Cek Nomor Paspor TKI: Cara dan Pentingnya

Mengetahui Cek Nomor Paspor TKI

Cek Nomor Paspor TKI – Meningkatnya jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia yang mencari kesempatan kerja di luar negeri. Namun, untuk bekerja di luar negeri, sebuah dokumen penting yang harus di miliki adalah paspor. Paspor TKI di atur oleh pemerintah dan memiliki nomor unik yang harus di periksa untuk memastikan keabsahannya. Bagaimana cara? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

  Gaji TKI di Amerika Serikat

Pentingnya Cek Nomor Paspor TKI

Apa Itu Cek Nomor Paspor TKI?

Maka, Nomor paspor TKI adalah nomor unik yang di berikan oleh pemerintah Indonesia untuk setiap TKI yang memiliki paspor. Namun, Nomor ini terdiri dari 10 digit dan di gunakan untuk memeriksa keabsahan paspor TKI. Selanjutnya, Nomor paspor TKI juga dapat di gunakan untuk memeriksa riwayat perjalanan TKI, termasuk tanggal dan negara yang di kunjungi.

Pentingnya Cek Nomor Paspor TKI

Maka, Memeriksa nomor paspor TKI sangat penting karena dapat membantu menjamin keamanan dan keabsahan dokumen yang di miliki oleh TKI. Kemudian, Banyak kasus penipuan dan pemalsuan dokumen yang di lakukan oleh calo atau pengusaha yang tidak bertanggung jawab. Namun, Dalam kasus ini, nomor paspor palsu dapat di gunakan untuk memanipulasi data sehingga TKI dapat di rugikan.

Selain itu, memeriksa nomor paspor TKI juga dapat membantu menghindari masalah di kemudian hari, seperti masalah dokumen dan perizinan saat pulang ke Indonesia. Hal ini karena paspor TKI yang tidak valid dapat mempersulit proses kepulangan ke tanah air.

  Asuransi TKI Di Luar Negeri: Perlindungan Penting Bagi Pekerja

Cara Cek Nomor Paspor TKI

Kemudian, Ada dua cara untuk memeriksa nomor paspor TKI, yakni melalui website resmi Kementerian Luar Negeri atau melalui layanan SMS. Maka, Berikut adalah cara:

Cara Melalui Website

1. Pertama, Kunjungi website resmi Kementerian Luar Negeri di https://www.imigrasi.go.id/

2. Kemudian, Klik menu “Layanan Online”.

3. Selanjutnya, Pilih “Pemeriksaan Keaslian Paspor”.

4. Setelah itu, Masukkan nomor paspor TKI dan captcha yang muncul.

5. Maka, Klik “Cari”.

6. Hasil pemeriksaan akan muncul dan menunjukkan keaslian paspor TKI.

Cara Melalui SMS

1. Kirimkan SMS dengan format: PASPOR [spasi] Nomor Paspor TKI ke nomor 99386.

2. Tunggu balasan SMS yang berisi informasi keabsahan paspor TKI.

3. Jika paspor TKI valid, balasan SMS akan berisi “Sah”.

Kesimpulan Cek Nomor Paspor TKI

Kemudian, Memeriksa nomor paspor TKI sangat penting untuk menjamin keamanan dan keabsahan dokumen yang di miliki oleh TKI. Maka, Ada beberapa cara untuk memeriksa nomor paspor TKI, yakni melalui website resmi Kementerian Luar Negeri atau melalui layanan SMS. Dengan memeriksa nomor paspor TKI, TKI dapat terhindar dari masalah di kemudian hari, seperti masalah dokumen dan perizinan saat pulang ke Indonesia.

  Cara Menjadi TKI Jepang

Cara Cek Nomor Paspor TKI

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

WEB:

PT Jangkar Global Groups:

admin