Proses Sidang Ganti Nama Apakah Harus Ke Pengadilan?

Pada kesempatan kali ini Jangkar Group akan membagikan informasi tentang bagaimana proses sidang ganti nama pada pengadilan negeri Republik Indonesia. Kami perlu membagikan informasi ini karena ganti nama merupakan sesuatu yang lumrah terjadi pada Indonesia.

 

Sebab atau Alasan Perubahan Nama            

 

Bahkan pemerintah telah mengatur penggantian nama dalam undang-undang No. 24 Tahun 2013 dalam Pasal 52. Dalam undang-undang tersebut mengatur tentang orang yang ingin ganti nama maka harus mengajukan perubahan ganti nama ke pengadilan negeri.

 

Sebab atau Alasan Perubahan Nama            

Ada banyak sekali alasan mengapa seseorang harus melakukan proses sidang ganti nama seperti kesalahan penulisan nama, ingin mengganti nama yang lama dengan nama yang baru atau untuk menyamakan akte kelahiran dengan dokumen lain seperti ijazah.

Saat ingin melakukan proses pengajuan permohonan ganti nama sebenarnya tidak ada aturan tertulis yang menyebutkan bahwa pemohon harus menyebutkan alasan mengapa ia harus mengubah atau mengganti nama yang sudah ada dengan nama yang baru.

 

Proses sidang ganti nama dan alasannya

Namun saat melakukan proses permohonan pada pengadilan negeri secara perdata pemohon perlu memiliki landasan dan permintaan. Landasan adalah alasan mengapa Anda melakukan perubahan nama yang berhubung dengan peristiwa yang anda alami.

 

Proses sidang ganti nama dan alasannya

 

Sedangkan permintaan mengacu pada penyelesaian kepentingan pihak pemohon secara sepihak. Jadi kesimpulannya jika Anda ingin mengajukan permohonan ganti nama maka perlu menyebut alasan mengapa Anda melakukan perubahan nama dalam proses permintaannya.

 

Syarat-syarat yang membutuhkan proses sidang ganti nama

Untuk bisa mengajukan permohonan, tentu saja Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang perlu untuk proses ganti nama pada pengadilan negeri.

  Permohonan Ganti Nama

Dokumen yang harus anda siapkan seperti itu fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP pemohon, fotocopy ijazah, fotocopy akta nikah, fotocopy akta kelahiran dan surat permohonan yang sudah anda tandatangani pada materai oleh si pemohon.

 

Syarat-syarat yang membutuhkan proses sidang ganti nama

 

Selain itu Anda juga harus memiliki salinan bukti penetapan yang telah terbit oleh pengadilan negeri dan dokumen perjalanan untuk warga negara asing yang ingin melakukan perubahan nama pada negara Indonesia.

 

Perubahan Nama Dianggap Sebagai Peristiwa Penting

Dalam undang-undang nomor 24 tahun 2013 perubahan nama disebut sebagai peristiwa penting. Selain perubahan nama, ada beberapa peristiwa penting yang telah tersebut dalam undang-undang.

 

Perubahan Nama Dianggap Sebagai Peristiwa Penting

 

Peristiwa penting itu meliputi kelahiran, kematian, perceraian, perkawinan, pengesahan anak, pengakuan anak, pengangkatan anak, perubahan status kewarganegaraan dan perubahan nama.

 

Proses sidang ganti nama itu penting

Karena pergantian nama merupakan peristiwa penting dan permohonan harus anda ajukan ke pengadilan negeri maka Anda juga perlu mengikuti proses persidangan untuk membuktikan dalil dan mengikuti proses pemeriksaan surat/dokumen serta saksi yang anda harus bawa.

 

Proses sidang ganti nama itu penting

 

Saksi pada proses sidang ganti nama

Belum banyak orang yang tahu apa guna saksi yang hadir pada proses sidang ganti nama. Oleh karena itu tidak sedikit juga masyarakat yang penasaran apa saja pertanyaan yang akan terajukan oleh hakim.

Saksi sendiri merupakan pihak yang cukup penting dalam sebuah sidang ganti nama karena berfungsi untuk membuktikan sebuah kebenaran supaya permohonan bisa terkabulkan. Saksi bisa terpidana apabila memberikan keterangan palsu atau sumpah palsu.

 

Saksi pada proses sidang ganti nama

 

Sanksi yang ada bahkan bisa membuat beberapa orang saksi menjadi takut saat mengikuti proses sidang ganti nama. Kondisi saksi yang dalam keadaan takut atau grogi terkadang bisa membuat proses sidang menjadi kurang lancar hingga berakhir pada permohonan yang tidak terkabulkan oleh hakim.

 

Jawaban saksi waktu proses sidang ganti nama

Agar Anda dan saksi yang akan anda bawa bisa menjalani proses sidang dengan baik, sebaiknya pelajari dulu apa-apa saja pertanyaan yang mungkin terajukan oleh hakim berikut ini:

  • Apakah Anda (saksi) kenal dengan pemohon?

Pertanyaan seperti di atas merupakan pertanyaan dasar yang hampir pasti akan tertanyakan oleh hakim pada saksi. Pertanyaan itu terlontarkan dengan tujuan untuk mengetahui apakah saksi benar-benar mengenal pihak pemohon ataukah tidak.

Jawaban untuk pertanyaan itu sebenarnya cukup simpel yaitu cukup menjawab dengan “iya benar, saya mengenal pemohon” atau “saya kenal beliau”

  • Bagaimana Anda (saksi) bisa kenal dengan pemohon?

Pertanyaan kedua ini pengajuan untuk mengetahui sejarah mana hubungan seorang seksi dengan pihak pemohon. Jawab saja pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan seperti “saya kenal dengan saudara pemohon karena dia merupakan keponakan saya atau keluarga saya”

 

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Organisasi

 

Jawaban saksi waktu proses sidang ganti nama

 

  • Apakah Anda tahu apa alasan pemohon mengajukan permohonan untuk ganti nama?

Karena pertanyaan ketiga ini sudah masuk ke dalam pertanyaan pokok maka sebaiknya saksi menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban simple saja. Saksi bisa menjawab seperti ini “setahu saya, dia hanya ingin mengganti namanya”

  • Apakah Anda tahu apa yang ingin diganti oleh pemohon?

Pertanyaan itu cukup anda jawab dengan nama apa yang teringinkan oleh pemohon pada akta kelahirannya. Pertanyaan tersebut bisa anda jawab seperti ini “pemohon menginginkan mengganti namanya pada akta kelahiran dari menjadi Czxvy menjadi Binar”

  • Apa tujuan dari pemohon ingin melakukan pergantian nama di akta kelahirannya?

Inti yang berhubungan dengan tujuan pihak pemohon mengganti nama pada akta kelahirannya. Jawablah bahwa pemohon ingin nama yang sudah ada pada akta kelahirannya berganti dengan nama yang sesuai dengan keinginannya.

Jawaban saksi bisa seperti ini “Dia ingin ganti nama karena nama dimilikinya tak lazim pada umumnya”

  • Apa Anda tahu apa harapan pemohon setelah berhasil mengganti nama di akta kelahirannya?

Jawablah pertanyaan disebut dengan tujuan yang ingin pemohon yaitu mengganti nama yang sudah tercatat pada akta dan dokumen-dokumen lain. Jawabannya saksi bisa seperti ini ” dia berharap setelah ganti nama melalui proses legal ini maka tidak ada masalah muncul akibat perubahan nama ini”

  • Apa pemohon memiliki kelakuan baik?

Biasanya pertanyaan tersebut menjadikan sebagai pertanyaan penutup. Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah hakim ingin mengetahui apakah pemohon merupakan warga negara yang tidak pernah melanggar hukum atau sebagainya.

Pengetahuan tersebut sangat penting bagi hakim karena bisa menjadikan dasar pertimbangan untuk mengabulkan permintaan pemohon atau tidak mengabulkan permintaan pemohon. Saksi perlu menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan perilaku yang anda ketahui dalam kehidupan sehari-harinya.

Jawabannya bisa seperti ini “sebatas pengetahuan saya dia berkelakuan baik selama ini  dan sama sekali tidak pernah melanggar hukum”

Contoh pertanyaan di atas merupakan gambaran saja karena hakim bisa saja mengajukan pertanyaan lain selama proses sidang berlangsung. Akan tetapi pertanyaan-pertanyaan biasanya tidak jauh berbeda dengan poin-poin yang sudah tersebutkan di atas.

 

Jasa Pengurusan proses sidang ganti nama

Jika syarat-syarat dan proses ganti nama cukup merepotkan bagi Anda maka hal itu bisa anda serahkan pada ahlinya yaitu perusahaan jasa pengurusan ganti nama yang sudah profesional.

 

Jasa Pengurusan proses sidang ganti nama

 

Anda tidak perlu lagi repot-repot mengajukan permohonan ganti nama ke pengadilan negeri karena hanya itu bisa terwakilkan oleh jasa profesional seperti Jangkar Group.

  Perubahan Nama Dalam Dokumen Akta Pernikahan

Jangkar Group merupakan agen pengurusan ganti nama untuk berbagai kebutuhan seperti perubahan nama pada akta kelahiran agar sama dengan nama yang tertera pada ijazah. Selain itu kami bisa menangani kesalahan penulisan nama seperti perbedaan antara nama yang tertera pada akta kelahiran dengan nama yang tertera pada KTP atau data kependudukan lainnya.

Bagaimana proses sidang ganti nama? Proses sidang bukan lagi menjadi sesuatu yang merepotkan jika Anda percayakan segala pengurusannya pada Jangkar Group.

 

Kami Mengerti Masalah proses sidang ganti nama Yang Anda Hadapi :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Serahkan semua permasalahan proses sidang ganti nama anda kepada Biro jasa pengurusan Dokumen :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Bagaimana caranya proses sidang ganti nama?

Cara kirim dokumen proses sidang ganti nama bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi proses sidang ganti nama yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Untuk Info Dan Konsultasi Jasa pengurusan visa Hubungi Kami :