Akta cerai menjadi bagian dari dokumen penting yang bisa di butuhkan kapan saja. Jika hilang kemungkinan akan susah mengurusnya kembali. Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan jasa pengurusan akta cerai yang hilang untuk mengajukannya. Proses tersebut dapat menghabiskan waktu, tenaga serta biaya dengan hasil yang belum tentu memuaskan.
Baca juga: jasa pengurusan legalisasi akta cerai di pengadilan agama solusi cepat tanpa ribet
Jasa Pengurusan Akta Cerai Adalah
Anda juga perlu memahami persyaratan dan tata cara pelaksanaannya. Mengurus sendiri biasanya tidak terlalu teliti dan cenderung mudah salah. Jika sudah begitu, tentunya harus rela mengurusnya dari awal lagi dan menunggu proses yang lebih lama hanya untuk satu dokumen. Pendampingan oleh orang yang berpengalaman akan sangat perlu untuk menyelesaikan masalah.
Baca juga: legalisir akta cerai di badilag ma
Kesulitan ketika mengurus dokumen? Berikut ini pembahasan selengkapnya yang wajib anda simak mengenai jasa pengurusan akta cerai yang hilang serta syarat dan prosedur pengajuannya:
Dokumen Jasa Pengurusan Akta Cerai
Kehilangan dokumen penting seperti akta cerai mungkin bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Misalnya terbakar, rusak, terkena banjir, dan lain sebagainya. Sebenarnya dokumen yang hilang dapat di urus kembali, mengingat akta atau surat tersebut merupakan dokumen penting dan akan di butuhkan sewaktu-waktu. Oleh karena itu, di sarankan untuk segera mengurusnya di kantor pemerintahan setempat.
Baca juga: legalisasi akta cerai di ma
Langkah-langkah yang di lakukan Jasa Pengurusan Akta Cerai
Langkah pertama yaitu cobalah mendatangi kantor polisi terdekat untuk melaporkan kehilangan. Nantinya petugas kepolisian akan membantu membuatkan Surat Keterangan Kehilangan untuk akta cerai. Selanjutnya, cobalah untuk meminta surat keterangan belum pernah menikah kembali setelah perceraian. Surat ini dapat anda urus di kantor kelurahan atau desa setempat.
Baca juga: jasa urus surat cerai
Kemudian, siapkan berkas penting seperti surat keterangan belum pernah menikah, surat keterangan kehilangan akta cerai serta KTP. Dokumen tersebut nantinya akan di serahkan ke kantor Pengadilan yang menerbitkan akta cerai sebelumnya. Setelah itu, petugas pengadilan akan memberikan arahan lebih lanjut mengenai pengurusannya.
Baca juga: urus surat cerai
Bagi Anda yang tidak ingin repot mengurusnya sendiri dan, kami menawarkan jasa pengurusan akta cerai yang hilang dengan cepat dan mudah. Kami akan membantu mengurus dokumen tersebut sesuai dengan prosedur, sehingga sifatnya resmi dan legal.
Baca juga: jasa translate akte cerai
Persyaratan yang di lengkapi Jasa Pengurusan Akta Cerai
Persyaratan utama untuk mengurus akta cerai yang hilang sebenarnya dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil setempat. Anda bisa mengajukan penerbitan ulang tanpa nomor akta yang hilang tersebut. Tentunya pengurusan ini dengan menyiapkan sejumlah berkas kepada petugas Dispendukcapil.
Anda perlu menyiapkan berkas antara lain salinan KTP, Kartu Keluarga serta Kutipan Akta Pencatatan Sipil. Menyerahkan surat laporan kehilangan akta cerai dari kepolisian, surat kuasa bermaterai, surat cerai, nikah atau kematian. Dokumen lainnya seperti Surat Bukti Kewarganegaraan RI, salinan KTP dan KK atau akta kematian milik orang tua jika sudah meninggal, dan keputusan pengadilan.
Setelah menyiapkan dokumen tersebut, langkah berikutnya yaitu bisa mendatangi kantor Dispendukcapil dan mengurusnya lewat loket khusus Pencatatan Sipil. Sebaiknya cek terlebih dahulu persyaratan penerbitan sesuai dengan daerah masing-masing. Anda pun bisa mengurusnya sendiri atau melalui jasa pengurusan akta cerai yang hilang milik kami untuk kemudahan prosesnya.
Prosedur yang di lakukan Jasa Pengurusan Akta Cerai
Mengurus akta cerai memang tidak mudah karena Anda harus menyerahkan berbagai macam dokumennya. Dokumen ini nantinya bisa membantu melancarkan proses hukum yang di lalui oleh kedua belah pihak. Berikut ini prosedur mengurusnya menurut jasa pengurusan akta cerai yang hilang, antara lain:
1. Telah Memiliki SK Bercerai Secara Resmi – Jasa Pengurusan Akta Cerai
Persyaratan utama adalah suami istri telah di tetapkan bercerai secara resmi oleh pengadilan agama. Kemudian, Anda dapat segera mengurus akta cerai ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Tentunya dengan membawa beberapa dokumen persyaratan yang di perlukan agar segera di proses.
2. Menyiapkan Dokumen Persyaratan
Pada proses ini yaitu Kutipan Akta Perkawinan. Akta ini berguna untuk memastikan jika kedua pasangan telah resmi mengajukan perceraian. Selanjutnya, Anda juga harus memiliki berkas Salinan Putusan dari Pengadilan Agama Negeri tentang status perceraian. Hal tersebut untuk memperkuat berkas yang pertama.
3. Mengisi Formulir Pencatatan Cerai
Setelah menyiapkan kedua dokumen tersebut, Anda perlu mengisi formulir pencatatan cerai dari kantor pengadilan setempat. Formulir ini perlu terisi dengan jelas dan tepat karena akan berperan sebagai pelengkap dari berkas perceraian. Lalu, Anda akan menyerahkannya ketika sidang perceraian berlangsung.
4. Dokumen Lain yang Di butuhkan
Selanjutnya, Anda pun perlu melengkapi dokumen tambahan yang tidak kalah penting dari sebelumnya. Dokumen tambahan ini fungsinya untuk melengkapi surat resmi perceraian yang akan terbit. Dokumen ini berupa foto copy Kartu Keluarga, KTP serta Surat Kuasa Perceraian lengkap dengan materai milik kedua pasangan.
5. Melakukan Pencatatan Perceraian
Setiap daerah memiliki kebijakan masing-masing dalam proses mengurus surat perceraian. Misalnya membebaskan biaya penanganan untuk proses pencatatan minimal sebelum genap 60 hari masa perceraian. Kebijakan ini bisa untuk melakukan pencatatan dan mengurus surat cerai supaya lebih mudah di proses, mengingat usia perceraian masih muda.
Pencatatan perceraian ini juga berfungsi sebagai arsip. Misalnya jika terjadi kehilangan surat cerai, Anda bisa langsung mengajukan penerbitan ulang. Jadi, hanya perlu menyerahkan dokumen atau data tambahan ketika mengurusnya.
6. Menyiapkan Persyaratan Bagi WNA
Bagi warga negara asing yang akan melakukan perceraian dapat mengajukannya di pengadilan terdekat. Persyaratan memang sedikit berbeda seperti salinan paspor lengkap dengan legalisir, SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal) maupun ITAS (Izin Tinggal Terbatas). Sehingga nantinya juga harus mempersiapkan dokumen lain yang di butuhkan untuk proses perceraian.
Jasa Pengurusan Akta Cerai Terpercaya
Proses pengurusan akta cerai yang hilang memang cukup menyita waktu dan tenaga jika mengurusnya sendiri. Selain menyiapkan dokumen, Anda harus siap mendatangi kantor polisi dan lembaga pemerintahan lain. Anda juga harus bersabar karena menunggu proses selama berhari-hari berdasarkan jam kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
Apabila tidak ingin melakukannya sendiri, kami hadir menawarkan bantuan melalui jasa pengurusan akta cerai yang hilang terpercaya. Kami akan membantu proses pengurusan akta mulai dari awal hingga legalisasi ke pengadilan agama dan kantor Dispendukcapil. Di samping itu, Jangkar Groups memiliki staf yang berpengalaman di bidangnya, sehingga sudah memahami persyaratan dan prosedur yang berlaku.
Biro Jasa Pengurusan Akta Cerai Terbaik
Terdapat sejumlah pertimbangan yang perlu ketika mengurus secara mandiri. Pertama, kemungkinan Anda akan merasa kesulitan mengenai dokumen persyaratan maupun prosedur pengurusan. Kedua, perlu banyak waktu untuk mengurusnya ke lembaga pemerintahan yang bersangkutan. Apabila tidak terlalu paham tentang prosedur tersebut Anda akan mengulangi prosesnya.
Mengulangi proses pengurusan dari awal akan sangat menghabiskan waktu, tenaga, serta biaya. Sehingga menyerahkannya ke jasa profesional seperti kami bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya. Staf berpengalaman tentu memahami bagaimana penyelesaiannya untuk segala permasalahan Anda. Oleh karena itu, akta cerai yang hilang dapat segera tertangani dengan cepat tanpa memerlukan banyak waktu.
Informasi Jasa Pengurusan Akta Cerai
Demikian pembahasan tentang jasa pengurusan akta cerai yang hilang lengkap dengan informasi penting lainnya. Tentunya kami bisa memberikan solusi untuk Anda dalam mengatasi masalah kehilangan akta cerai. Semua prosesnya oleh staf profesional kami dan berpengalaman dalam mengurus dokumen serta prosedurnya. Maka jangan ragu untuk menghubungi Jangkar Groups dan dapatkan layanan terbaik dari kami.
PT Jangkar Global Groups adalah Kantor Biro jasa visa yang siap melayani anda.
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups