Batas Expired Paspor 2023

Batas Expired Paspor 2023

Informasi Terbaru Mengenai Masa Berlaku Paspor

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan internasional, pastinya sudah tidak asing lagi dengan paspor. Dokumen identitas ini menjadi salah satu syarat utama untuk bisa bepergian ke luar negeri. Namun, seperti halnya dokumen resmi lainnya, masa berlaku paspor memiliki batas waktu yang harus diperhatikan dengan seksama.

Untuk tahun 2023, terdapat aturan baru mengenai batas expired paspor. Berikut ini adalah informasi lengkapnya:

Masa Berlaku Paspor

Masa berlaku paspor adalah waktu ketika dokumen identitas tersebut masih dapat digunakan untuk bepergian ke luar negeri. Setiap negara memiliki aturan berbeda mengenai masa berlaku paspor, namun umumnya paspor memiliki masa berlaku selama 5 tahun atau 10 tahun.

Untuk paspor biasa, masa berlaku terpanjang adalah 10 tahun. Sedangkan untuk paspor anak-anak, masa berlaku terpendek adalah 5 tahun.

Batas Expired Paspor 2023

Bagi Anda yang memiliki rencana bepergian ke luar negeri pada tahun 2023, disarankan untuk memperhatikan batas expired paspor. Pada tahun tersebut, aturan mengenai masa berlaku paspor akan berubah. Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai batas expired paspor 2023:

  Perpanjang Paspor Online Jakarta Pusat 2023

1. Paspor biasa yang diterbitkan pada tahun 2013 dan sebelumnya, akan expired pada tanggal 31 Desember 2023. Artinya, jika Anda memiliki paspor dengan masa berlaku 10 tahun dan diterbitkan pada tahun 2013 atau sebelumnya, maka Anda harus memperbaharui paspor tersebut sebelum tanggal 31 Desember 2023.

2. Paspor biasa yang diterbitkan pada tahun 2014 atau setelahnya, tidak akan terpengaruh dengan aturan baru mengenai batas expired paspor. Artinya, masa berlaku paspor biasa tetap 10 tahun sejak tanggal diterbitkan.

3. Paspor anak-anak yang diterbitkan pada tahun 2018 atau sebelumnya, akan expired pada tanggal 31 Desember 2023. Sedangkan untuk paspor anak-anak yang diterbitkan pada tahun 2019 atau setelahnya, masa berlaku tetap 5 tahun.

Perpanjangan Paspor

Jika masa berlaku paspor Anda akan segera habis atau sudah expired, maka Anda harus memperbaharui paspor tersebut. Proses perpanjangan paspor bisa dilakukan di Kantor Imigrasi atau melalui aplikasi online yang disediakan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Untuk memperbaharui paspor, Anda harus membawa dokumen-dokumen pendukung seperti KTP, KK, akta kelahiran, dan paspor lama. Pastikan juga untuk membayar biaya administrasi yang sudah ditentukan.

  Pembayaran Paspor Bank BNI 2023

Kesimpulan

Batas expired paspor 2023 menjadi informasi penting bagi Anda yang memiliki rencana bepergian ke luar negeri dalam waktu dekat. Pastikan untuk memperbaharui paspor Anda jika masa berlaku akan segera habis atau sudah expired. Selalu perhatikan aturan dan regulasi yang berlaku untuk menghindari masalah saat bepergian ke luar negeri.

admin