Bikin Baru SKCK: Proses Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

Pendahuluan

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian untuk menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal. SKCK dapat diminta saat melamar pekerjaan, mengurus visa, atau saat melakukan kegiatan yang membutuhkan keamanan tinggi. SKCK harus diperbarui setiap satu tahun sekali dan harus dikeluarkan oleh kantor polisi terdekat. Namun, proses membuat SKCK seringkali terasa sangat ribet dan memakan banyak waktu. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara bikin baru SKCK dengan mudah dan cepat tanpa ribet.

Persyaratan untuk Membuat SKCK Baru

Sebelum membahas tentang cara bikin baru SKCK, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, pemohon harus berusia di atas 17 tahun. Kedua, pemohon harus mengisi formulir permohonan SKCK yang dapat diunduh dari situs web kepolisian atau dapat diambil langsung di kantor polisi. Pemohon juga harus membawa dokumen seperti KTP, kartu keluarga, dan surat pernyataan dari tempat tinggal. Selain itu, pemohon juga harus membawa biaya administrasi sebesar 50 ribu rupiah.

  Ukuran Foto Sidik Jari SKCK

Cara Bikin Baru SKCK

Setelah persyaratan terpenuhi, langkah pertama untuk membuat SKCK baru adalah mengajukan permohonan di kantor polisi terdekat. Pemohon dapat mengambil nomor antrian dan menunggu giliran untuk di panggil. Setelah itu, pemohon akan diminta untuk mengisi formulir permohonan dan menyerahkan dokumen pendukung. Kemudian, petugas akan memeriksa dokumen dan mengambil sidik jari dan foto pemohon untuk proses verifikasi.Setelah proses verifikasi selesai, pemohon akan diminta untuk membayar biaya administrasi sebesar 50 ribu rupiah. Setelah pembayaran selesai, pemohon akan diberikan surat keterangan yang menyatakan bahwa permohonan SKCK telah diterima dan sedang dalam proses verifikasi. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 14 hari kerja.Setelah SKCK selesai diterbitkan, pemohon dapat mengambilnya di kantor polisi terdekat dengan menunjukkan surat keterangan yang diterima sebelumnya dan membawa identitas diri yang asli. SKCK biasanya dikeluarkan dalam bentuk fisik dan dapat digunakan sesuai keperluan.

Keuntungan Membuat SKCK Baru

Membuat SKCK baru memiliki beberapa manfaat, terutama saat melamar pekerjaan atau mengurus visa. SKCK dapat menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal dan dapat memberikan kepercayaan pada pihak yang meminta SKCK. Selain itu, membuat SKCK baru juga dapat menjadi bukti bahwa seseorang merupakan warga negara yang taat hukum dan dapat diandalkan.

  Apakah Bisa Membuat SKCK Tanpa Surat Pengantar?

Kesimpulan

Proses bikin baru SKCK memang terkadang memakan waktu dan terasa ribet. Namun, dengan memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur yang benar, proses ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. SKCK dapat menjadi bukti bahwa seseorang merupakan warga negara yang taat hukum dan dapat diandalkan dalam berbagai kegiatan. Oleh karena itu, pastikan SKCK selalu diperbarui setiap satu tahun sekali untuk memperoleh manfaat yang lebih besar.