Cara Memperpanjang SKCK Yang Sudah Mati 3 Tahun

Cara Memperpanjang SKCK Yang Sudah Mati 3 Tahun

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang biasa disingkat menjadi SKCK merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan dalam berbagai hal, seperti melamar pekerjaan, mendaftar kuliah, dan sebagainya. Namun, SKCK yang sudah mati atau melebihi masa berlakunya tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan SKCK yang masih valid, kamu bisa memperpanjangnya. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memperpanjang SKCK yang sudah mati 3 tahun.

1. Siapkan Persyaratan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk memperpanjang SKCK. Persyaratan yang biasa diminta antara lain adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SKCK lama
  • Surat Permohonan Perpanjangan SKCK
  • Pas photo berwarna terbaru

Pastikan bahwa persyaratan yang kamu siapkan sudah lengkap dan sesuai dengan yang diminta. Selain itu, pastikan juga bahwa pas photo yang kamu gunakan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  SKCK KTP Luar Daerah

2. Datang ke Kantor Polisi

Langkah selanjutnya adalah datang ke kantor polisi terdekat untuk memperpanjang SKCK. Kamu bisa menanyakan informasi mengenai prosedur perpanjangan SKCK kepada petugas yang bertugas di sana.

Selain itu, kamu juga harus mengisi formulir permohonan perpanjangan SKCK dan membayar biaya administrasi yang sudah ditentukan. Biaya administrasi yang harus kamu bayar biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000, tergantung daerah dan kebijakan masing-masing kantor polisi.

3. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah kamu mengajukan permohonan perpanjangan SKCK, petugas akan melakukan verifikasi terhadap data yang kamu berikan. Proses verifikasi ini biasanya memakan waktu beberapa hari hingga satu minggu, tergantung kebijakan masing-masing kantor polisi.

Jika data yang kamu berikan sudah terverifikasi dengan benar, maka kamu akan mendapatkan SKCK yang baru dengan masa berlaku yang sama dengan SKCK lama kamu. Namun, jika terdapat kesalahan atau ketidakcocokan data, maka permohonan perpanjangan SKCK kamu bisa ditolak.

4. Ambil SKCK Baru

Jika permohonan perpanjangan SKCK kamu sudah disetujui, maka kamu bisa mengambil SKCK baru di kantor polisi tempat kamu mengajukan permohonan. Biasanya, SKCK baru bisa diambil setelah kamu membayar biaya cetak SKCK yang sudah ditentukan.

  Bikin SKCK Malang: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah kamu mendapatkan SKCK baru, pastikan untuk menyimpannya dengan baik dan jangan sampai SKCK tersebut melebihi masa berlakunya.

Demikianlah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memperpanjang SKCK yang sudah mati 3 tahun. Dengan memperpanjang SKCK, kamu bisa menggunakan dokumen ini dalam berbagai keperluan dengan lebih mudah dan nyaman.

admin