Buku Pelaut – Sedang membutuhkan jasa pergantian buku pelaut? Ada berbagai alasan mengapa buku pelaut harus di ganti, terutama karena masa waktunya yang sudah habis. Jasa urus buku pelaut biasanya di gunakan untuk mempermudah proses pergantian buku penting tersebut. Jasa Pengurusan Sertifikat TKDN Murah
Buku pelaut atau seaman book merupakan salah satu pegangan utama yang di miliki oleh seorang pelaut. Hal tersebut di karenakan buku ini berisikan catatan atau track record dari pemiliknya. Buku pelaut dapat di gunakan untuk perairan lokal hingga taraf internasional.
Seperti halnya kebanyakan dokumen, buku pelaut juga dapat di ganti, dan prosesnya bisa terbilang gampang-gampang susah. Oleh karenanya, umumnya orang mengandalkan jasa urus untuk mempermudah prosesnya. Sebagai wawasan, simak informasi lengkap berikut.
Apakah Jasa Pergantian Buku Pelaut Perlu Di ganti ?
Jasa pergantian buku pelaut tidak akan ada apabila tidak perlu di ganti. Kata di ganti yang di maksudkan yaitu perpanjang masa berlaku dari buku tersebut. Berbagai alasan mengapa buku pelaut perlu di ganti adalah sebagai berikut:
- Untuk memperpanjang masa aktif dari buku pelaut, yakni tiga tahun setelah pembuatan juga dapat di perpanjang sebanyak dua kali dalam kurun waktu dua tahun di antaranya.
- Agar dapat di gunakan sebagai persyaratan untuk bekerja di profesi yang terkait dengan kemaritiman.
- Untuk memastikan kondisi kesehatan terbaru dari pelaut masih layak untuk berlayar.
- Agar dapat di gunakan sebagai izin berlayar, apabila pelaut sedang memiliki pekerjaan yang membutuhkan transportasi lintas negara jalur air.
Persyaratan Jasa Pergantian Buku Pelaut
Ada berbagai persyaratan yang harus di tempuh untuk dapat mengganti buku tersebut. Persyaratan ini juga masih berlaku apabila buku pelaut rusak atau hilang, karena juga akan perlu di ganti. Pelaut akan membutuhkan akun pelaut, dokumen, dan biaya yang cukup.
1. Memiliki Akun Pelaut di Situs Departemen Perhubungan
Persyaratan yang paling utama untuk didapatkan adalah dengan memiliki akun pelaut. Akun ini di butuhkan agar pelaut membuat bukti permohonan penggantian buku pelaut. Untuk memilikinya, berikut langkah-langkah yang perlu di terapkan:
- Pelaut akan membutuhkan jaringan internet untuk mengakses situs resmi Dephub. Tautan resmi untuk mendaftarkan akun pelaut adalah https://dokumenpelaut.dephub.go.id/login.
- Pada situs tersebut, klik gambar Pelaut (Seamans), lalu klik tombol Buat Akun untuk membuat akun.
- Masukkan informasi pelaut mulai dari tanggal lahir, no HP serta email Buat username dan password yang di inginkan, lalu klik Register.
- Lakukan verifikasi akun melalui email atau no. HP. Akun pelaut sudah dapat di gunakan untuk membuat bukti permohonan.
2. Mempersiapkan Dokumen yang Di butuhkan
Setelah memiliki akun pelaut di situs Dephub, maka persyaratan selanjutnya adalah dokumen. Dokumen-dokumen ini di butuhkan sebagai verifikasi dari buku pelaut yang butuh di ganti. Adapun macam-macam dokumen yang akan perlu di bawa adalah sebagai berikut:
- Buku Pelaut yang masa berlakunya sudah habis, atau rusak. Jika hilang, dapat membawa fotokopi dari buku tersebut.
- Fotokopi sertifikat keahlian pelaut (maritime certificate of expertise), serta fotokopi sertifikat keterampilan pelaut (maritime certificate of proficiency).
- Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), untuk memastikan pelaut bebas dari urusan kejahatan. Jika buku pelaut hilang, maka akan membutuhkan surat keterangan hilang kepolisian yang perlu di urus dulu.
- Surat keterangan kesehatan dari dokter yang sudah di akui oleh syahbandar atau dinas perhubungan laut.
- Surat keterangan masa berlayar yang di buat oleh lokasi syahbandar di mana buku di buat. Untuk yang hilang, maka perlu menghubungi KBRI jika pelaut sudah pernah berlayar.
- Pas foto berukuran 5×5 dan 3×4 rangkum 2 lembar. Pelaut harus menggunakan baju putih lengan panjang, serta berdasi hitam. Latar belakang berwarna merah untuk nautika, dan biru untuk teknika perairan.
- Fotokopi surat akta kelahiran dan kartu identitas penduduk.
3. Mempersiapkan Biaya Penggantian Buku Pelaut
Setelah memiliki akun pelaut dan seluruh dokumen yang di butuhkan, pelaut kini hanya butuh biaya ganti. Biaya yang di butuhkan tidak terlalu mahal dan masih dapat di jangkau untuk kalangan menengah kebawah. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk ini adalah Rp100.000,-. Perlu di ingat jika ini hanya biaya untuk mengganti buku . Jika mengandalkan jasa pergantian, maka akan ada biaya tambahan yang di berlakukan.
Prosedur Pengajuan Jasa Pergantian Buku Pelaut
Setelah memiliki seluruh persiapan yang di jelaskan di atas, barulah pelaut dapat segera mengajukan penggantian. Cara yang di tempuh cukup panjang, sehingga tak heran banyak yang menggunakan jasa pergantian buku pelaut.
1. Mendapatkan Bukti Permohonan
Tahap pertama yang akan di lakukan adalah mendapatkan bukti permohonan untuk mengganti buku pelaut. Hal ini dapat di lakukan melalui situs Dephub, karena itulah akun pelaut akan di butuhkan. Simak bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkannya di bawah ini:
- Pada halaman utama berikut (https://dokumenpelaut.dephub.go.id/portal), pilih opsi Buku Pelaut. Pelaut akan di antarkan kepada halaman login.
- Pilih opsi Pelaut (Seamans), lalu lakukan login dengan menggunakan username dan password akun pelaut.
- Pada halaman akun, pilih menu Permohonan pada menu di sisi kiri layar, lalu pilih Buku. Klik tombol Buat Permohonan untuk mengajukan bukti tersebut.
- Isi keenam kolom informasi yang di butuhkan dengan seakurat mungkin, lalu klik tombol Next.
- Selanjutnya, tentukan lokasi syahbandar terdekat dengan tempat tinggal saat ini, lalu tulis captcha yang di tunjukkan dengan benar.
- Pada halaman selanjutnya, akan muncul dokumen berupa bukti permohonan penggantian buku. Klik Print Permohonan jika memiliki printer.
2. Melakukan Verifikasi pada Petugas Syahbandar
Setelah mendapatkan bukti permohonan, pelaut akan mengunjungi syahbandar yang sudah di pilih saat membuat bukti tadi. Setelah sampai di syahbandar, silahkan untuk menemui petugas layanan KSOP yang menerima proses .
Pelaut dapat mengajukan ganti , serta memberikan dokumen yang di butuhkan. Sementara itu, dapat memantau proses penggantian buku melalui Dashboard akun > Status Permohonan.
3. Menyerahkan Bukti Pembayaran untuk Memproses Buku Pelaut
Apabila sudah sesuai, maka pelaut akan di minta melakukan foto terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghindari adanya penipuan ajuan penggantian buku yang palsu. Setelah itu, akan mendapatkan invoice beserta kode billing untuk melakukan pembayaran bukuyang baru.
Terakhir, pelaut akan kembali bertemu petugas layanan syahbandar untuk melampirkan bukti pembayaran tersebut. Setelah itu, baru akan di cetak dan sudah bisa di terima oleh pelaut.
Jasa Pergantian Buku Pelaut dengan Kualitas Terbaik
Setelah mengetahui seluruh persyaratan dan proses yang di tempuh, mungkin Anda merasa kesusahan untuk mempersiapkannya. Hal ini yang membuat Anda sebaiknya menggunakan jasa kami yang sudah terpercaya, karena:
- Kami dapat membantu Anda mempersiapkan dokumen yang di butuhkan, serta memproses hingga selesai.
- Anda dapat berkonsultasi dulu jika masih bingung kepada konsultan dan staff dari jasa kami.
- Kami dapat mewakilkan Anda apabila saat ini sedang berada di luar jangkauan negara Indonesia.
- Kami akan selalu memberikan update saat proses pembuatannya Anda. Kami juga mudah di hubungi melalui WA atau email.
- Garansi telah di sediakan apabila Anda merasa kurang puas, atau ada kendala hukum saat proses tersebut.
Demikian informasi lengkap mengenai buku dan bagaimana prosedur untuk menggantinya dengan baru. Daripada harus bersusah payah, Anda bisa mengandalkan jasa kami yang cepat dan murah. Sebagai pelaut, sudah merupakan kewajiban untuk menjaga atau memperpanjang masa buku. Anda akan mengandalkannya untuk berbagai keperluan penting seperti pekerjaan atau aktivitas berlayar Anda di masa depan.
PT Jangkar Global Groups adalah Kantor Biro jasa visa yang siap melayani anda.
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Perusahaan di dirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups