Cara Mengurus SKCK Yang Sudah Mati

Apa itu SKCK?

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian sebagai bukti bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal. SKCK dibutuhkan dalam berbagai kepentingan seperti melamar pekerjaan, mengajukan visa, dan lain-lain.

Mengapa SKCK Diperlukan?

SKCK dibutuhkan untuk memperlihatkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal yang dapat membahayakan keamanan dan kenyamanan lingkungan sosial. Oleh karena itu, SKCK menjadi salah satu dokumen penting yang harus dimiliki bagi seseorang.

Bagaimana Cara Mengurus SKCK?

Untuk mengurus SKCK, biasanya seseorang harus mendatangi kantor kepolisian terdekat dengan membawa beberapa persyaratan. Namun, jika SKCK yang dimiliki sudah mati, maka berikut adalah cara mengurus SKCK yang sudah mati:

1. Membuat Surat Permohonan

Untuk mengurus SKCK yang sudah mati, seseorang harus membuat surat permohonan terlebih dahulu. Surat permohonan ini berisi informasi tentang nama, alamat, tanggal lahir, dan nomor KTP.

  Syarat Buat SKCK: Apa yang Harus Anda Ketahui

2. Melampirkan Dokumen Pendukung

Setelah membuat surat permohonan, seseorang harus melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, NPWP, dan surat keterangan domisili. Selain itu, seseorang juga harus melampirkan surat keterangan dari RT/RW setempat.

3. Membayar Biaya Administrasi

Untuk mengurus SKCK yang sudah mati, seseorang juga harus membayar biaya administrasi yang biasanya disesuaikan dengan kebijakan dari kepolisian setempat. Biaya administrasi ini juga dilengkapi dengan tanda bukti pembayaran.

4. Mengurus di Kantor Kepolisian Terdekat

Setelah melengkapi semua persyaratan, seseorang bisa mengurus SKCK yang sudah mati di kantor kepolisian terdekat. Pastikan membawa semua dokumen dan surat permohonan yang sudah disiapkan sebelumnya.

5. Menunggu Proses Verifikasi

Setelah mengurus SKCK yang sudah mati, seseorang harus menunggu proses verifikasi dari kepolisian. Proses verifikasi ini meliputi pengecekan data dan catatan kriminal yang dimiliki oleh seseorang.

Kesimpulan

Mengurus SKCK yang sudah mati sebenarnya tidak terlalu sulit jika seseorang dapat melengkapi semua persyaratan dan mengurusnya dengan tepat. Dalam mengurus SKCK yang sudah mati, pastikan semua dokumen dan surat permohonan sudah disiapkan dengan baik dan benar.

  Syarat Bikin SKCK Tanpa Akte Kelahiran
admin