Direktur Utama Jangkar Goups

Syarat Buat SKCK Di Polresta Barelang

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen yang diperlukan dalam berbagai keperluan seperti melamar kerja, pernikahan, dan sebagainya. Namun, untuk membuat SKCK tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan SKCK dari Polresta Barelang. Berikut adalah beberapa syarat untuk membuat SKCK di Polresta Barelang.

1. Warga Negara Indonesia

Syarat pertama untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah menjadi Warga Negara Indonesia. Orang asing tidak bisa membuat SKCK di Polresta Barelang kecuali jika mereka memiliki izin tinggal yang sah. Jadi, pastikan kamu adalah Warga Negara Indonesia sebelum memulai proses membuat SKCK.

2. Usia Minimal 17 Tahun

Syarat kedua untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah memiliki usia minimal 17 tahun. Anak di bawah usia tersebut tidak bisa membuat SKCK karena belum memenuhi syarat umur yang ditentukan. Jadi, pastikan kamu sudah cukup umur sebelum memulai proses membuat SKCK.

  SKCK Perlu Pengantar Rt Rw

3. Tidak Terlibat dalam Tindakan Kriminal

Syarat ketiga untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah tidak terlibat dalam tindakan kriminal. Jika kamu tercatat pernah melakukan tindakan kriminal, peluangmu untuk mendapatkan SKCK sangat kecil. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak terlibat dalam tindakan kriminal sebelum memulai proses membuat SKCK.

4. Membawa Berkas Persyaratan

Syarat keempat untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah membawa berkas persyaratan. Berikut adalah beberapa berkas persyaratan yang harus kamu bawa saat membuat SKCK:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi
  • Surat Permohonan SKCK
  • Pas foto ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar
  • Bukti pembayaran biaya SKCK

5. Datang Langsung ke Polresta Barelang

Syarat kelima untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah datang langsung ke Polresta Barelang. Tidak bisa membuat SKCK secara online atau melalui agen. Kamu harus datang langsung ke Polresta Barelang untuk melakukan proses pembuatan SKCK.

6. Mengisi Formulir

Syarat keenam untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah mengisi formulir. Formulir ini bisa kamu dapatkan di Polresta Barelang saat melakukan proses pembuatan SKCK. Isi formulir dengan lengkap dan benar agar proses pembuatan SKCK bisa berjalan lancar.

  Sop Petugas SKCK: Prosedur, Persyaratan dan Cara Mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

7. Proses Verifikasi

Syarat ketujuh untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah proses verifikasi. Setelah kamu mengisi formulir dan melengkapi semua berkas persyaratan, petugas akan melakukan verifikasi terhadap data yang kamu berikan. Jika semua data terverifikasi dengan baik, maka SKCK akan segera diterbitkan.

8. Waktu Penyelesaian

Syarat kedelapan untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah waktu penyelesaian. Waktu penyelesaian pembuatan SKCK di Polresta Barelang berkisar antara 1-3 hari kerja. Namun, waktu penyelesaian ini bisa berubah tergantung dari situasi dan kondisi di Polresta Barelang.

9. Biaya Pembuatan SKCK

Syarat kesembilan untuk membuat SKCK di Polresta Barelang adalah biaya pembuatan SKCK. Biaya pembuatan SKCK di Polresta Barelang sebesar Rp 30.000,- per lembar. Namun, biaya ini bisa berubah tergantung dari kebijakan di Polresta Barelang.

Kesimpulan

Membuat SKCK di Polresta Barelang memang membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Namun, jika kamu memenuhi semua syarat yang dibutuhkan, maka proses pembuatan SKCK bisa berjalan lancar dan cepat. Pastikan kamu membawa semua berkas persyaratan yang dibutuhkan dan mengisi formulir dengan benar agar tidak ada kendala dalam proses pembuatan SKCK.

  Apa Saja Yang Dibawa Saat Buat SKCK?
Avatar photo
admin