Cara Mendaftar Nomor Antrian Paspor 2023

Menyiapkan Dokumen Pendukung

Sebelum mendaftarkan nomor antrian paspor 2023, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen-dokumen pendukung terlebih dahulu. Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar nomor antrian paspor antara lain KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran.

Selain itu, jika kamu telah menikah, kamu juga perlu menyiapkan surat nikah atau akta perkawinan. Sedangkan untuk yang sudah memiliki anak, kamu perlu menyiapkan akta kelahiran anak.

Mengunjungi Kantor Imigrasi

Setelah menyiapkan dokumen-dokumen pendukung, langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor imigrasi terdekat. Pastikan kamu memilih kantor imigrasi yang memiliki layanan pembuatan paspor.

Pada saat kunjungan, pastikan kamu juga membawa fotokopi dokumen-dokumen pendukung yang telah kamu siapkan sebelumnya. Hal ini akan memudahkan proses pendaftaran nomor antrian paspor.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Saat sudah berada di kantor imigrasi, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran nomor antrian paspor. Pastikan kamu mengisi formulir dengan lengkap dan benar agar tidak terjadi kendala pada proses selanjutnya.

  Registrasi Paspor Online 2018: Cara Mudah dan Cepat

Pada formulir pendaftaran, kamu juga akan diminta untuk memilih jenis paspor yang akan kamu buat. Ada beberapa jenis paspor yang bisa kamu pilih, seperti paspor biasa, paspor diplomatik, dan paspor dinas.

Pembayaran Biaya Pendaftaran

Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran. Besar biaya pendaftaran paspor bisa berbeda-beda tergantung jenis paspor yang kamu pilih.

Untuk paspor biasa, biaya pendaftaran biasanya berkisar antara 355 ribu hingga 655 ribu rupiah. Sedangkan untuk paspor diplomatik, biaya pendaftaran bisa mencapai 2 juta rupiah.

Verifikasi Data

Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi data. Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk menunjukkan dokumen-dokumen pendukung yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Setelah data kamu diverifikasi, kamu akan diberikan nomor antrian paspor yang akan digunakan untuk proses pembuatan paspor selanjutnya.

Kesimpulan

Mendaftar nomor antrian paspor 2023 bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor imigrasi terdekat dan menyiapkan dokumen-dokumen pendukung. Pastikan kamu mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar serta membayar biaya pendaftaran secara tepat.

  Paspor Online Malang 2023: Cara Mudah Mengurus Paspor untuk Keperluan Luar Negeri

Dengan mengikuti prosedur yang benar, kamu bisa mendapatkan nomor antrian paspor dengan mudah dan lancar.

admin