Di tjen AHU Login – Kementerian hukum dan hak asasi manusia sejak Juni tahun 2021 luncurkan apostile Kemenkumham guna memangkas jalur birokrasi untuk pengesahan atau legalisasi berbagai dokumen untuk kepentingan dengan negara asing. Hasilnya, kini permohonan apostile semakin mudah dan waktu pengerjaannya semakin singkat. Apalagi, jika di bantu oleh jasa pengurusan apostile. Yuk kita bahas lebih dalam Luncurkan apostille kemenkumham.
Seperti di ketahui, kalau selama ini mengurus legalisasi dokumen penuh dengan drama bahkan cukup sulit akibat rantai birokrasi yang berbelit. Bahkan untuk mendapat pengesahan tanda tangan pejabat saja harus melewati berbagai prosedur. Namun, hadirnya layanan apostile kini proses legalisasi makin sederhana.
Di tjen AHU Login Apostille Kemenkumham
Apostile di pahami sebagai tindakan yang tujuannya untuk mengesahkan tanda tangan pejabat tertentu, termasuk mengesahkan cap yang ada dalam 66 dokumen tertentu yang di butuhkan guna mendukung kepentingan luar negeri. Jika pengesahan biasanya berlangsung hingga 5 tahap, kini sisa 1 tahap saja.
Adapun manfaat hadirnya layanan ini bukan sekadar memudahkan masyarakat, tetapi bentuk menciptakan verifikasi data yang makin kondusif di tatanan lembaga kementerian. Manfaat lainnya meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemahaman mereka mengenai penanganan apostille dan tahu urutan permohonan atau prosedur layanan apostille.
Manfaat Layanan Di tjen AHU Login
Untuk memanfaatkan layanan ini, minimal ada 66 jenis dokumen yang bisa memanfaatkan layanan tersebut, dan berlaku di 120 negara yang masuk konvensi. Di sebutkan bahwa 4 negara di antaranya merupakan anggota ASEAN termasuk Indonesia. Jadi, tidak semua negara bisa memanfaatkan layanan ini dan tidak semua negara juga dapat menerima layanan apostille.
Seperti yang sudah di sebutkan di atas jika tahapan pengurusan apostille biasanya harus melewati sejumlah lembaga sebanyak 4 hingga 5 tahapan, antara lain catatan sipil, kemudian di lanjut ke lembaga kementerian hukum dan HAM, lalu Kementerian luar negeri, termasuk ke kementerian luar negeri negara tujuan dan konsulatnya, kini bertumpu pada satu layanan saja yakni Kemenkumhan. Dokumen publik di proses dalam competent authority.
Ditjen AHU Login Apostille Kemenkumham Terbaik
Setelah di proses oleh pihak competent authority, sertifikat apostille langsung jadi dan bisa langsung di gunakan. Sementara di sisi lain, pengurusannya bukan tanpa biaya. Ada biaya dalam pengurusan apostille tersebut dan sudah di atur dalam ketentuan perundang-undangan yakni peraturan Menkeu yang mengatur bahwa pengurusan apostille tersebut senilai Rp150 ribu.
Tahapan Di tjen AHU Login
Jika Anda ingin mengajukan permohonan apostille, caranya sangatlah mudah, tinggal buat akun di laman apostilleahudotgodotid. Kemudian, ikuti tahapan demi tahapan yang di minta di laman tersebut. Hanya, saja bukan tanpa penolakan. Dokumen Anda akan di tolak jika spesimen yang di minta datanya tidak sama.
Karena itu, apostille memang hanya bisa di lakukan oleh mereka yang paham akan pengesahan berbagai dokumen tersebut. Serahkan pada jasa pengurusan apostille seperti PT Jangkar Global Groups. Kami hadir membantu Anda yang sedang bingung mencari bantuan untuk melegalisasi berbagai jenis dokumen yang Anda butuhkan misalnya, legalisasi buku nikah, ijazah, dokumen akta nikah, pendirian perseroan terbatas dan lainnya.
Permohonan Di tjen AHU Login
Sebagai contoh ketika ingin melakukan permohonan apostile ke kedutaan besar Korea Selatan, guna mendapatkan beasiswa pendidikan dari kampus-kampus yang ada di negeri ginseng maka perhatikan uraian di bawah ini. Kini, untuk mengurus apostile berkas ke kedutaan tidak perlu keluar rumah, karena semua bisa di lakukan secara online.
Menggunakan waktu dua sampai tiga hari kerja, Anda harus siapkan dana Rp250 ribuan per dokumennya. Nah, selain alasan sebuah legalitas yakni menunjukkan kalau berkas kamu adalah asli dan sudah mendapatkan legalitas dari kedutaan Korea, juga menunjukkan profesionalitas di mana berkas tersebut benar-benar di sahkan secara resmi oleh pihak kedutaan besar Korea Selatan yang berkantor di Indonesia.
Sementara itu, di bawah ini alur ketika ingin membuat permohonan apostile guna mendapatkan beasiswa maupun untuk kuliah di Korsel.
Tahap persiapan Di tjen AHU Login
- Terjemahkan dokumen ke dalam Bahasa Korea Selatan
- Semua berkas sudah dapat legalisasi dari notaris
- Sudah mendapat legalisasi dari Kemenkumham dan kemenlu
- Bikin surat kuasanya berupa format surat kuasa dan kirim ke email
- Sertakan berkas aslinya dan buat dalam format PDF atau hard copynya.
Tahap Pengisian Data Di tjen AHU Login
- Anda harus mengisi data sesuai format yang sudah di sediakan
- Pilih layanan yang di inginkan, misalnya layanana apostile
- Unggah semua berkasnya. Jangan lupa bikin formatnya dalam bentuk file PDF, PNG, dalam bentuk JPEG, RAR dan lainnya.
- Isi bagian catatan jika kamu memerlukannya.
Jika berkas di nyatakan lengkap dan sudah di terima, maka kamu akan mendapatkan email balasan berupa.
- Nominal biaya yang akan kamu bayar
- Waktu mengerjakannya
- Cara melakukan pembayaran
- Draft surat kuasa
- Alamat yang akan di kirimi berkas untuk legalisasi
Tahap akhir Di tjen AHU Login
- Semua berkas baru akan di proses jika sudah melakukan pembayaran
- Selanjutnya berkas dalam bentuk hardcopy akan di kirim ke alamat tujuan
DI TJEN AHU LOGIN LUNCURKAN APOSTILLE KEMENKUMHAM BERAPA LAMA
Soal waktu pengerjaan apostile yang membutuhkan waktu lama selama ini, pada momen perubahan aturan Kememkumham Luncurkan apostille kemenkumham berapa lama waktunya, memang sudah semakin singkat. Bahkan dua hingga tiga hari saja sudah bisa selesai. Tergantung pada kelengkapan berkas yang kamu kirim.
Namun, tidak semua tahu bedanya legalisasi dan apostile. Sebagai contoh kami uraikan bedanya apostile buku nikah dengan legalisasi buku nikah. Tetapi, pada intinya sebenarnya hanya pada waktu pelayanan saja. Apalagi jika sebelumnya layanan legalisir hanya manual, kini apostile sudah bisa di lakukan secara online dengan prosedur yang singkat.
Proses Tahapan proses Di tjen AHU Login
Untuk lebih jelasnya, berikut empat hal yang membedakan antara apostile kemenkumham dengan legalisir secara manual. Antara lai perbedaan dari sisi waktu pengerjaan, biaya yang harus di bayarkan pada setiap bundle berkas, tahapan proses pengerjaan, hingga perbedaan dari sisi hasil pengesahan.
- Perbedaan dari segi waktu pengerjaan
Saat memilih legalisir secara manu al maka Anda harus menghabiskan waktu mulai dari tempat notaris, pengesahan di Kemenkumham, hingga Kemenlu yang masing-masing butuh waktu hingga tiga hari kerja. Belum lagi waktu tidak tentu yang kadang molor dari estimasi seharusnya.
Waktu Proses Di tjen AHU Login
Sementara, menggunakan apostile sudah mendapat waktu pasti yakni hanya dua sampai lima hari kerja. Waktunya akan semakin singkat jika menggunakan jasa pengurusan apostile kemenkumham dari PT Jangkar Global Groups, dengan jaminan berkas aman serta pengerjaannya cepat.
- Perbedaan biaya yang harus di bayar
Biaya yang harus di bayarkan menggunakan layanan apostile tidaklah sebesar manual. Karena apostile di lakukan secara online saja, sehingga tidak perlu bayar di Kemenlu, Kemenkumham, dan notaris lagi. Kalaupun pakai jasa, budget yang harus di siapkan juga tidak terlalu besar, sehingga sangat hemat di banding pakai manual.
- Perbedaan tahap proses Di tjen AHU Login
Dari sisi tahapan proses manual seperti yang sudah di jelaskan di atas, maka harus melewati banyak pintu. Sementara kalau pilih apostile, cukup satu pintu di Kemenkumham saja. Pada akhirnya, proses yang harus di jalani jauh lebih singkat.
- Perbedaan hasil akhir
Biasanya, kalau pakai tanda tangan manual atau stempel manual, maka hasilnya tidak terlalu jelas. Beda kalau pakai apostile selain data juga akurat karena biasanya sistem akan menolak jika data di nilai tidak akurat, dari sisi kejelasan tanda tangan di jamin jelas.
Sekian artikel mengenai Luncurkan apostille kemenkumham. Smoga bisa bermanfaat 🙂
Cara kirim bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.
Garansi Jasa Penerjemah dan Legalisasi Dokumen yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :
- Kecepatan dan ketepatan waktu proses
- Selanjutnya, Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
- Selanjutnya, Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
- Kemudian, Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups