Apa Saja Persyaratan Untuk Memperpanjang SKCK

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen penting yang diperlukan dalam berbagai situasi, seperti melamar pekerjaan atau mengajukan permohonan visa. SKCK juga perlu diperpanjang secara berkala, terutama jika Anda menggunakan SKCK untuk keperluan tersebut. Namun, apa saja persyaratan untuk memperpanjang SKCK? Simak ulasan berikut ini.

1. Membawa SKCK Lama

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memperpanjang SKCK adalah membawa SKCK lama Anda. SKCK lama Anda akan menjadi dasar untuk mengeluarkan SKCK baru. Pastikan SKCK lama Anda masih berlaku, karena jika telah kadaluwarsa, Anda harus membuat SKCK baru.

2. Mengisi Formulir Permohonan SKCK

Setelah membawa SKCK lama Anda, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan SKCK. Formulir ini dapat Anda dapatkan di kantor polisi setempat atau mengunduhnya dari situs web resmi kepolisian.

  Perpanjang SKCK Jakarta Pusat

3. Membawa Fotokopi Identitas Diri

Anda juga perlu melampirkan fotokopi identitas diri, seperti KTP atau paspor, saat mengajukan permohonan SKCK. Pastikan fotokopi identitas diri yang Anda bawa masih berlaku dan sesuai dengan data pada SKCK lama Anda.

4. Membayar Biaya Administrasi

Setiap pengajuan SKCK biasanya dikenai biaya administrasi. Pastikan Anda menanyakan besarnya biaya tersebut pada kantor polisi setempat dan membawa uang dalam jumlah yang cukup saat mengajukan permohonan SKCK.

5. Melakukan Sidik Jari

Untuk mengeluarkan SKCK baru, Anda perlu melakukan sidik jari. Sidik jari ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal atau masalah hukum lainnya.

6. Menunggu Proses Verifikasi

Setelah mengajukan permohonan SKCK dan melakukan sidik jari, Anda perlu menunggu proses verifikasi dari pihak kepolisian. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada jumlah permohonan SKCK yang masuk.

7. Mengambil SKCK Baru

Setelah permohonan SKCK Anda disetujui, Anda dapat mengambil SKCK baru Anda di kantor polisi setempat. Pastikan Anda membawa tanda pengenal diri saat mengambil SKCK baru Anda.

  Syarat Pas Foto SKCK

Conclusion

Demikianlah beberapa persyaratan untuk memperpanjang SKCK. Pastikan Anda memenuhi seluruh persyaratan ini agar permohonan SKCK Anda dapat diproses dengan cepat dan mudah. Selalu ingat untuk membawa dokumen asli dan fotokopi yang diperlukan serta mengikuti prosedur yang berlaku.

admin