Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

Mengenal Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa – Memiliki paspor yang masih berlaku adalah salah satu hal yang wajib di miliki oleh orang yang sering bepergian ke luar negeri. Maka, Paspor berfungsi sebagai identitas resmi yang di berikan oleh pemerintah Indonesia dan di perlukan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, ada kalanya paspor yang di miliki hampir mendekati masa berakhirnya dan perlu di perpanjang. Kemudian, Bagaimana cara perpanjang paspor yang belum expired? Simak penjelasannya di bawah ini.

  Paspor Migrasi Rok 2023

Cara Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

Mengapa Harus Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa?

Selanjutnya, Sebelum membahas bagaimana cara perpanjang paspor yang belum expired, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa paspor perlu di perpanjang. Maka, Paspor memiliki masa berlaku yang tertera di dalamnya dan masa berlaku tersebut harus di perhatikan. Namun, Jika masa berlaku paspor sudah habis, maka paspor tersebut tidak dapat di gunakan lagi dan perlu di perbarui.

Kemudian, Perpanjangan paspor juga di perlukan jika masa berlaku paspor akan habis dalam waktu dekat. Maka, Hal ini di lakukan agar tidak menghambat rencana perjalanan ke luar negeri karena harus memperbarui paspor terlebih dahulu.

Cara Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

Selanjutnya, Jika paspor yang di miliki belum expired atau masih memiliki waktu beberapa bulan lagi sebelum masa berlakunya habis, maka perpanjangan paspor bisa di lakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Persiapkan Dokumen yang Di perlukan

Maka, Sebelum melakukan perpanjangan paspor, pastikan bahwa dokumen-dokumen yang di perlukan sudah siap. Dokumen yang di butuhkan untuk perpanjangan paspor antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi
  • Paspor asli dan fotokopi
  • Akta Kelahiran asli dan fotokopi (untuk anak-anak di bawah 17 tahun)
  Beda Paspor A dan B 2023

Selanjutnya, Pastikan dokumen yang di siapkan tidak rusak atau cacat agar tidak menghambat proses perpanjangan paspor.

2. Online Appointment

Maka, Untuk melakukan perpanjangan paspor, kita perlu membuat janji temu atau online appointment terlebih dahulu. Namun, Online appointment bisa di lakukan melalui situs resmi Di rektorat Jenderal Imigrasi. Pilih waktu dan tempat yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Kunjungi Kantor Imigrasi

Kemudian, Pada hari dan waktu yang sudah di pilih, kunjungi kantor Imigrasi yang sudah di tentukan. Jangan lupa membawa dokumen-dokumen yang di perlukan. Maka, Setelah tiba di kantor Imigrasi, ambil nomor antrian dan tunggu giliran untuk di panggil.

4. Proses Perpanjangan Paspor

Selanjutnya, Setelah di panggil, serahkan dokumen-dokumen yang di perlukan kepada petugas Imigrasi. Petugas akan memeriksa dokumen-dokumen tersebut dan melakukan proses perpanjangan paspor. Maka, Setelah selesai, paspor akan di cap dan di berikan kembali kepada pemilik paspor.

Biaya Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

Namun, Biaya perpanjangan paspor yang belum expired tergantung pada jenis paspor yang di miliki. Berikut adalah rincian biaya perpanjangan paspor:

  • Paspor biasa: Rp355.000,-
  • Paspor dinas: Rp655.000,-
  • Paspor resmi: Rp1.055.000,-
  • Paspor diplomatik: Gratis
  KTP Daerah Bisa Bikin Paspor Di Jakarta

Pembayaran biaya perpanjangan paspor bisa di lakukan di kantor Imigrasi dengan menggunakan kartu debit atau tunai.

Catatan Penting untuk Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika akan melakukan perpanjangan paspor:

  • Pastikan dokumen yang di bawa tidak rusak atau cacat agar tidak menghambat proses perpanjangan paspor.
  • Usahakan untuk membuat janji temu atau online appointment terlebih dahulu agar tidak perlu menunggu terlalu lama di kantor Imigrasi.
  • Periksa kembali data yang tertera di dalam paspor setelah proses perpanjangan selesai. Jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian data, segera laporkan ke petugas Imigrasi.
  • Jangan memperpanjang paspor jika masa berlakunya sudah habis. Lakukan pembuatan paspor baru untuk menggantikan paspor yang sudah habis masa berlakunya.

Kesimpulan Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

Perpanjang paspor yang belum expired dapat di lakukan dengan mudah dengan mengikuti prosedur yang telah di tentukan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Pastikan dokumen yang di perlukan sudah siap dan perhatikan catatan penting yang perlu di perhatikan sebelum melakukan perpanjangan paspor. Dengan memperpanjang paspor yang belum expired, kita dapat mempersiapkan perjalanan ke luar negeri dengan lebih tenang dan tidak perlu khawatir dengan masa berlaku paspor yang akan habis dalam waktu dekat.

Biaya Perpanjang Paspor Belum Kedaluwarsa

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : [email protected]

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

WEB:

PT Jangkar Global Groups:

admin