Berapa Lama Proses Visa Pelajar Australia?

Berapa Lama Proses Visa Pelajar Australia?

Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di Australia, maka proses mendapatkan visa pelajar akan menjadi salah satu tahapan yang harus kamu lewati. Namun, sebelum memulai proses pengajuan visa, kamu perlu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa pelajar Australia.

Jenis Visa Pelajar Australia

Sebelum membahas berapa lama proses visa pelajar Australia, kamu perlu mengetahui jenis visa pelajar yang tersedia di Australia. Ada beberapa jenis visa pelajar yang bisa kamu ajukan, antara lain:

  • Student Visa (subclass 500)
  • Training Visa (subclass 407)
  • Temporary Graduate Visa (subclass 485)
  • Student Guardian Visa (subclass 590)

Setiap jenis visa pelajar memiliki persyaratan yang berbeda-beda, sehingga kamu perlu memilih visa yang sesuai dengan tujuan studi kamu di Australia.

Proses Pengajuan Visa Pelajar Australia

Setelah memilih jenis visa pelajar yang sesuai, kamu bisa memulai proses pengajuan visa pelajar Australia. Berikut adalah tahapan dalam proses pengajuan visa pelajar Australia:

  1. Mengisi formulir online
  2. Menyediakan dokumen pendukung, seperti passport, surat penerimaan dari universitas, dan sertifikat bahasa Inggris
  3. Membayar biaya aplikasi visa
  Visa Schengen Belgia - Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Visa Schengen Belgia

Setelah semua dokumen dan biaya aplikasi visa telah disiapkan, kamu bisa mengirimkan aplikasi visa ke DIBP (Department of Immigration and Border Protection). Proses verifikasi dokumen bisa memakan waktu beberapa minggu, tergantung pada jenis visa yang kamu ajukan dan kelengkapan dokumen yang kamu sertakan.

Durasi Proses Visa Pelajar Australia

Durasi proses pengajuan visa pelajar Australia berbeda-beda tergantung pada jenis visa yang kamu ajukan. Berikut adalah perkiraan durasi proses visa pelajar Australia:

  • Student Visa (subclass 500): 25 hari – 2 bulan
  • Training Visa (subclass 407): 2 – 6 minggu
  • Temporary Graduate Visa (subclass 485): 4 – 6 bulan
  • Student Guardian Visa (subclass 590): 2 – 4 minggu

Perkiraan durasi proses visa pelajar di atas dapat berubah-ubah tergantung pada situasi dan kondisi di DIBP. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memulai proses pengajuan visa pelajar Australia secepat mungkin agar memiliki cukup waktu untuk menunggu proses visa selesai.

Kesimpulan

Mendapatkan visa pelajar Australia memang membutuhkan waktu dan usaha, namun hal tersebut akan terbayar lunas ketika kamu berhasil melanjutkan studi di salah satu universitas terbaik di dunia. Pastikan kamu memilih jenis visa yang sesuai dan memulai proses pengajuan visa pelajar Australia secepat mungkin agar kamu memiliki cukup waktu untuk menunggu proses visa selesai. Semoga berhasil!

  482 Visa Latest News For Offshore

admin