pelajar yang ingin melanjutkan sekolah atau kuliah di Malaysia.

Baca juga : Persyaratan Menikah WNI di Malaysia

Fungsinya juga hamper sama dengan visa pada umumnya. Yaitu sebagai izin tinggal di sebuah Negara yang di datangi yang bukan Negara asalnya.Khusus pelajar, berikut ini beberapa dokumen yang perlu di persiapkan saat ingin belajar di kampus yang ada di Malaysia.

Baca juga : Persyaratan Urus Visa Malaysia

SYARAT MENGURUS VISA KE MALAYSIA KHUSUS PELAJAR

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengirim formulir aplikasi serta dokumen yang relevan. Gunanya adalah mendapatkan student pass dengan universitas yang memiliki izin resmi dari Departemen Imigrasi Malaysia untuk merekrut mahasiswa Internasional.

  Carer Visa Offshore Subclass 116 - Merawat Keluarga di Australia

Dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain sebagai berikut.

  1. Foto ukuran paspor
  1. Siapkan fotokopi paspor / dokumen perjalanan.
  2. Menyediakan surat dari Universitas pilihan Anda yang menyatakan Anda diterima masuk.
  3. Adanya pernyataan kesanggupan secara finansial.
  4. Siapkan surat keterangan sehat.

Baca juga : Cop Pengesahan Sijil Kelahiran Malaysia

BIRO JASA VISA MALAYSIA

Langkah selanjutnya yang perlu di lakukan adalah memohon student pass. Setelah permohonan aplikasi di terima, maka pihak universitas akan membantu setiap pelajar yang bermohon student pass. Mereka akan melakukan permohonan di Departemen Imigrasi Malaysia.

Baca juga : Persyaratan Menikah WNA Malaysia

Untuk menjamin bahwa kamu Personal Bond atau memenuhi persyaratan imigrasi, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar RM500. Biaya beda Negara beda harga. Maksimal biaya RM1.500.

Baca juga : VISA KE MALAYSIA

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan approval letter atau surat pernyataan. Surat pernyataan ini berisi pernyataan bahwa kamu telah diterima dan akan dikeluarkan oleh kantor Departemen Imigrasi Malaysia. Pihak imigrasi ini akan memberikannya kepada universitas Anda.

Baca juga : Tips Urus Visa Malaysia

student pass

STUDENT PASS

Biasanya pihak universitas akan mengirimkan approval letter ini kepada Anda sewaktu Anda masih di Indonesia.

Meski demikian, sebelum berangkat ke Malaysia, kamu harus memberitahu port of entry (airport), flight number, arrival date and time ke Universitas Anda. Ini penting untuk memudahkan pihak universitas saat ada di bandara. Saat sampai di bandara Malaysia, biasanya perwakilan Universitas akan menjemput kamu di check point imigrasi Bandara Malaysia.

 

Selanjutnya visa akan diberikan. Selain visa, seorang pelajar juga akan mendapatkan Special Pass. Khusus special pass akan di terbitkan juga mengacu pada State Immigration Department terdekat untuk asuransi Student Pass ini.

Baca juga : Surat Kebenaran Berpoligami dari Jais Malaysia

Untuk mendapatkan sticker student pass biasanya baru akan di terima setelah dua minggu kedatangan Anda di Malaysia.

Pihak universitas tempat Anda mendaftar akan menyerahkan paspor kamu ke Immigration Department. Gunanya menempelkan stiker Student Pass. Proses ini biasanya membutuhkan 6-8 minggu.

Baca juga : Legalisir Transkrip Nilai Kedutaan Malaysia

sticker student pass

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor