Berapa Lama Pembuatan Paspor TKI 2023?

 

Paspor merupakan dokumen resmi yang diperlukan bagi warga negara Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri. Bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri, paspor menjadi dokumen yang sangat penting karena tanpa paspor, mereka tidak bisa bekerja di luar negeri secara legal. Pada artikel ini, kita akan membahas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat paspor bagi TKI pada tahun 2023.

Proses Pembuatan Paspor

Proses pembuatan paspor untuk TKI pada tahun 2023 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Prosesnya masih sama, yaitu melalui Kantor Imigrasi terdekat di wilayah masing-masing. Namun, ada beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi dan disediakan sebelum memulai proses pembuatan paspor. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli dan fotokopi.
  • Sertifikat pelatihan kerja dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang terakreditasi.
  • Bukti pembayaran Biaya Pengelolaan Paspor (BPP) melalui bank yang ditunjuk.
  Cara Memiliki Paspor 2024

Waktu Pembuatan Paspor

Setelah semua dokumen yang diperlukan telah lengkap, proses pembuatan paspor akan dimulai. Waktu pembuatan paspor untuk TKI pada tahun 2023 membutuhkan waktu sekitar 7-14 hari kerja. Namun, waktu tersebut dapat berubah tergantung pada kondisi dan situasi di Kantor Imigrasi yang bersangkutan.

Biaya Pembuatan Paspor

Biaya pembuatan paspor untuk TKI pada tahun 2023 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah rincian biaya yang harus dikeluarkan bagi TKI yang ingin membuat paspor:

  • Biaya Paspor Biasa: Rp355.000,-
  • Biaya Paspor Elektronik: Rp655.000,-

Kesimpulan

Proses pembuatan paspor bagi TKI pada tahun 2023 membutuhkan waktu sekitar 7-14 hari kerja. Namun, waktu tersebut dapat berubah tergantung pada kondisi dan situasi di Kantor Imigrasi yang bersangkutan. Selain itu, TKI juga harus mempersiapkan dan menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan serta membayar biaya yang telah ditentukan. Dengan memenuhi semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan, TKI dapat memperoleh paspor dengan mudah dan lancar.

admin