COO Certificate of Origin Ekspor

COO certificate of origin EksporEkspor barang di Indonesia menjadi peluang usaha baru yang pelaku usahanya dari berbagai kalangan muda hingga tua. Bagi Anda yang baru ingin terjun ke dunia ekspor produk. Wajib mengetahui apa itu certificate of origin atau COO yang benar karena setiap eksportir wajib memegangnya.

Cara mendapatkan COO certificate of origin tidak banyak di ketahui dan di anggap ribet bagi eksportir pemula. Sedangkan COO menjadi syarat mutlak yang tidak bisa di gantikan dengan apapun. Yuk kita bahas Dapatkan COO certificate of origin

Cara Mendapatkan COO Certificate of Origin Untuk Ekspor

Peraturan COO certificate of origin

Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 24 Tahun 2018. Terkait dengan Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Asal dan Barang Asli Indonesia. Yang di maksud sebagai surat keterangan asal yakni dokumen yang bisa di pakai sebagai bukti ekspor barang. Surat COO akan menjelaskan bahwa barang yang akan di ekspor sudah memenuhi ketentuan asal. Barang Indonesia atau yang di sebut dalam bahasa Inggris rules of origin of Indonesia.

Bukan hanya eksportir individu saja yang mendapat kewajiban memegang COO. Namun juga perusahaan besar ketika melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Dokumen berisikan COO akan di lampirkan dari pengirim ketika melakukan pengiriman barang.

Berikut untuk penjelasan COO

Fakta di lapangan terkini kegiatan ekspor meningkat pesat. Sehingga ketika dokumen di sertakan lengkap akan semakin mudah lolos barang sampai ke luar negeri. Ada prosedur penerbitan COO yang wajib di ketahui, Berikut penjelasan Dapatkan COO certificate of origin lengkapnya ada di bawah ini.

  Batik Keris Ekspor: Memperkenalkan Kerajinan Khas Indonesia ke Dunia

3 Cara Mendapatkan COO Certificate of Origin

Tujuan adanya dokumen COO supaya para eksportir tidak mengirimkan barang dengan kualitas buruk. Memilih negara tujuan secara asal bahkan eksportir hanya karena ikutan trend pekerjaan menjanjikan, transaksi di pelabuhan. Juga bisa lebih tertata tidak ada kericuhan sampai penggelapan barang.

Berbicara mengenai Surat Keterangan Asal atau SKA yang menjadi kata lain bahasa Indonesia dari COO. Ada dua jenis, sejalan dengan yang tertulis dalam Pasal 2 UU 24/2018 yaitu:

Jenis COO certificate of origin

SKA Preferensi yakni jenis SKA/COO yang di jadikan sebagai syarat untuk mendapatkan prefersnsi. Surat ini sertakan dalam barang ekspor jenis tertentu. Mendapatkan fasilitas sejumlah pembebasan seluruh atau sebagian bea yang masuk akan di berikan kepada suatu negara atau kelompok negara tujuan. Wajar jika proses ini membutuhkan aturan pemerintahan Indonesia terlibat sehingga pengusaha atau individu tidak asal ekspor.

SKA Non Preferensi yakni jenis SKA yang fungsinya menjadi dokumen untuk mengawasi atau dokumen yang pakai identitas asal barang ekspor. Nantinya barang ini langsung terdeteksi apakah bisa masuk ke suatu negara tertentu atau tidaknya sejak ada di pelabuhan Indonesia. Secara tidak langsung individu atau pengusaha selaku eksportir tidak rugi karena barang bisa kembali. Ke lokasi pemilik jika tidak bisa masuk negara tujuan.

Cara Mendapatkan COO Certificate of Origin

Penerbitan COO

Banyak yang menganggap jika COO di buat dengan sulit. Padahal sangat mudah karena eksportir tidak perlu datang ke kantor tertentu tinggal mengajukan lewat website resmi yaitu e-SKA. 

Penerbitan suratnya nanti akan di lakukan secara elektronik sesuai dengan sifat pengajuannya yakni secara online. Mungkin bagi kalangan usia tua akan lebih sulit memahami prosedur ini. Maka pastikan ada anak muda yang membantu mulai dari pengisian formnya:

1. Masuk ke Menu Daftar COO certificate of origin

Pendaftaran akun agar bisa mendapat COO pertama cari terlebih dahulu website resmi yang menerbitkan surat SKA/COO. Jika sudah masuk dan pilih menu “daftar”. Otomatis Anda akan masuk ke halaman dengan formulir data lengkap mulai dari identitas hingga jenis ekspor barang. Isi bagian ini dengan benar tanpa menutupi sedikit pun. Saat registrasi pilih status apakah sebagai individu, perusahaan atau instansi.

  Komoditas Ekspor Adalah: Apa Itu dan Mengapa Penting?

 

Cara Membuat COO certificate of origin

 Isi nomor NIB pada kolom yang tersedia berisi lengkap dengan tanggal pembuatan NIB. Jangan lupa juga jika memiliki file scan posting ke kolom tersebut sehingga proses pendaftaran bisa di lakukan.

Selain NIB, NPWP juga wajib di lampirkan nomornya serta nomor izin usaha industri atau SIUP dan tanggalnya. Syarat ini harus di masukkan baik posisi Anda sebagai eksportir individu atau dari pihak pengusaha. Yang sudah memiliki tim untuk mengurus segala keperluan.

2. Tulis Lengkap Informasi Usaha COO certificate of origin

Cara mendapatkan COO certificate of origin selanjutnya adalah dengan melengkapi informasi jujur terkait usaha yang sedang di dalami. Pilih jenis usaha yang tepat dan juga nama usaha supaya proses verifikasinya bisa berjalan dengan lancar. Isi pula skala perusahaan mulai dari kecil sedang hingga besar. Menyesuaikan dengan jenis usaha Anda dan biasanya semakin lama berdiri akan semakin besar.

Apa Saja Persyaratan Cara Dapatkan COO Certificate of Origin

Alamat serta nomor telepon juga wajib di cantumkan dalam usaha yang akan di daftarkan. COO ini memiliki surat berlaku di mulai dari tanggal pembuatan. Apabila Anda posisinya hanya sebagai produsen butuh mencantumkan nama penanggung jawan, kantor dan alamatnya secara detail. Karena bisa saja ada pihak yang melakukan survey secara langsung ke lokasi tempat usaha. Yang sedang di daftarkan demi mengetahui kebenaran usahanya.

3. Konfirmasi Email COO certificate of origin

Proses terakhir jika pengisian data sudah selesai adalah konfirmasi dua kali penulisan kata sandi supaya meminimalisir adanya kesalahan dan kesulitan untuk log in. Masukkan kode keamanan dengan benar jika proses sudah selesai tinggal tekan tombol “register”. Tunggu sampai nama Anda sudah terdaftar resmi dalam sistem e-SKA di website KemendagRI. Setelah itu tinggal tunggu dan dapatkan COO di kantor IPSKA terdekat. Jika melakukan semua tahapan di atas di jamin surat akan keluar lebih cepat.

  Komoditas Ekspor Udang Indonesia

Meski sudah ada cara online di atas dengan prosedur mudah tapi banyak yang merasa lebih aman jika menggunakan jasa. Setidaknya jasa pembuatan COO bisa di ajak untuk melakukan di skusi soal bisnis ekspor yang sering mengalami perubahan peraturan. Karena ingin membuat bisnis ekspor bisa menguntungkan pengusaha dan pemerintah sekaligus membuka lahan pekerjaan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Butuh Konsultasi Pembuatan COO

Jasa  pembuatan  COO

Memilih jasa konsultasi pembuatan COO wajib selektif. Kenapa? Di Indonesia ada banyak jasa yang membuka jasa konsultasi. Tapi tidak memberikan solusi terbaik dan penanganan terbaik dalam pembuatan dokumen termasuk COO. Apalagi bisnis ekspor adalah bisnis menjanjikan dan peluang bisnis baru sejak maraknya market place dan aturan pemerintah. Untuk membuka transaksi jual barang luar negeri semakin mudah.

Jangan pusing mencari cara penyedia pembuatan COO karena ada Jangkar Global Groups yang menyediakan layanan konsultasi terbaik serta pengurusan COO. Untuk individu pengusaha atau instansi. Tenang saja, Jangkar Global Groups sudah berpengalaman sejak 2008 memberikan pelayanan jasa dan konsultasi. Sehingga ada banyak review kepuasan di laman resmi penyedia jasa sebagai tolak ukur seberapa kompeten Jangkar Groups dalam memberi pelayanan.

BIRO JASA MEMBUAT COO certificate of origin

Cara mendapatkan COO certificate of origin

atau yang biasa di sebut SKA menjadi jimat untuk para eksportir. Tanpa memegang dokumen penting berupa COO transaksi jual beli ke luar negeri bisa terhambat bahkann gagal.

Sayang sekali bukan, padahal bisa saja kualitas barang yang akan di ekspor sudah sesuai standar. Tapi karena kurang pengetahuan dan konsultasi ke Jangkar Groups maka COO. Tidak di pegang di tangan dan transaksi ekspor barang gagal begitu saja. Sekian penjelasan mengenai Dapatkan COO certificate of origin. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya Update informasi perkembangan order

Kemudian Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.

Selain itu Proses cepat dan akurat dan di jamin keasliannya.

Di sisi lain Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.

Terakhir Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa Saja Persyaratan Cara Dapatkan COO Certificate of Origin ?

Cara kirim dokumen persyaratan Cara Dapatkan COO Certificate of Origin. Bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups. Maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah menerima dengan baik dan langsung proses sesuai dengan keinginan client.

Adi