Apakah Calling Visa? Semua yang Harus Anda Ketahui

Pengantar

Bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “visa”. Visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah negara tertentu yang memperbolehkan seseorang untuk masuk ke wilayah negara tersebut. Namun, beberapa waktu belakangan ini muncul istilah “calling visa”. Apa itu calling visa dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Calling Visa?

Calling visa adalah jenis visa yang dikeluarkan oleh beberapa negara untuk memperbolehkan seseorang untuk memasuki wilayah negara tersebut dengan tujuan khusus, seperti melakukan kunjungan keluarga, menghadiri acara pernikahan, atau berziarah ke tempat suci. Calling visa juga dikenal dengan sebutan “family visa” atau “social visa”.

Negara Mana Saja yang Menerbitkan Calling Visa?

Beberapa negara yang menerbitkan calling visa adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Kuwait. Namun, persyaratan dan prosedur pengajuan calling visa dapat berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda cek terlebih dahulu situs resmi kedutaan atau konsulat negara yang bersangkutan untuk informasi lebih detail.

  Visa Kunjungan dengan Izin Bekerja di Sektor Industri Kreatif

Siapa yang Bisa Mengajukan Calling Visa?

Calling visa dapat diajukan oleh seseorang yang ingin melakukan kunjungan keluarga atau kegiatan sosial lainnya di negara yang bersangkutan. Namun, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti:

  • Surat undangan atau sponsor dari keluarga atau teman yang tinggal di negara tersebut
  • Bukti keuangan yang menunjukkan kemampuan finansial untuk membiayai perjalanan
  • Surat rekomendasi dari pihak berwenang di negara asal

Bagaimana Cara Mengajukan Calling Visa?

Untuk mengajukan calling visa, Anda harus mengikuti prosedur yang berlaku di negara yang bersangkutan. Umumnya, prosedur pengajuan calling visa meliputi:

  1. Melengkapi formulir aplikasi visa yang disediakan oleh kedutaan atau konsulat negara yang bersangkutan
  2. Menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti surat undangan, bukti keuangan, dan surat rekomendasi
  3. Mengikuti wawancara visa dengan petugas kedutaan atau konsulat negara yang bersangkutan

Berapa Lama Proses Pengajuan Calling Visa?

Proses pengajuan calling visa dapat memakan waktu yang cukup lama, terutama jika Anda belum pernah mengajukan visa sebelumnya. Biasanya, proses pengajuan calling visa memakan waktu antara 1-2 bulan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengajukan visa jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, agar tidak terlambat.

  Visa Bisnis Malaysia Untuk Pertemuan Dengan Perwakilan Industri Malaysia

Berapa Biaya untuk Mengajukan Calling Visa?

Biaya pengajuan calling visa bervariasi antara satu negara dengan negara lainnya. Namun, umumnya biaya pengajuan calling visa lebih murah dibandingkan dengan jenis visa lainnya, seperti visa pelajar atau visa kerja.

Kesimpulan

Calling visa adalah jenis visa yang dikeluarkan oleh beberapa negara untuk memperbolehkan seseorang untuk memasuki wilayah negara tersebut dengan tujuan khusus, seperti melakukan kunjungan keluarga, menghadiri acara pernikahan, atau berziarah ke tempat suci. Untuk mengajukan calling visa, Anda harus mengikuti prosedur yang berlaku di negara yang bersangkutan dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Proses pengajuan calling visa dapat memakan waktu yang cukup lama dan biayanya bervariasi antara satu negara dengan negara lainnya.