Apostille Ijazah di Kedutaan Turki
Dimasa sekarang ini tidak sedikit hal menetapkan persyaratan berupa dokumen yang sudah di lakukan legalisasi atau apostille. Tidak terkecuali untuk jenis dokumen apostille ijazah di kedutaan Turki yang tentunya harus sesuai prosedur.
Ada beberapa alasan mengapa orang membutuhkan dokumen apostille semacam ini. Diantaranya seperti untuk memenuhi persyaratan atas kepentingan bekerja, bisa juga untuk kepentingan pendidikan dan lainnya.
Jika anda juga termasuk satu di antara orang yang memerlukan dokumen ini. Kami siap membantu dalam mengurusnya dengan informasi seperti berikut:
Sekilas Tentang Apostille Ijazah
Yang di namakan dengan apostille sendiri merupakan suatu pengesahan berupa tanda tangan, bisa juga berbentuk cap maupun segel secara resmi. Hingga bisa di pahami bahwa apostille ijazah merupakan pemberian tanda tangan, cap atau pun segel resmi pada dokumen ijazah.
Perlu di perhatikan bahwa hal tersebut di lakukan juga pencocokan dengan spesimen yang ada. Biasanya pengurusan apostille semacam ini akan berhubungan erat dengan aktivitas yang dilakukan di negara lain.
Informasi Mengenai Apostille Ijazah di Kedutaan Turki
Untuk melakukan pengurusan jenis dokumen apostille ini dibutuhkan sejumlah persiapan. Contohnya pemohon harus mengetahui lebih dulu negara mana yang akan memerlukan jenis dokumen ini.
Pasalnya apostille yang dilakukan penerbitan oleh pihak Indonesia sendiri umumnya mampu dipakai di 121 negara. Nantinya daftar negara tersebut dapat dicek di website resmi kemenkumham.
Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjutnya bisa didapatkan dengan cara berkunjung secara langsung pada kantor Kemenkumham. Terkait form legalitas bisa anda peroleh lewat cara online pada aplikasi yang disediakan secara khusus.
Pentingnya Mengurus Apostille Ijazah di Kedutaan Turki
Ada beberapa orang yang masih bingung kenapa dokumen seperti ijazah perlu diurus apostille nya ketika ingin pergi ke negara lain. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa yang namanya apostille kedutaan turki mempunyai beberapa keuntungan, tergantung dengan jenis dokumen itu sendiri seperti berikut:
- Sebagai salah satu syarat dokumen pernikahan WNI yang ada di luar negeri.
- Pelengkap dalam pemenuhan persyaratan beasiswa di negara lain.
- Sebagai pelengkap dokumen impor maupun ekspor.
- Serta juga mempermudah melakukan pengurusan dokumen kerja TKI.
Cara Mengurus Dokumen Apostille ijazah Di Kedutaan Turki
Pada dasarnya ada beberapa prosedur yang harus dilalui ketika ingin mengurus apostille ijazah di kedutaan Turki dengan benar. Mulai dari melakukan pengecekan negara tujuan sampai dengan menyerahkan berkas ke kedutaan besar Turki. Rincian dari pembahasan tersebut sebagai berikut:
1. Cek Tujuan Negara dan Lengkapi Dokumen Persyaratan
Daftar pertama untuk mengurus dokumen apostille ijazah di kedutaan Turki yaitu dengan mengecek tujuan negara serta melengkapi persyaratan yang ada. Perlu diketahui bahwa, mungkin saja ketentuan yang diberlakukan tidak sama antar negara serta antar sekolah.
Contohnya seperti negara satu memerlukan dokumen dalam bentuk asli, serta terjemahan dalam bentuk sudah diberikan dilegalisir. Sedangkan negara satunya lagi yang dibutuhkan adalah dokumen dalam bentuk apostille. Oleh sebab itulah, perlu dicari dulu informasi selengkapnya.
2. Legalisasi ke Notaris
Jika sejumlah dokumen yang di butuhkan sudah mempersiapkan seluruhnya, maka berikutnya yang di butuhkan legalisir oleh pihak notaris. Pada tahap pengurusan dokumen apostille ijazah di kedutaan Turki kali ini, seluruh salinan dokumen akan di lakukan verifikasi dengan versi aslinya.
Proses verifikasi ini juga di lakukan oleh pihak notaris yang bersangkutan. Bukan tanpa tujuan, sebab tindakan ini di lakukan supaya keaslian dokumen tersebut diakui secara hukum. Dengan begitu, Anda bisa mempergunakan dokumen tadi secara legal dan resmi untuk kebutuhan tertentu.
3. Legalisasi di Kemenkumham Secara Online
Perlu di perhatikan bahwa disini tahap legalisasi yang di perlukan tidak cukup hanya pada pihak notaris saja. Melainkan, Anda juga harus melakukan legalisasi ini pada pihak Kemenkumham. Untung saja legalisasi pada pihak Kemenkumham ini sudah bisa melalukan dengan cara online sehingga mudah di jalankan.
Yang menjadi hal penting dan harus di ingat adalah proses legalisasi ini harus di jalankan dengan cara berurutan. Yakni dari pihak Kemenkumham lebih dulu baru setelah itu ke pihak Kemenlu. Pendaftaran legalisasi dari pihak Kemenkumham ini, bisa membuka laman resmi Kemenkumham.
Prosedur Apostille Ijazah di Kedutaan Turki
Jika sudah memiliki akun, tinggal masuk saja. Namun jika belum, maka Anda harus membuatnya lebih dulu. Setelah mempunyai akun tinggal ikuti saja beberapa langkah berikut:
- Pertama anda bisa melakukan login dan klik “Daftar Permohonan”.
- Setelah itu pilih tulisan “Buat Permohonan”.
- Isi dan lengkapi sejumlah formulir yang ada mulai dari data diri hingga selesai, lalu pilih” Berikutnya “.
- Lakukan pengisian pada bagian Pejabat Publik dengan nama Notaris secara benar.
- Unggah dokumen ijazah yang akan di lakukan legalisasi serta dokumen lainnya.
- Terakhir tinggal klik saja “Kirim Permohonan”, lalu anda bisa mengeceknya di bagian “Daftar Permohonan”.
4. Terima Notifikasi dan Lakukan Pembayaran
Nantinya jika proses pengisian formulir sudah di lakukan dengan tepat, maka umumnya anda akan memperoleh notifikasi melalui email. Berikutnya anda bisa melakukan pembayaran melalui voucher yang ada.
Jika voucher tersebut hanya berlaku di waktu satu minggu saja, maka anda harus mengetahuinya secara pasti. Sebab jika waktu tersebut sudah terlewatkan, maka permohonan legalisasi ijazah ini yang akan di nilai gagal.
5. Ambil Stiker Legalitas dari Kemenkumham
Apabila proses pembayaran sudah berhasil di lakukan, maka nantinya akan dengan cara otomatis anda memperoleh kwitansi. Dimana kwitansi tersebut harus membawa untuk memperoleh Stiker.
Anda bisa melakukan pengambilan Stiker ini di bagian kantor Kemenkumham. Setelah Sticker tersebut berhasil di dapatkan, Anda bisa langsung menempelkan Stiker tadi di bagian dokumen yang menjadi persyaratan.
6. Legalisasi di Kemenlu Secara Online
Yang perlu di perhatikan bahwa untuk dapat melakukan legalisasi dokumen di pihak Kemenlu, Anda harus memastikan lebih dulu bahwa dokumen yang bersangkutan sudah di lakukan pindai. Dimana proses legalisasi ini, lewat aplikasi stempel secara asli yang memang di sediakan oleh pihak Kemenlu.
Aplikasi ini bisa di peroleh melalui pengunduhan lewat play store. Terkait tata cara penggunaan aplikasi bisa di lakukan melalui beberapa tahapan. Mulai dari daftar akun, sampai dengan melakukan pengecekan pembayaran.
7. Ambil Apostille Dan Serahkan Ke Kedutaan Besar Turki
Proses pengambilan dokumen apostille ijazah ini di jalankan dengan menggunakan bukti pembayaran. Waktu yang di butuhkan untuk melakukan pengambilan ini cukup singkat. Pasalnya tergantung saja dengan banyaknya antrian yang ada disana.
Jika dokumen berupa apostille ijazah sudah anda terima, maka tinggal serahkan saja dokumen tersebut kepada pihak kedutaan besar Turki. Tujuannya adalah untuk melengkapi sejumlah berkas lainnya.
Jasa Pengurusan Apostille Ijazah di Kedutaan Turki
Bagi anda yang merasa mempunyai sejumlah kendala ketika melakukan pengurusan apostille ijazah di kedutaan Turki secara mandiri. Anda bisa mempercayakan keberhasilan dokumen apostille ijazah tersebut pada kami. Kami pun siap membantu Anda dengan pekerja profesional sekaligus berpengalaman yang kami miliki.
Dari banyaknya cara yang di lalui untuk mengurus dokumen apostille ijazah di kedutaan Turki seperti di atas. Tak heran, jika sejumlah orang lebih memilih menggunakan jasa pengurusan sebagai solusi.
Pilih kami untuk kebutuhan dokumen apostille anda, sebab kami mempunyai layanan menarik yang siap anda nikmati. Contohnya, seperti konsultasi dengan cara gratis dan lainnya.