Apa Itu Lartas Ekspor? Semua yang Perlu Anda Ketahui

Adi

Updated on:

Apa Itu Lartas Ekspor Semua yang Perlu Anda Ketahui
Direktur Utama Jangkar Goups

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor impor, mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah Lartas Ekspor. Namun, bagi Anda yang masih awam, penting untuk mengetahui dan memahami apa itu Lartas. Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap semua yang perlu Anda ketahui tentang Lartas.

Pengertian Lartas Ekspor

Lartas Ekspor adalah kependekan dari Laporan Pelayanan Perdagangan Ekspor. Laporan ini merupakan dokumen resmi yang di keluarkan oleh Kementerian Perdagangan bagi perusahaan yang akan melakukan ekspor barang. Laporan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum bagi perusahaan yang melakukan ekspor.

Manfaat Lartas Ekspor

Manfaat Lartas Ekspor

Perusahaan yang ingin melakukan ekspor barang harus mengajukan permohonan Lartas ke Kementerian Perdagangan. Pada saat permohonan sudah disetujui, perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat dari Lartas, di antaranya:

  • Perlindungan hukum
  • Selanjutnya, mempercepat proses ekspor
  • Selanjutnya, mendapatkan fasilitas pembebasan pajak
  • Kemudian, mendapatkan kemudahan dalam mengakses perizinan ekspor
  Faktur Pajak Untuk Ekspor: Panduan Lengkap

Syarat dan Ketentuan Mengajukan Lartas Ekspor

Syarat dan Ketentuan Mengajukan Lartas Ekspor

Untuk mengajukan Lartas, perusahaan harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan oleh Kementerian Perdagangan. Beberapa syarat dan ketentuan tersebut adalah:

  • Perusahaan harus terdaftar sebagai eksportir di Kementerian Perdagangan
  • Barang yang akan di ekspor harus memenuhi standar kualitas dan keselamatan yang telah di tetapkan oleh Kementerian Perdagangan
  • Perusahaan harus menyediakan dokumen lengkap seperti Izin Usaha Perdagangan dan Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • Perusahaan harus memiliki NPWP dan Sertifikat Pengusaha Kena Pajak

Proses Pengajuan Lartas Ekspor

Proses pengajuan Lartas terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya:

  1. Perusahaan mengajukan permohonan Lartas ke Kementerian Perdagangan melalui aplikasi online
  2. Kementerian Perdagangan melakukan pemeriksaan dokumen permohonan
  3. Apabila dokumen permohonan di nyatakan lengkap dan memenuhi syarat, Kementerian Perdagangan akan mengeluarkan Lartas dalam waktu 3-5 hari kerja

Penjelasan Mengenai Isi Lartas Ekspor

Lartas terdiri dari beberapa bagian, di antaranya:

  1. Pertama, identitas perusahaan yang akan melakukan ekspor
  2. Selanjutnya, deskripsi barang yang akan di ekspor
  3. Selanjutnya, tujuan ekspor
  4. Selanjutnya, metode pengiriman
  5. Selanjutnya, nilai barang yang di ekspor
  6. Selanjutnya, jadwal pengiriman
  7. Kemudian, dokumen pendukung ekspor
  Contoh Kontrak Bisnis Ekspor

Konsekuensi Pelanggaran Lartas Ekspor

Jika perusahaan melanggar syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan dalam Lartas, maka perusahaan akan di kenakan sanksi berupa pembatalan dan pencabutan izin ekspor. Selain itu, perusahaan juga bisa dikenakan sanksi administratif dan pidana yang telah di atur dalam peraturan perundang-undangan.

Apa Itu Lartas Ekspor? Jangkar Groups

Demikianlah pembahasan mengenai Lartas. Bagi perusahaan yang ingin melakukan ekspor barang, penting untuk memahami dan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan. Sehingga dengan memiliki Lartas, perusahaan akan mendapatkan perlindungan hukum dan kemudahan dalam melakukan ekspor barang. Produk untuk Ekspor Indonesia

Bagaimana caranya?

Cara kirim bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi Jasa Penerjemah dan Legalisasi Dokumen yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Selanjutnya, Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Selanjutnya, Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Kemudian, Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya
  Ekspor Ikan Hias

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Adi

penulis adalah ahli di bidang pengurusan jasa pembuatan visa dan paspor dari tahun 2000 dan sudah memiliki beberapa sertifikasi khusus untuk layanan jasa visa dan paspor