Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Sebagaimana kendaraan di darat seperti mobil, motor, dan truk, kendaraan di laut juga membutuhkan berkas izin berlayar. Berkas tersebut di sebut dengan buku pelaut yang harus di apostille kemenkumham terlebih dahulu. Sebelum mulai berlayar, apostille buku pelaut Kemenkumham patut di pelajari terlebih dahulu.
Buku pelaut di buat dengan tujuan yang jelas, salah satunya untuk memudahkan pemiliknya sendiri. Tidak mengherankan jika pengurusan apostille buku pelaut juga sangat penting di pahami. Berikut informasi terkait buku pelaut dan jasa apostille yang bisa di jadikan referensi:
Apa yang Dimaksud Dengan Apostille Kemenkumham Buku Pelaut?
Sebagai informasi, buku pelaut adalah berkas bagi orang-orang yang akan melakukan kegiatan berlayar. Layaknya SIM, buku pelaut harus di miliki agar dapat memperoleh izin menaiki kapal. Tanpa adanya dokumen tersebut, maka bisa saja diturunkan dari atas kapal dan tidak di perbolehkan berlayar.
Buku pelaut juga merangkap sebagai paspor selama perjalanan, ini karenakan pelayaran yang di lakukan lintas negara. Dokumen penting ini wajib di miliki oleh orang-orang yang berasal dari pendidikan pelayaran. Tidak mudah mendapatkan buku pelaut, setidaknya harus melampirkan ijazah kelautan.
Apabila SIM di terbitkan oleh lembaga kepolisian , maka buku pelaut di terbitkan oleh Kementerian Perhubungan. Perbedaannya, buku pelaut wujudnya lembaran yang berisi berbagai informasi. Di antaranya nama pemilik, nama kapal, jadwal sign in, dan sign out pelayaran.
Cara Memperoleh Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Untuk mendapatkan buku pelaut bukanlah perkara yang mudah, sebab ada persyaratan dan prosedur yang perlu di lakukan. Kesulitan mungkin terjadi apabila tidak memahami berkas apa saja yang perlu di serahkan saat mendaftar. Berikut rincian berkas untuk mengajukan buku pelaut :
- Surat pernyataan dari pemohon buku nikah.
- SKCK yang menunjukkan kondisi aman dari sang pemohon buku pelaut.
- Keterangan sehat dari RS.
- Pas foto pemohon.
- Kontrak kerja yang bersifat resmi.
Cara Pembuatan Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Apabila seluruh berkas di atas telah terkumpul, maka pemohon harus mengetahui cara mengajukan buku pelaut. Proses ini bisa memakan waktu yang lebih lama, jika prosedur yang di lakukan salah. Berikut cara pembuatan apostille buku pelaut yang harus di pahami :
- Siapkah soft file dari seluruh berkas pendaftaran yang tertera di atas.
- Kunjungi situs web Kementerian Perhubungan, lalu pilih laman untuk pelaut.
- Buat akun terlebih dahulu.
- Setelah mempunyai akun, isi formulir pembuatan buku pelaut.
- Menunggu proses verifikasi sampai selesai di kerjakan oleh pihak Kementerian.
- Unggah beberapa dokumen persyaratan yang di minta.
- Upload foto dan tunggu pengesahan selesai.
- Cetak voucher secara online dan lakukan pembayaran.
Mengajuan Pembuatan Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Informasi terkait cara mengajukan buku pelaut wajib di pelajari, terutama untuk orang-orang yang berprofesi di bidang pelayaran. Buku pelaut yang sudah di miliki juga perlu di lakukan apostille sebelum di gunakan berlayar. Hal ini berkaitan dengan legalitas dari buku pelaut yang di miliki.
Proses mendapatkan buku pelaut hingga melakukan apostille, merupakan tahapan yang panjang. Meski di lakukan secara online, akan tetapi tetap di perlukan pemahaman dan arahan dari orang yang profesional di bidang urus berkas. Itulah alasannya, pemohon memerlukan bantuan jasa apostille buku pelaut yang praktis.
Manfaat Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Bukan hanya sebagai formalitas, pembuatan buku pelaut di lakukan dengan manfaat tertentu. Informasi ini mungkin juga akan berguna bagi orang-orang yang berencana sekolah atau bekerja di bidang pelayaran. Berikut rincian manfaat buku pelaut yang perlu di ketahui :
1. Terdapat Ijazah Pelaut
Sama halnya ketika melamar lowongan kerja di bidang lainnya, saat seseorang ingin menjadi pelaut maka harus menyertakan ijazah. Manfaat buku pelaut juga dapat menunjukkan ijazah sekolah pelayaran. Demikian, pelaut di katakan pekerja yang profesional dalam bidangnya.
2. Menjadi Buku Identitas
Saat berlayar lintas negara, apostille buku pelaut Kemenkumham sangat penting untuk dimiliki. Sebab, buku tersebut menunjukkan identitas dari seorang pelaut. Di dalamnya berisi informasi lengkap seputar nama, tanggal lahir pelaut, alamat, tinggi badan pelaut, hingga pas foto.
Di samping itu, buku pelaut bermanfaat sebagai salah satu syarat untuk menjadi pelaut yang handal. Bukan hanya sekedar menunjukkan ijazah sekolah bidang kelautan saja. Melainkan seorang pelaut dengan kredibilitas tinggi, juga wajib memiliki buku pelaut ketika bekerja.
3. Merekap Catatan Khusus Pemiliknya
Selain berisi data diri dari pemiliknya, buku pelaut bermanfaat sebagai catatan untuk merekap informasi seputar pengalaman kerja dari sang pemilik. Beberapa informasi yang tertera seperti jabatan pemilik, masa berlayar, nama kapal, sampai berat kapal yang di tumpangi.
4. Merangkum Pengalaman Pelayaran
Pengalaman merupakan salah satu aspek penting yang harus di miliki oleh para pelaut. Sama seperti paspor, setiap pelayaran yang sudah di lakukan akan dicatat di dalam buku. Dengan begitu, pengalaman pelaut selama menekuni bidangnya bisa dipantau dengan jelas dan rinci.
5. Sebagai Dokumen Pengesahan
Salah satu manfaat buku pelaut yaitu menjadi dokumen pengesahan atau menjadi dokumen yang sah. Setelah buku pelaut selesai di apostille, maka dokumen tersebut akan di akui di berbagai negara. Dengan demikian, pelaut bisa melakukan pelayaran tanpa terjadi hambatan.
6. Memuat Catatan Kesehatan Pemiliknya
Buku pelaut dapat menunjukkan informasi yang lengkap, salah satunya berisi catatan-catatan kesehatan dari sang pemilik. Apalagi, profesi ini mengharuskan kesehatan fisik yang prima. Dalam buku pelaut tersebut berisi bahwa, pelaut tidak mempunyai catatan penyakit selama bekerja.
Mengapa Perlu Apostille Kemenkumham Buku Pelaut?
Melihat dari pembahasan di atas, sudah di pastikan bila buku pelaut mempunyai peran yang besar, sehingga wajib di urus. Apalagi adanya peraturan berhubungan dengan kegiatan pelayaran yang semakin ketat. Termasuk urusan legalisir di Kemenkumham yang di sebut dengan apostille.
Buku pelaut bukanlah dokumen sembarangan, sehingga legalitasnya harus terjamin. Sebelum melakukan pelayaran, buku pelaut harus di apostille Kemenkumham terlebih dahulu. Terutama bagi pelaut yang akan berlayar hingga ke negara lain, sebab nantinya akan di minta oleh pihak perbatasan.
Verifikasi Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Apostille buku pelaut biasanya di minta untuk pemeriksaan, kemudian di lakukan verifikasi oleh petugas. Jenis buku tersebut memang hanya di berikan khusus untuk para pelaut yang sedang bertugas. Apostille sangat penting, agar buku pelaut di akui dan sah di gunakan saat berlayar.
Solusi Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Pendaftaran dapat di lakukan secara online untuk melengkapi beberapa persyaratan. Apabila syarat dan prosedurnya kurang atau salah, maka apostille buku pelaut akan mengalami hambatan. Apalagi tidak banyak orang yang ahli dalam bidang pengurusan dokumen penting tersebut.
Jangkar Groups hadir bagi klien untuk membantu memberikan solusi pengurusan apostille buku pelaut Kemenkumham yang cepat dan praktis. Layanan kami sangat tepat bagi klien yang jauh dari kantor Kemenkumham dan membutuhkan apostille buku pelaut yang cepat tanpa proses yang sulit.
Jasa Apostille Kemenkumham Buku Pelaut
Jangkar Groups telah beroperasi sejak tahun 2008 dan terdaftar di Kemenkumham. Bersama dengan Jangkar Groups, apostille dapat di urus oleh tenaga profesional yang memiliki kredibilitas tinggi. Dengan demikian, klien tidak perlu khawatir dalam mempercayakan pengurusan apostille dokumen buku pelaut.
Melalui Jangkar Groups, pengurusan apostille dengan prosedur yang panjang menjadi lebih praktis. Pendaftaran apostille bisa di lakukan hanya dengan mengirimkan dokumen buku pelaut yang di miliki. Selebihnya, menjadi tugas Jangkar Groups untuk mengurus apostille dokumen yang di minta.
Demikian informasi tentang apostille buku pelaut Kemenkumham yang dapat di pelajari sebelum memulai pelayaran. Jangkar Groups menawarkan solusi apostille yang praktis untuk legalisir buku pelaut. Tunggu apalagi, segera lakukan konsultasi dan pemesanan layanan dengan menghubungi e-mail atau WA admin.
Cara kirim bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda . Bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.
Garansi Jasa Penerjemah dan Legalisasi Dokumen yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :
- Kecepatan dan ketepatan waktu proses
- Selanjutnya, Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
- Selanjutnya, Terhindar dari unsur penipuan di karenakan pembayaran setelah dokumen selesai
- Kemudian, Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya
YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,
HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN
Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.
KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI
Email : [email protected]
Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852
Pengaduan Pelanggan : +6287727688883
Google Maps : PT Jangkar Global Groups