Cara Ekspor Lobster Air Tawar

Cara Ekspor Lobster Air Tawar – Lobster air tawar punya pasar penikmatnya sendiri di Indonesia bahkan sampai ke pasaran luar negeri. Pasalnya beberapa orang lebih menyukai lobster air tawar yang rasanya lebih gurih dan kaya manfaat . Dibandingkan dengan lobster air laut, di samping itu tingkat kolesterolnya juga lebih rendah. Karena melihat ada peluang di pasar internasional maka banyak eksportir mencari tahu cara ekspor lobster air tawar.

Permintaan lobster air tawar di pasar internasional cukup stabil, pesaingnya di Indonesia terbilang masih sedikit. Lobster air tawar di kenal oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2000. Penampilannya cantik dan dulu lobster jenis ini hanya di gunakan sebagai penghias aquarium bukan untuk dikonsumsi. Bentuknya seperti udang losbster air laut dan sangat minim perbedaan antara keduanya.

Cara Ekspor Lobster Air Tawar Khusus Pemula

3 Cara Ekspor Lobster Air Tawar

Bagi yang baru masuk dunia ekspor . Mungkin mulai bertanya-tanya bagaimana cara melakukan agar laris manis di pasaran internasional. Pasalnya berjualan ke pasar internasional memiliki banyak aturan berbeda dengan penjualan di pasar dalam negeri dari segala sisi. Bukan hanya takut rugi eksportir pemula kebanyakan takut apa yang di lakukan. Ternyata melanggar aturan, berikut ini cara ekspor yang tepat untuk lobster air tawar:

  Harga Kopi Ekspor: Fakta, Trend, dan Analisis Terkini

1. Cari Target Negara Tujuan Cara Ekspor Lobster Air Tawar

Coba cari negara tujuan untuk ekspor, sejauh ini pasar Indonesia paling mudah adalah menjangkau negara-negara asia. Karena jarak dengan Indonesia yang tidak terlalu jauh maka dalam perjalanan pengiriman lobster air tawar minim risiko . Dan kualita lobster bisa sampai ke negara tujuan sesuai dengan kondisi yang di minta. Biasanya negara-negara yang memesan lobster juga memberi ketentuan ukuran lobster dan beratnya tiap satuan.

2.  Pengurusan Dokumen Cara Ekspor Lobster Air Tawar

Bukan hanya lobster yang sudah tumbuh namun Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP . Juga memberikan syarat khusus untuk ekspor benih lobster . Sesuai dengan regulasi yang berlaku. Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020 memberikan aturan khusus . Untuk beberapa jenis hewan konsumtif termasuk lobster di wilayah Indonesia.

Dalam aturan tersebut eksportir punya kewajiban untuk menjalankan budidaya lobster secara lanjutan dan melakukan pelepasliaran lobster sebesar 2% dari hasil budidaya. Eksportir juga wajib mendapatkan Surat Keterangan telah menjalankan budi daya dengan mengajukannya langsung kepada Direktur Jenderal, berikut ini dokumen yang wajib di lampirkan:

  • Surat penetapan sebagai pembudidaya lobster.
  • Surat penetapan menjadi eksportir lobster dari Direktur Jenderal yang bergerak di bidang perikanan tangkap.
  • Kontrak kerja atau perjanjian kerjasama bersama masyarakat atau pembudidaya setempat dengan kelengkapan dokumen berita acara pelepasliaran lobster dengan kesaksian dan tanda tangan kedinasan setempat, surat keterangan asal benih dari dinas setempat dan laporan budadaya lobster yang di dalamnya ada informasi produksi.

3. Proses Packaging Cara Ekspor Lobster Air Tawar

Agar aman saat di periksa pengirimannya harus punya izin muatan barang serta yang di pakai untuk memuat harus sudah steril dari hama. Proses ini akan di pantau dan di terbitkan surat resmi jika sudah di perlukan, untuk proses packaging pengiriman yang aman lobster air tawar tidak boleh dalam keadaan desak-desakan dan wajib ada rongga untuk oksigen sehingga lobster tetap aman selama di perjalanan.

  Laporan Surveyor Ekspor: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk Ekspor

Tak jarang dalam pengemasan lobster ini di berikan es batu di beberapa sudut kotak pembungkus supaya bisa menghambat metabolisme lobster. Terhambatnya metabolism akan membuat lobster bisa bergerak lebih lambat dari biasanya. Cara pengemasan antara jalur darat dan udara berbeda. Karena sejauh ini pemesan masih dari negara bagian Asia maka pengiriman lebih sering menggunakan jalur darat.

"Keuntungan Cara Ekspor Lobster Air Tawar

Tak menutup kemungkinan bagi eksportir baru langsung mendapat pasar di luar Asia. Pasalnya Indonesia sedang mentarget lobster air tawar menjangkau pasar Amerika. Untuk perjalanan jauh menggunakan pesawat lobster wajib memiliki sirkulasi udara sehingga dalam pengemasannya di berikan bolongan agar pergantian udara tetap bisa di lakukan. Salah pengemasan bisa membuat lobster mati di jalan dan negara penerima mengembalikannya lagi ke Indonesia.

Keuntungan Bisnis Ekspor Lobster Air Tawar

Sudah di jelaskan sebelumnya jika bisnis lobster air tawar pesaingnya belum terlalu banyak di Indonesia. Jumlah peminatnya terus bertambah sedangkan yang membudi dayakannya masih terlalu minim. Itulah kenapa sangat di sarankan bagi eksportir pemula  memilih lobster air tawar sebagai lahan bisnisnya meski butuh pengurusan dokumen yang tidak mudah.

Modal utama untuk mulai bisnis ekspor lobster air tawar adalah Anda memiliki budi dayanya sendiri dengan modal kisaran Rp3 juta saja. Modal ini di gunakan untuk membeli dua set indukan lobster dan membuat kolam sebagai bibitnya, tiap satu set terdiri dari enam betina dan empat jantan lalu buat kolam sekitar 6 m2 harga kolamnya sendiri kisaran Rp600.000 sampai dengan Rp800.000 yang cukup untuk menampung enam set indukan.

"Solusi Cara Ekspor Lobster Air Tawar

Dari segi modal para pebisnis sudah untung besar karena tidak perlu sampai puluhan juta. Cara merawat bibit lobster air tawar juga tergolong mudah karena Anda hanya perlu memberikan makan pelet setoap hari atau bahkan untuk bibit yang ukurannya sampai dengan 3 cm hanya perlu di beri lumut alami yang ada di kolam. Memang merawat lobster tidak mudah karena rawan stres bagi lobster dan cepat menular jika satu mati.

  Pabrik Minyak Hati Ikan Hiu | Manfaat Squalene

Di balik keuntungan di atas ada tantangan bagi eksportir lobster air tawar berupa cuaca yang tak menentu. Efek cuaca bisa memberi dampak buruk untuk pemilik bisnis ekspor sehingga lobster tidak tumbuh dengan baik dan kualitasnya tidak sesuai dengan pesanan. Jadi, di balik keuntungan besar dari ekspor lobster air tawar ada kerugian yang mengancam. Cara ekspor lobster air tawar wajib di lakukan secara benar supaya meminimalisir kerugian.

Solusi Ekspor Lobster Air Tawar Agar Aman

Tidak hanya fokus kepada kualitas lobster yang Anda miliki namun ekspor lobster air tawar ini wajib Anda perhatikan juga dokumen penunjangnya. Ada banyak dokumen yang menyulitkan bagi eksportir khususnya pemula sehingga sangat masuk akal jika eksportir pemula membutuhkan jasa konsultan supaya bisa mendapatkan solusi terbaik ekspor lobster air tawar sekaligus rekomendasi jasa jika dibutuhkan.

Tenang saja jika Anda merupakan eksportir pemula kami punya solusi konsultan terbaik sekaligus bisa mengurus dokumen ekspsor lobster air tawar yakni Jangkar Global Groups. Punya pengalaman 10 tahun lebih di bidang pengurusan berkas ekspor, visa dan sejenisnya membuat Jangkar Global Groups menjadi jasa paling dipercaya. Bahkan dengan memilih jasa kami Anda bisa terhindar dari penipuan.

Uang biaya jasa bisa dibayarkan di akhir ketika proses pemberkasan atau perizinannya sudah keluar. Jangkar Global Groups memberikan tawaran harga jasa kompetitif sehingga pengguna jasa bisa mendapat keuntungan lebih besar ketika ingin melakukan bisnis ekspor lobster air tawar. Cara ekspor lobster air tawar di atas serta dokumen yang diperlukan wajib Anda siapkan terlebih dahulu supaya bisnis Anda berjalan dengan lancar dan minim kerugian.

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Selanjutnya, Perusahaan di di rikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

  Transit Visa To China

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor