3 Tahun Visa Schengen: Panduan Lengkap

Visa Schengen adalah visa yang dikeluarkan oleh negara-negara anggota Schengen. Visa ini memungkinkan pemegangnya untuk bepergian ke negara-negara Schengen selama 90 hari dalam periode 180 hari. Namun, bagaimana jika kamu ingin tinggal lebih lama dari 90 hari di Eropa?

Untuk itu, kamu bisa memilih untuk mengajukan 3 tahun visa Schengen. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail cara mengajukan 3 tahun visa Schengen. Simak terus ya!

Apa Itu 3 Tahun Visa Schengen?

3 tahun visa Schengen adalah jenis visa yang memungkinkan pemegangnya untuk tinggal di wilayah Schengen selama 3 tahun atau 1095 hari. Visa ini cocok bagi orang yang ingin tinggal di Eropa untuk jangka waktu yang lebih lama daripada 90 hari.

Syarat Mengajukan 3 Tahun Visa Schengen

Syarat mengajukan 3 tahun visa Schengen tidak jauh berbeda dengan syarat mengajukan visa Schengen biasa. Kamu perlu melengkapi dokumen-dokumen berikut:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 3 bulan setelah tanggal akhir visa.
  • Formulir aplikasi visa Schengen yang sudah diisi lengkap.
  • Dua pasfoto ukuran 3,5 x 4,5 cm.
  • Bukti asuransi perjalanan dengan nilai minimal 30.000 Euro.
  • Bukti tiket pesawat pulang pergi.
  • Bukti akomodasi selama di Eropa.
  • Bukti keuangan yang mencakup seluruh biaya hidup selama di Eropa.
  Visa untuk Studi China

Kamu juga perlu membuat janji temu dengan kedutaan besar negara Schengen tempat kamu mengajukan visa. Pastikan kamu datang tepat waktu dan membawa semua dokumen yang diperlukan.

Proses Pengajuan 3 Tahun Visa Schengen

Proses pengajuan 3 tahun visa Schengen tidak jauh berbeda dengan proses pengajuan visa Schengen biasa. Kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Isi formulir aplikasi visa Schengen dengan lengkap dan jelas.
  2. Serahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti paspor, pasfoto, bukti asuransi, tiket pesawat, bukti akomodasi, dan bukti keuangan.
  3. Bayar biaya aplikasi visa.
  4. Menunggu proses pengajuan visa selesai.

Proses pengajuan visa Schengen membutuhkan waktu sekitar 15 hari kerja. Namun, jika ada dokumen yang kurang atau informasi yang salah, proses pengajuan bisa memakan waktu lebih lama.

Keuntungan Mengajukan 3 Tahun Visa Schengen

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengajukan 3 tahun visa Schengen, di antaranya:

  • Anda bisa tinggal di wilayah Schengen selama 3 tahun tanpa harus meninggalkan wilayah Schengen.
  • Anda bisa bekerja atau belajar selama di Eropa.
  • Anda bisa melakukan perjalanan ke negara-negara Schengen kapan saja selama visa masih berlaku.
  Visa Taiwan Berapa Lama: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Biaya Mengajukan 3 Tahun Visa Schengen

Biaya mengajukan 3 tahun visa Schengen cukup mahal dibandingkan dengan biaya mengajukan visa Schengen biasa. Biaya aplikasi visa untuk orang dewasa adalah sekitar 450 Euro, sedangkan biaya aplikasi visa untuk anak-anak (usia di bawah 6 tahun) adalah sekitar 100 Euro.

Selain itu, kamu juga perlu membayar biaya asuransi kesehatan, biaya pengiriman dokumen, dan biaya lainnya yang diperlukan selama proses pengajuan visa.

Kesimpulan

Mengajukan 3 tahun visa Schengen memungkinkan kamu untuk tinggal di wilayah Schengen selama 3 tahun atau 1095 hari. Namun, kamu perlu memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dan membayar biaya yang cukup mahal.

Bagi kamu yang ingin tinggal di Eropa selama lebih dari 90 hari, 3 tahun visa Schengen bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan kamu melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan dan mengikuti proses pengajuan visa dengan benar.

admin