Cara Kirim Teripang Via Udara

Cara Kirim Teripang Via Udara – Kali ini Jangkar Group akan membahas bagaimana cara kirim teripang via udara ke luar negeri. Teripang kering memiliki peminat yang cukup tinggi di pasar ekspor karena manfaatnya yang sangat bagus untuk kecantikan hingga kesehatan. Jadi bagi Anda yang tertarik untuk mengekspor teripang maka simak baik-baik pembahasan kali ini.

Cara Kirim Teripang Via Udara Melalui Cargo Pesawat

Teripang Memiliki Nilai Jual Tinggi dan Cara Kirim Teripang Via Udara

Teripang merupakan hewan lunak yang sejak dulu sudah di jadikan kudapan istimewa karena di percaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Karena manfaatnya yang besar, maka teripang kering di pasar ekspor harganya mencapai jutaan rupiah dan bahkan puluhan juta per kilonya.

Beberapa manfaat teripang antara lain adalah untuk dijadikan obat kuat, sebagai obat kulit, untuk kecantikan karena mengandung kolagen yang sangat tinggi, sebagai obat kanker karena mengandung sitotoksik yang mampu melawan sel kanker, sebagai obat penyakit jantung dan masih banyak lagi lainnya.

Jepang, China, Hongkong dan Taiwan merupakan negara tujuan ekspor teripang terbesar saat ini karena jumlah permintaannya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.Biasanya teripang kering akan di olah menjadi bahan obat-obatan dan bahan pembuatan produk kecantikan.

  IDUL FITRI 1435 H

Teripang Memiliki Nilai Jual Tinggi Cara Kirim Teripang Via Udara

Jenis Teripang dan Cara Kirim Teripang Via Udara

Berikut ini adalah beberapa jenis teripang dengan nilai harga jual yang cukup mahal karena biasa di manfaatkan untuk produk kecantikan:

  1. Teripang Pasir
  2. Teripang Merah
  3. Teripang Koro
  4. Teripang Gamat
  5. Teripang Coklat
  6. Teripang Hitam
  7. Teripang Nanas
  8. Teripang Pandan

jenis teripang dengan nilai harga jual yang cukup mahal Cara Kirim Teripang Via Udara

Cara Pengeringan Teripang dan Cara Kirim Teripang Via Udara

Agar bisa di jual ke luar negeri atau ekspor teripang biasanya di keringkan supaya lebih awet dan mutunya tetap terjaga. Biasanya nelayan tradisional masih menggunakan cara-cara sederhana sehingga produk yang di hasilkan kurang berkualitas.

Berikut ini adalah cara pengeringan teripang yang baik dan benar sehingga teripang kering bisa memiliki kualitas yang bagus dan pada akhirnya harga jualnya juga akan naik.

cara pengeringan teripang yang baik dan benar Cara Kirim Teripang Via Udara

1. Pemilihan Bahan Baku dan Cara Kirim Teripang Via Udara

Teripang kering berkualitas tinggi tentu di hasilkan dari bahan baku yang baik pula. Oleh sebab itu penting sekali memilih teripang yang hidup di perairan bersih karena teripang cenderung lebih suka hidup di bagian dasar air sehingga kemungkinan besar bisa tercemar logam berat seperti timbal, merkuri, dan cadmium.

Pemilihan Bahan Baku Cara Kirim Teripang Via Udara

2. Isi Perut Di bersihkan

Bagian isi perut teripang di bersihkan saat kondisi teripang masih mentah atau setelah di rebus. Setelah isi perut berhasil di keluarkan, segera cuci hingga bersih dan semua dinding-dinding perut tidak ada lagi darah atau sisa kotoran.

Cara Kirim Teripang Via Udara

3. Perebusan

Perebusan di lakukan agar tekstur teripang menjadi lebih kenyal dan memberikan rasa asin dengan cara menaburkan garam. Garam juga mampu mencegah tumbuhnya bakteri pembusuk sehingga teripang menjadi lebih awet. Perebusan biasanya di lakukan selama 20 sampai 30 menit.

Perebusan dilakukan agar tekstur teripang menjadi lebih kenyal Cara Kirim Teripang Via Udara

4. Pengasapan

Proses pengasapan bertujuan untuk menurunkan kadar air dan memberikan aroma yang khas. Proses pengasapan di lakukan di ruangan khusus berbentuk lemari selama 10 sampai 20 jam dengan suhu 60 sampai 80 derajat. Pengasapan menggunakan metode tradisional sangat tidak di sarankan karena bisa membuat Anda kesulitan dalam mengontrol suhu.

  Layanan Apostille Kemenkumham online

Suhu yang tidak terkontrol dengan baik bisa membuat kualitas teripang menjadi menurun dan teripang terkena kotoran atau terkena kontaminasi dari lingkungan di sekitar pengasapan. Di samping itu, metode tradisional juga kurang efisien karena banyak asap yang terbuang.

pengasapan dilakukan di ruangan khusus Cara Kirim Teripang Via Udara

5. Pengeringan

Langkah terakhir yaitu tahap pengeringan. Proses pengeringan teripang yang bertujuan untuk menurunkan kadar air yang bisa dilakukan di bawah terik matahari atau menggunakan mesin pengering khusus.

Jika mengandalkan terik matahari maka teripang akan kering setelah dua sampai tiga hari. Sedangkan untuk pengeringan mekanis biasanya teripang dikeringkan dengan suhu sekitar 50 derajat celcius.

Proses pengeringan harus dilakukan secara benar supaya semua kadar air bisa keluar dengan sempurna tidak hanya di bagian luarnya saja tapi juga sampai ke bagian tengahnya. Hal itu bertujuan agar teripang tidak mudah rusak dan tetap terjaga kualitasnya.

pengeringan teripang yang bertujuan untuk menurunkan kadar air Cara Kirim Teripang Via Udara

Cara Mengirim Teripang Melalui Pesawat

Setelah Anda berhasil menciptakan produk teripang kering  berkualitas tinggi maka produk tersebut siap untuk dijual ke luar negeri dengan harga yang cukup mahal. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat ingin mengirim teripang melalui pesawat.

Cara Kirim Teripang Via Udara

1. Mempersiapkan Produk yang Akan Di ekspor dan Cara Kirim Teripang Via Udara

Pertama carilah maskapai yang memberikan tarif paling murah untuk mengirim barang ke negara tujuan ekspor. Selanjutnya packing teripang kering dengan rapi dan pastikan teripang tidak rusak selama di perjalanan.

Jangan lupa juga buatlah komersial invoice-nya. Siapkan juga surat legalitas ekspor seperti NPWP perusahaan, API-U NIB, packing instruction dan dapatkan schedule eta/etd barang kargo internasional.

Mempersiapkan Produk yang Akan Diekspor Cara Kirim Teripang Via Udara

2. Menyiapkan Dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang dan Cara Kirim Teripang Via Udara

Saat ingin melakukan ekspor barang ke luar negeri Anda harus menyiapkan dokumen pemberitahuan ekspor barang atau PEB. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan PEB dan selanjutnya NPE nota pelayanan ekspor.

  • Pertama-tama Anda harus mengirimkan data legalitas ekspor barang ke PPJK lewat email. Dokumen-dokumen yang perlu dikirimkan antara lain adalah NPWP Perusahaan, API-U Online, TDP NIB Online dan SIUPT NB.
  • Selanjutnya kirim salinan dokumen packing list, schedule pesawat, invoice dan nomor Airwaybill
  • Setelah mendapatkan draft data PEB periksa dengan teliti dan seksama
  • Setelah di teliti dengan seksama instruksikan pihak PPJK untuk mengirimkan data PEB
  • Selanjutnya Anda akan mendapat NPE Nota pelayanan ekspor dari pihak Bea Cukai
  • Setelah mendapat NPE Anda bisa mengirim barang yang akan di ekspor ke gudang cargo udara
  Jasa Pengurusan Sertifikat TKDN Murah

Menyiapkan Dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang Cara Kirim Teripang Via Udara

3. Barang masuk ke gudang Ekspor di bandara dan Cara Kirim Teripang Via Udara

Nota pelayanan ekspor atau NPE yang di terbitkan oleh Bea Cukai merupakan dokumen resmi bahwa produk yang ingin Anda ekspor secara resmi dapat dikirim ke negara tujuan. Langkah berikutnya yaitu Anda harus memasukkan cargo tersebut menuju gudang custom area.

Barang masuk ke gudang Ekspor di bandara Cara Kirim Teripang Via Udara

4. Proses Barang Masuk ke Cargo Pesawat dan Cara Kirim Teripang Via Udara

  • Pertama-tama Anda harus memberitahukan pada pihak maskapai cargo udara bahwa kargo ekspor milik Anda telah sampai di gudang ekspor
  • Selanjutnya masukkan cargo ke dalam gudang X-Ray yang biasanya akan di kenakan tarif. Untuk pembayaran tarif tersebut di lakukan di bagian kasir gudang.
  • Setelah produk yang ingin Anda ekspor selesai melewati proses x-ray selanjutnya barang tersebut akan di masukkan ke dalam gudang penampungan lalu di timbang dan di hitung jumlah kemasan bersama-sama dengan petugas Bea Cukai dan petugas gudang.
  • Selanjutnya buatlah Airwaybill lalu cetak M-AWB
  • Sebelum barang di kirimkan ke negara tujuan biasanya kargo tersebut akan di simpan dulu di gudang untuk sementara waktu sambil menunggu jadwal keberangkatan
  • Dokumen seperti packing list, M-AWB dan invoice berikan ke pihak kantor maskapai penerbangan supaya dikirim ke negara tujuan ekspor
  • Setelah produk yang Anda ekspor melalui cargo pesawat dan sudah berangkat sesuai jadwal, jangan lupa beritahukan kepada buyer dengan cara mengirimkan salinan dokumen commercial invoice, M-AWB dan packing list melalui email.

Proses Barang Masuk ke Cargo Pesawat Cara Kirim Teripang Via Udara

Itulah cara kirim teripang via udara ke luar negeri melalui cargo pesawat. Anda bisa mencoba mengirim barang ke luar negeri melalui cargo pesawat dengan langkah-langkah di atas.

Namun jika Anda tidak ingin repot mengurus segala dokumennya maka bisa mempercayakan Jangkar Group untuk proses pengiriman produk-produk yang ingin Anda ekspor.

Adi